SI BITA - DESIGN OF A THESIS GUIDANCE INFORMATION SYSTEM USING THE SCRUM METHOD FOR OPTIMAL EFFICIENCY AND RESPONSIVENESS

Yonky Pernando, Ilwan Syafrinal, Musliadi KH

Abstract


Abstract: This research aims to design a system that can assist the final assignment development process by focusing on resolving frequently encountered obstacles, such as clarity of research title status, guidance process, and research schedule. The development method used is the Scrum method approach with a small scale and team. During the development process, an analysis of each sprint is carried out from preparation to the development process. The results of development using the Scrum method show that each feature was completed within 8 hours per day, with each sprint completed in a week. The total time required to complete all sprints designed on the BITA Information System is 128 hours. The application of the Scrum method provides results that enable rapid identification of changes during the development process, as well as optimizing the process of submitting and validating titles, determining supervisors, evaluating guidance, and scheduling exams. Thus, this research provides an effective solution in increasing the efficiency and effectiveness of the final assignment coaching process for students in completing their studies.

 

Keywords: information system; optimal efficiency; scrum method; SI BITA; thesis guidance.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem yang dapat membantu proses pembinaan tugas akhir dengan fokus pada penyelesaian kendala yang sering dihadapi, seperti kejelasan status judul penelitian, proses bimbingan, dan jadwal penelitian. Metode pengembangan yang digunakan adalah pendekatan metode Scrum dengan skala dan tim kecil. Selama proses pengembangan, dilakukan analisis terhadap setiap sprint yang dihasilkan dari persiapan hingga proses pengembangan. Hasil pengembangan menggunakan metode Scrum menunjukkan bahwa setiap fitur diselesaikan dalam jangka waktu 8 jam per hari, dengan setiap sprint selesai dalam seminggu. Total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua sprint yang dirancang pada Sistem Informasi BITA adalah 128 jam. Penerapan metode Scrum memberikan hasil yang memungkinkan identifikasi cepat terhadap perubahan selama proses pengembangan, serta mengoptimalkan proses pengajuan dan validasi judul, penentuan pembimbing, evaluasi bimbingan, dan penjadwalan ujian. Dengan demikian, penelitian ini menyediakan solusi yang efektif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembinaan tugas akhir bagi mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka.

 

Kata kunci: sistem informasi; efisiensi optimal; metode scrum; SI BITA; bimbingan skripsi


Full Text:

PDF

References


C. Frederick and S. Bernard, “Analisa dan Desain Sistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web dengan Studi Kasus Fakultas Teknologi Informasi,” J. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 93–106, 2018.

Y. Pernando, O. Anton, R. E. Saragih, and Y. Roza, “M-Wash Android Mobile Application (Case Study : Pt. Yzo Putra Sejahtera),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 385–392, 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v9 i3.2215.

I. N. I. Al-Faridzqi, E. Darwiyanto, and J. H. Husen, “Integration of Design Thinking and Scrum in Development of Retail Marketplace Website,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 313, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3370.

F. Nadhira, M. I. Wahyuddin, and R. T. K. Sari, “Penerapan Metode Agile Scrum Pada Rancangan SisIAM4,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 560, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3525.

W. Warkim, M. H. Muslim, F. Harvianto, and S. Utama, “Penerapan Metode SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Layanan Kawasan,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 365–378, 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i2. 2711.

I. E. Herlambang, “Menggunakan Metode Fuzzy Mcdm (Studi Kasus PT . Nerangi Sarana Karya),” J. Ilm. Fak. Komput. Dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 51–61, 2021.

E. A. Rahmasari and T. Haryadi, “Eksistensi Pameran Virtual Tugas Akhir Mahasiswa dalam Sudut Pandang Difusi-Inovasi,” J. Audience, vol. 4, no. 02, pp. 268–290, 2021, doi: 10.33633/ja.v4i2.4662.

P. Agriza, N. Azizah, M. Asfi, and I. Syafrinal, “Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Pembelajaran Diluar Kampus Untuk Skema Wirausaha Kampus Merdeka,” Syntax J. Inform., vol. 10, no. 02, pp. 1–12, 2021.

E. Riana, “Konsep Penerapan Metode Scrum dan RDC System Dalam Pengembangan System Mobile Taking Order Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 297, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2688.

A. Rizaldi, E. Maria, T. Wahyono, P. Purwanto, and K. D. Hartomo, “Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 57, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3349.

J. Teknologi et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website ( Studi Kasus : Bimbingan Belajar De Potlood ),” vol. 2, no. 3, pp. 136–147, 2021.

M. P. Roni Zeki, Yonky Pernando, “Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Website (Studi Kasus : Sekolah Dasar Maitreyawira Batam),” vol. 6, no. 2, pp. 2–4, 2022.

W. A. Prabowo and C. Wiguna, “Sistem Informasi UMKM Bengkel Berbasis Web Menggunakan Metode SCRUM,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 149, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2604.

M. U. Nofiani, U. Lestari, and E. Fatkhiyah, “Jurnal SCRIPT Vol . 7 No . 2 Desember 2019 Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Roti Maryam Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySql ( Studi Kasus : ‘ Arfa Bakery ) Jurnal SCRIPT Vol . 7 No . 2 Desember 2019 E- ISSN : 2338-6313,” J. Scr., vol. 7, no. 2, pp. 194–202, 2019.

W. A. F. Dewi, “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

L. Nilawati and S. A. Widya, “Penerapan Metode Scrum Pada Perancangan Sistem Informasi Manajamen Arsip Surat Berbasis Web,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 484–491, 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.10 44.

D. W. A. Nugroho, “Rancang Bangun Sistem Informasi Gelanggang Olahraga berbasis Web dengan Metode Scrum,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 4, pp. 1733–1749, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8 i4.1132.

A. Andipradana and K. Dwi Hartomo, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 161–172, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.869.

A. Mustika, “Journal of Data Science and Information System




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i4.3211

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.