DESIGNING UI/UX FOR ELEMENTARY SCHOOL E-LEARNING USING DESIGN THINKING METHOD

  • Muhammad Rifqi Anshari Universitas Amikom Purwokerto
  • Adam Prayogo Kuncoro Universitas Amikom Purwokerto
  • Pungkas Subarkah Universitas Amikom Purwokerto

Abstrak

Abstract: Advances in technology and the internet have an impact on various daily activities, including the teaching and learning process. E-learning facilitates flexible learning without being constrained by space and time constraints. With e-learning, subject matter can be delivered consistently and more standardly than conventional learning which depends on the conditions of the teacher or instructor. One school in Banjarnegara Regency faced problems with students who had difficulty in learning, especially English. The learning media owned is limited to package books only. Therefore, schools need to have media that can support the learning process to be more optimal. This study aims to design and test UI/UX e-learning designs that suit the needs of the school using the design thinking method. This UI/UX design is expected to be an effective solution to overcome the limitations of learning media and improve the quality of student learning. Before the UI/UX design is implemented into the system, this study also conducts testing of the UI/UX design to assess its feasibility. Testing using the SUS (System Usability Scale) method resulted in a value of 82 with grade B, so it can be concluded that the design developed in this study is feasible to be deployed into the system and further developed.

 

           
Keywords: E-learning; design thinking; system usability scale; UI/UX

 

Abstrak: Kemajuan teknologi dan internet berdampak pada berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk proses belajar-mengajar. E-learning memfasilitasi pembelajaran yang fleksibel tanpa terkendala oleh batasan ruang dan waktu. Dengan e-learning, materi pelajaran dapat disampaikan secara konsisten dan lebih standar dibandingkan pembelajaran konvensional yang bergantung pada kondisi guru atau instruktur. Salah satu sekolah di Kabupaten Banjarnegara menghadapi permasalahan dengan peserta didik yang kesulitan dalam pembelajaran, khususnya bahasa Inggris. Media pembelajaran yang dimiliki terbatas hanya pada buku paket saja. Oleh karena itu, sekolah perlu memiliki media yang dapat menunjang proses pembelajaran agar lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji desain UI/UX e-learning yang sesuai dengan kebutuhan sekolah tersebut menggunakan metode design thinking. Desain UI/UX ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Sebelum desain UI/UX diterapkan ke dalam sistem, penelitian ini juga melakukan pengujian terhadap desain UI/UX untuk menilai kelayakannya. Pengujian menggunakan metode SUS (System Usability Scale) menghasilkan nilai 82 dengan grade B, sehingga dapat disimpulkan bahwa desain yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk dideploy ke dalam sistem dan dikembangkan lebih lanjut.

 

Kata kunci: E-learning; design thinking; system usability scale; UI/UX

 

Referensi

A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain Ui/Ux Aplikasi Learning Management System Dengan Pendekatan User Centered Design,†Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, Vol. 2, No. 1, Sep. 2022, Doi: 10.20885/Snati.V2i1.16.

A. R. Pradana, M. Idris, S. Kom, And M. Kom, “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-Learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).â€

M. Umiga, “Perancangan User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Aplikasi E-Learning Studi Kasus Smk N Jenawi Dengan Pendekatan User Centered Design,†Jurnal Cakrawala Informasi, Vol. 2, No. 2, Pp. 56–62, Dec. 2022, Doi: 10.54066/Jci.V2i2.242.

K. Nisa, “Sunaryana Perancangan Ui/Ux Aplikasi E-Learning Perancangan Ui/Ux Aplikasi E-Learning Pada Mtss Irsyadul Athfal Menggunakan Metode Design Thinking.â€

K. N. Saffanah and R. Andrian, “Perancangan Design Ui/Ux Pada Aplikasi Learning Management System Guna Meningkatkan Efektivitas Dan Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Design Thinking,†2024.

V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “Perancangan Ui/Ux Fitur Mentor on Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi.â€

A. F. Heristyanto, A. T. Garnadi, And A. H. Al-Hadid, “Analisis Kepuasan Pengguna Website E-Learning Nusa Mandiri Perihal Ui/Ux Dengan Metode E-Service Quality,†Remik, Vol. 6, No. 4, Pp. 729–737, Oct. 2022, Doi: 10.33395/Remik.V6i4.11819.

A. Sintia Et Al., “Informasi Artikel Abstrak,†Vol. 4, Pp. 4201–4206, 2023, Doi: 10.55338/Jpkmn.V4i4.

R. N. Fauziyah, D. Yusup, And Siska, “Perancangan Ui/Ux Fitur Mentor on Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Website Skilvul,†Infotech Journal, Vol. 9, No. 2, Pp. 331–338, Jul. 2023, Doi: 10.31949/Infotech.V9i2.5928.

Y. A. Puteri, D. Aulia, A. Alya, And K. Sari, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Online Course,†Vol. 8, No. 2, P. 2022.

R. Firdaus Setiawan, D. Aditya Rama Universitas Pembangunan Nasional, J. Timur Risqi Firdaus Setiawan Universitas Pembangunan Nasional, J. Timur Alamat, J. Raya Rungkut Madya, And G. Anyar, “Perancangan Ui/Ux Design Aplikasi Mobile Pertanian Menggunakan Metode Design Thinking,†Teknik Elektro Dan Informatika, Vol. 2, No. 2, Pp. 120–135, 2024, Doi: 10.61132/Jupiter.V2i2.104.

K. Dwi Wahyudi, L. Amanda Putra, M. Redho Saputra, N. Akbar, S. Setyawan, And M. Rizky Pribadi, Mdp Student Conference (Msc) 2022 Desain Ui/Ux Aplikasi Healmed Menggunakan Metode Design Thinking.

M. Wahyu Putra Ramadhan and M. Rois Abidin, “Pengembangan Prototype Aplikasi Tutorkita Untuk Menumbuhkan Minat Pengguna Di Excelsis Learning Center,†Jurnal Barik, Vol. 5, No. 2, Pp. 45–59, [Online]. Available: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdkv/

N. Hayati and I. Diana Sholihati, “Pelatihan Design Ui/Ux Pada Siswa Sman 58 Jakarta,†Jabb, Vol. 4, No. 2, P. 2023, Doi: 10.46306/Jabb.V4i2.

A. P. Maharani, “Perancangan Aplikasi Mobile Learning Pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,†Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 12, No. 1, Jan. 2024, Doi: 10.23960/Jitet.V12i1.3683.

N. I. Assaufa and M. Arifin, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi ‘Bisa’ Dengan Pendekatan Design Thinkingâ€.

R. Prayoga, M. Defriani, And D. Irmayanti, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi Mobile Penjualan Di 3r Stationary Menggunakan Metode Design Sprint,†Vol. 1, No. 4, Pp. 207–218, [Online]. Available: Https://Ejournal.Abivasi.Id/Index.Php/Smartai

N. Huda, F. Habrizons, A. Satriawan, M. Iranda, And T. Pramuda, “Analisis Usability Testing Menggunakan Metode Sus (System Usability Scale) Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Shopee,†Simkom, Vol. 8, No. 2, Pp. 208–220, Aug. 2023, Doi: 10.51717/Simkom.V8i2.158.

M. S. Tuloli, R. Patalangi, And R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi E-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing Dan Sus,†Jambura Journal of Informatics, Vol. 4, No. 1, Pp. 13–26, Apr. 2022, Doi: 10.37905/Jji.V4i1.13411.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles