PREDIKSI MINAT KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERUSAHAAN DIRECET SELLING TIANSHI MENGGUNAKAN ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN)
Abstrak
Abstract: Tiansi is a company that markets health products. This company has difficulty predicting people's interest in products that are in high demand. By knowing precisely the consumer interest in the product, it will increase sales. The research aims to predict consumer interest in Tiansi products appropriately. The method used is one of the Artificial Neural Network (ANN) techniques, namely Backpropagation with Momentum. The sales data tested were sourced from Stockist 319 Padang. The results of this research that can precisely determine consumer interest are architecture 5-2-1 and 5-3-1. So that this research is very helpful in the procurement of goods to increase the value of sales.
Keywords: Artificial neural network, backpropagation, consumer interest rates, predictions.
Abstrak: Tiansi merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan produk-produk kesehatan. Perusahaan ini mengalami kesulitan dalam memprediksi minat masyarakat terhadap produk yang sangat diminati. Dengan mengetahui dengan tepat minat konsumen terhadap produknya, maka akan dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi minat konsumen terhadap produk Tiansi dengan tepat. Metode yang digunakan salah satu teknik Artificial Neural Network (ANN), yaitu Backpropagation dengan Momentum. Data penjualan yang diuji bersumber dari Stokist 319 Padang. Hasil dari penelitian ini yang dapat dengan tepat menentukan minat konsumen adalah arsitektur 5-2-1 dan 5-3-1. Sehingga penelitian ini sangat membantu sekali dalam pengadaan barang untuk meningkatkan nilai penjualan.
Kata kunci: Jaringan Syaraf Tiruan, Backpropagation, prediksi, minat konsumen, penjualan.
Referensi
Safik Ritonga, suryo Atmojo, “Pengembangan model jaringan syaraf tiruan untuk memprediksi jumlah mahasiswa baru di PTS surabayaâ€, Vol.12, No. 1, Tahun 2018.
Aulia Yudha Prathama, Akhmad Aminullah, Ashar Saputra, “Pendekatan ANN(Artificial Neural Network) untuk penentuan prosentase bobot pekerjaan struktur pada rumah sakit pratamaâ€, VOL 7, NO.1, DESEMBER 2017; 14-25, DOI 10.22146/teknosains.30139, https://jurnal.ugm.ac.id/teknosains.
Dimas Fajar Latif Maulana, “Aktivitas promosi dalam pemasaran smartâ€, Artikel Publikasi.
EV Hanifah, Sukarelawati, Agustini, “Metode promosi melalui direct selling dalam meningkatkan minat konsumen menggunakan jasa hotelâ€, Volume 3 Nomor 1, April 2017
Ferdian, Edwar, Pembangunan Perangkat Lunak Prediksi Harga Saham dan Indeks, Tesis, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 2007
Hendri Cahya Aprilianto, Sri Kumalaningsih dan Imam Santoso, “Penerapan Jaringan Syaraf tiruan untuk peramalan penjualan dalam mendukung pengembangan Agroindustri coklat di kabupaten bliter, DOI: 10.21776/ub.habitat.2018.029.3.16, ISSN: 0853-5167 ; 2338-2007
Laila Sari Lubis, Agus Buono, “Pemodelan jaringan syaraf tiruan untuk memprediksi awal musim hujan berdasarkan suhu permukaan lautâ€, Volume 1 Nomor 2 Halaman 52- 61, ISSN: 2089-6026, http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika
Luh Mirayani, “Analisis penerapan strategi direct selling dan dampaknya terhadap volume penjualan pada PT.Karya Pak Oles tokce di desa bengkel tahun 2016â€, Volume: 10 No: 2 Tahun: 2017.