TRANSFORMATION DIGITAL IN LOGISTIC COMPANY STRATEGY MANAGEMENT AFTER PANDEMIC COVID 19

  • Dely Indah Sari Institut Teknologi Batam
  • Widya Lestari Harahap Institut Teknologi Batam
  • Yossingin Tan Yoss Institut Teknologi Batam

Abstract

Abstract: Currently in Indonesia freight forwarding services or expeditions are increasingly being used in business. Companies that provide freight forwarding services are also increasingly popping up, besides that the range of shipping services is much wider, starting from big cities to small villages, now they are starting to become targets in the business process of freight forwarding services. There are also various kinds of goods that can be sent, ranging from small items, large items such as vehicles, or items that are private in nature such as documents. It is also undeniable that currently goods delivery services have become a mainstay of the community since the pandemic hit. However, in a number of cases with the onset of COVID-19 this can reduce income in goods delivery services due to the emergence of lock down policies in various regions according to the risk map zone for the spread of COVID-19 so that public transportation restrictions must be carried out, therefore it is necessary to carry out and also transformation in technology. One of the companies in the delivery service sector, namely a logistics company, must create a management strategy so that it can survive under the effects of the post-pandemic digital transformation in the logistics sector. In this study, the authors will discuss the business strategies carried out by logistics companies in dealing with the post-COVID-19 pandemic. 
Keywords: logistics, strategy management, transformation digital

 

Abstrak: Saat ini di Indonesia jasa pengiriman barang atau ekspedisi semakin marak digunakan dalam proses bisnis. Perusahaan penyedia jasa layanan pengiriman barang pun semakin banyak bermunculan, selain itu jangkauan pengiriman barang pun jauh lebih luas mulai dari kota-kota besar sampai ke desa-desa kecil sekarang sudah mulai menjadi target dalam proses bisnis jasa layanan pengiriman barang. Barang yang dapat dikirim pun ada berbagai macam mulai dari barang yang kecil, barang yang besar seperti kendaraan, ataupun barang yang bersifat privasi seperti dokumen. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa saat ini jasa pengiriman barang menjadi andalan masyarakat semenjak melandanya pandemi. Namun, pada beberapa kasus dengan melandanya COVID-19 ini bisa menurunkan penghasilan pada jasa layanan pengiriman barang dikarenakan munculnya kebijakan lock down di berbagai daerah sesuai dengan zona peta resiko penyebaran COVID-19 sehingga harus dilakukan pembatasan transportasi umum. Perusahaan di bidang jasa pengiriman yaitu perusahaan logistik harus membuat manajemen strategi yang lebih baik agar mampu bertahan di bawah pengaruh pandemic terhadap perusahaan logistic dalam teknologi informasi dalam transformasi digital ERP logistik. Pada penelitian ini penulis akan membahas mengenai strategi-strategi yang dilakukan oleh perusahaan logistic untuk menangani masalah tersebut.

 

Kata kunci: logistik, manajemen strategi,transformasi digital

References

E. N. Hayati, “Supply Chain Management (SCM) Dan Logistic Management,†J. Din. Tek., vol. 8, no. 1, 2014.

“QUALITY CONTROL OF OPTICAL FIBER DISRUPTION WITH BIG DATA USING THE SIX SIGMA METHOD,†STMIK R., vol. Vol 8, No, 2022.

R. Hidayat, “Rancang Bangun Sistem Informasi Logistik,†J. Optimasi Sist. Ind., vol. 13, no. 2, 2016, doi: 10.25077/josi.v13.n2.p707-724.2014.

N. Siswanto, S. E. Wiratno, and A. I. Arianty, “ANALISIS STRATEGI LOGISTIK PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP),†J. Teknobisnis, vol. 1, no. 2, 2017, doi: 10.12962/j24609463.v1i2.2810.

W. H. K. Atmaja, “Penyusunan Metodologi Perencanaan Strategis Sistem Informasi Berbasis Value Bisnis (Be Vissta Planning) untuk Meningkatkan Peran Strategis Sistem Informasi pada Suatu Organisasi (Bagian I),†The Winners, vol. 3, no. 1, p. 32, 2002, doi: 10.21512/tw.v3i1.3831.

Y. Utami, A. Nugroho, and A. F. Wijaya, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 3, p. 253, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201853655.

P. Diskin, Strategic Planning for Information systems, vol. 26, no. 4. 1979.

D. I. Sari, “Implementasi Manajemen Proyek CPM pada Pembangunan Infrastruktur IT Optical Distribution Point,†JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 267–276, 2021.

N. Imaniyati, “SISTEM INFORMASI LOGISTIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN EKSPOR IMPOR PADA REKANAN PT TWINS LOGISTIK,†J. MANAJERIAL, vol. 9, no. 1, 2015, doi: 10.17509/manajerial.v9i1.1221.

Rinaldi Mohammad and Pradana, “Kinerja Logistik Kalog Terimbas COVID-19,†economi.bisnis.com, 2020. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200618/98/1254445/kinerja-logistik-kalog-terimbas-covid-19

W. H. K. Atmaja, “Penyusunan Metodologi Perencanaan Strategis Sistem Informasi Berbasis Value Bisnis (Be Vissta Planning) untuk Meningkatkan Peran Strategis Sistem Informasi pada Suatu Organisasi (Bagian I),†The Winners, vol. 3, no. 1, p. 32, 2002, doi: 10.21512/tw.v3i1.3831.

F. N. D. Fatimah, Teknik Analisis SWOT - Google Books, Anak Hebat. 2016. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Analisis_SWOT/CRL2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=SWOT&printsec=frontcover

Published
2023-06-26
Section
Articles