LIBRARY SERVICE SYSTEM IN POCKET (ONLINE BOOK RESERVATION) NORTH SUMATRA PROVINCIAL LIBRARY AND ARCHIVES OFFICE
Abstrak
Abstrak: Through the library, the advancement of science and information technology also influences societal elements of life. The high level of community production makes it challenging for people to obtain library material needs, limiting engagement and library use. The Library and Archives Service of North Sumatra Province uses information and communication technology to meet user needs by developing technology-based services that facilitate effective and efficient library activities. Examples of these services include a library service system in a pocket (silapustaku) or online book reservations. To make it simpler to explain how the system functions and is utilized by the community, this study uses UML (Unified Modeling Language) modeling to examine the pocket library service system or online book reservation. A descriptive qualitative approach to the design of the UML system development is the research methodology adopted. The study's findings demonstrate a type of UML modeling design that enables each user to be viewed clearly and understood when utilizing the system. in order to build a library approach with the community and improve library performance via the use of technology.
Keywords: Information System, Online Book Reservation, UML (Unified Modeling Language)
Abstrak : Ilmu pengetahuan yang berkembang serta teknologi informasi yang berkermbang juga mempengaruhi aspek kehidupan di masyarakkat melalui perpustakaan. Perpustakaan dituntut untuk ikut berperan dalam meningkatkan kualitas layanannya dalam memenuhi kenutuhan informasi penggunanyal. dalam memenuhi kebutuhan pemustaka, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara memberikan inovasi pelayanan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan sistem layanan pustaka dalam saku (silapustaku) atau reservasi buku online sebagai pengembangan layanan berbasisi teknologi dalam proses memudahkan aktifitas perpustakaan yang efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis system layanan pustaka dalam saku atau reservasi buku online dengan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) untuk memudahkan dalam memaparkan kerja system dan di gunakan oleh masyarakat. Metode penelitian yang di gunakan merupakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan perancangan pengembangan system UML. Hasil kajian menunjukkan bentuk rancangan pemodelan menggunakan UML yang memungkinkan setiap pengguna dapat terlihat jelas dan mudah di mengerti dalam menggunakan system. Sehingga penggunaan teknologi mampu meningkatkan kinerja perpustakaan dan menjalin pendekatan perpustakaan dengan masyarakat.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Reservasi Buku Online, UML (Unified Modeling Language)
Referensi
J. Homepage, M. Muchtar, and E. R. Suci, “Analisis Manajemen Strategi Dan Mutu Layanan Perpustakaan Daerah Studi Kasus Perpustakaan Daerah Stabat Kab. Langkat Nuraini1,†Cybern. J. Educ. Res. Soc. Stud., vol. 4, pp. 184–191, 2023.
A. P. Arum and Y. Marfianti, “Pengembangan Perpustakaan Digital untuk Mempermudah Akses Informasi,†J. Ilmuah, vol. 2, no. 2, pp. 92–100, 2021.
E. F. Anidya, F. Shofa, and A. Nada, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perpustakaan IAIN Tulungagung,†Shaut Al-Maktabah J. Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, vol. 11, no. 1, pp. 22–29, 2019.
A. Fitrianto and S. Nugroho, “Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mendukung Perpustakaan Umum Bertransformasi,†Media Pustak., vol. 25, no. 4, pp. 4–10, 2018.
U. Bengkulu and M. F. Adli, “Perpustakaan di era teknologi informasi,†Al-Maktabah, vol. 4 No.2, p. 2, 2019.
M. I. Teddy Veffritama, Heriyanto,S.Sos., “Analisis Pemesanan Bahan Pustaka Secara Online Di Perpustakaan Uinversitas Satya wacana Salatiga,†J. ilmu Perpust., vol. 2, p. 2, 2013.
J. Brier and lia dwi jayanti, “Implmentasi Layanan Delivery: Library Searching Service (LSS) Sebagai Layanan Referensi Virtual Perpustakaan Universitas Syiah Kuala,†Libria, vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.
R. Sayekti and Mardianto, Perpustakaan Digital (Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi). Medan: Perdana Publishing, 2019.
H. Kepala, U. P. T. Pusat, P. Uin, A. Kampus, U. I. N. A. Jl, and S. A. No, “Layanan Dan Pelayanan Perpustakaan : Menjawab Tantangan Era Teknologi Informasi,†Junal Khizanah Al-Hikmah, pp. 1–6, 2002.
Damayanty, “Sistem Layanan Informasi Di Perpustakaan Pada Abad Ke-21,†Edulib, vol. 2, no. 1. 2016.
M. S. Dr. J.R. Raco, M.E., Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Grasindo, 2010.
D. O. Triyono, Diah Minarsih, “Perancangan Sistsem Informasi Booking Buku Berbasisi Web Pada Perpsutakaan SMK Pancakarya Tangerang,†vol. 4, no. 1, pp. 20–34.2018
A. Faizal, R. Cahyana, J. Algoritma, S. Tinggi, T. Garut, and S. B. Data, “Pengembangan Fitur Pemesanan Online Untuk Aplikasi Peminjaman Buku Perpustakaan,†J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, 2012.
M. A. S. Sandu Siyoto, Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media, 2015.
A. Wulansari, M. U. Albab, Y. Priatna, and A. Subhan, “Inovasi Layanan Perpustakaan di era Pandemi Covid-19 (Best Practice Perpustakaan
Universitas Muhammadiyah Ponorogo),†Publ. Libr. Inf. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 44–60, 2021.
Y. R. Adi Nurseptaji, “Penerapan Metodologi Waterfall Pada Rancangan,†J. Device, vol. 11, no. 1, pp. 1–12. 2021
Y. Rahmanto, D. Alita, A. D. Putra, P. Permata, and S. Suaidah, “Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada Smk Nurul Huda Pringsewu,†J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 2, p. 151, 2022.
H. Putri, F. Rini, and A. Pratama, “Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,†J. Pustaka Data (Pusat Akses Kaji. Database, Anal. Teknol. dan Arsit. Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 5–10, 2022.