COMPARISON OF NBC, SVM, KNN CLASSIFICATION RESULTS IN SENTIMENT ANALYSIS OF MOBILE JKN

Nadya Bethry Balqies Tjikdaphia, Sulastri Sulastri

Abstract


Abstract: The JKN Mobile application is a mobile application created to facilitate healthcare administration in Indonesia since 2017. The application has been downloaded by over 10 million users and has received 484,000 diverse reviews, including positive, negative, and neutral feedback. The average rating given by users is 4.5 out of 5 stars. This research aims to perform sentiment analysis on user reviews found in the Google Play Store review column. The methods used for sentiment analysis are Naive Bayes, K-Nearest Neighbor (K-NN), and Support Vector Machine (SVM). The test results show that with a 10% test data and 90% training data proportion, the SVM method achieves the highest accuracy of 95%. Naive Bayes follows with an accuracy of 87%, and K-NN with an accuracy of 75%.

           

Keywords: JKN mobile application, sentiment analysis, naive bayes, k-nearest neighbor (K-NN), support vector machine (SVM).

 

 

Abstrak: Aplikasi Mobile JKN adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk mempermudah administrasi kesehatan di Indonesia sejak tahun 2017. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dengan 484 ribu ulasan beragam positif, negatif, dan netral. Rata-rata rating yang diberikan pengguna adalah 4,5 bintang dari 5 bintang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan pengguna yang terdapat di kolom review Google Play Store. Metode yang digunakan untuk analisis sentimen adalah Naive Bayes, K-Nearest Neighbor (K-NN), dan Support Vector Machine (SVM). Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan menggunakan proporsi data uji sebesar 10% dan data training sebesar 90%, metode SVM mencapai akurasi tertinggi sebesar 95%. Diikuti oleh Naive Bayes dengan akurasi 87%, dan K-NN dengan akurasi 75%.

 

Kata kunci: JKN mobile, analisis sentimen, naïve bayes, k-nearest neighbor (K-NN), support vector machine (SVM).


Full Text:

PDF

References


Humas, “BPJS Kesehatan Ikuti Perkembangan Zaman, Mobile JKN Satu Genggaman Untuk Berbagai Kemudahan,” 2020. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2020/1671/Ikuti-Perkembangan-Zaman-Mobile-JKN-Satu-Genggaman-Untuk-Berbagai-Kemudahan (accessed Jul. 02, 2023).

B. Kesehatan, “Mobile JKN,” Google Play Store, 2023. https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile (accessed Mar. 24, 2023).

J. P. Tanjung, F. C. Tampubolon, A. W. Panggabean, and M. A. A. Nandrawan, “Customer Classification Using Naive Bayes Classifier With Genetic Algorithm Feature Selection,” Sinkron, vol. 8, no. 1, pp. 584–589, Feb. 2023, doi: 10.33395/sinkron.v8i1.12182.

N. H. Ovirianti, M. Zarlis, and H. Mawengkang, “Support Vector Machine Using A Classification Algorithm,” SinkrOn, vol. 7, no. 3, pp. 2103–2107, 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.11597.

D. Cheng, S. Zhang, Z. Deng, Y. Zhu, and M. Zong, “κ NN algorithm with data-driven k value,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 8933, pp. 499–512, 2014, doi: 10.1007/978-3-319-14717-8_39.

A. Nugroho and E. Rilvani, “Penerapan Metode Oversampling SMOTE Pada Algoritma Random Forest Untuk Prediksi Kebangkrutan Perusahaan,” Techno.Com, vol. 22, no. 1, pp. 207–214, 2023, doi: 10.33633/tc.v22i1.7527.

S. Lestari, M. Mupaat, and A. Erfina, “Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia pada Twitter,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 13–22, 2022, doi: 10.19109/jusifo.v8i1.12116.

R. Puspitasari, Y. Findawati, M. A. Rosid, P. S. Informatika, and U. M. Sidoarjo, “SENTIMENT ANALYSIS OF POST-COVID-19 INFLATION BASED ON TWITTER USING THE K-NEAREST NEIGHBOR AND SUPPORT VECTOR MACHINE ANALISIS SENTIMEN TERHADAP INFLASI PASCA COVID-19 BERDASARKAN TWITTER DENGAN METODE KLASIFIKASI K-NEAREST NEIGHBOR DAN,” vol. 4, no. 4, pp. 1–11, 2023, doi: 10.20884/jutif.

E. Indrayuni, A. Nurhadi, and D. A. Kristiyanti, “Implementasi Algoritma Naive Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbors untuk Analisa Sentimen Aplikasi Halodoc,” Fakt. Exacta, vol. 14, no. 2, p. 64, 2021, doi: 10.30998/faktorexacta.v14i2.9697.

Z. Zaenal and I. R. I. Astutik, “Sentiment Analysis of OYO App Reviews Using the Support Vector Machine Algorithm,” Procedia Eng. Life Sci., vol. 3, no. December, 2023, doi: 10.21070/pels.v3i0.1338.

D. S. Putri, A. Sentimen, U. Aplikasi, and T. Ridwan, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Pospay dengan Algoritma Support Vector Machine,” no. 2018, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v9i4.2539

Article Metrics

Abstract view : 245 times
PDF - 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.