CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT STRATEGY TO RETAIN CUSTOMERS IN WHOLESALE MUSLIM WEBSITE BASED

  • Dyah Anisah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal
  • Novica Irawati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal
  • Iin Almeina Lubis Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Royal

Abstrak

Abstract: Along with the very rapid development of technology, there are many shops and business entities whose sales systems use the latest technology, nowadays if companies use the internet in their information systems or online sales, they get new customers and the convenience of customers in accessing the products offered. Muslim wholesalers must understand the desires of their customers in increasing customer satisfaction in maintaining good relations between customers and business owners. Customer Relationship Management (CRM) is one of the right ways to pay attention to customers at Guntur Jaya Stores in order to create communication links with their customers. CRM can also help Muslim wholesale stores with what customers need related to fashion products. The results of research conducted on Muslim wholesale stores can help in increasing customer loyalty, maintaining good relationships with customers. Furthermore, it will make it easier for Muslim wholesale stores to sell fashion products that are in accordance with the wishes of their

           
Keywords: Customer Relationship Management (CRM); Customer; Information System

 

 

Abstrak: Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak sekali toko- toko maupun badan usaha yang memperbarui sistem penjualan dengan menggunakan teknologi terbaru, dewasa ini jika perusahaan menggunakan internet dalam sistem informasinya ataupun penjualannya secara online mendapatkan pelanggan baru dan kemudahan kepada pelanggan dalam mengakses produk yang ditawarkan.  Grosir Muslim harus bisa memahami keinginan pelanggannya dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan dalam menjaga hubungan baik antara pelanggan dan pemilik usaha. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu cara yang tepat untuk memperhatikan pelanggan pada Toko Guntur jaya agar terciptanya jalinan komunikasi dengan para pelanggannya. CRM juga dapat membantu toko grosir muslim apa saja yang dibutuhkan para pelanggan terkait dengan produk fashion. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada toko grosis muslim dapat membantu dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Selanjutnya akan memudahkan toko grosir muslim dalam penjualan produk fashion yang sesuai dengan keinginan para pelanggan.

 

Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM); Konsumen; Sistem Informasi

 

Referensi

G. S. Nurohim and D. S. Perbawa, “Analisa Dan Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( CRM ) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan,†vol. 13, no. 2, pp. 34–39, 2021.

N. R. Rahma Syabania, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,†Rekayasa Inf., vol. 10, no. 1, pp. 44–49, 2021.

Z. Maduri, J. Hutahaean, and S. R. Maulina Azmi, “Penerapan Strategi Customer Relationship Management Pada Penjualan Kerajinan Tangan,†JUTSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 79–88, 2021, doi: 10.33330/jutsi.v1i1.1048.

S. Z. A. Badawy, R. Cittadino, and L. Marshall, “Testosterone:testosterone estradiol binding globulin ratio in evaluating hirsute women,†Int. J. Fertil., vol. 27, no. 3, pp. 166–170, 1982, doi: 10.25126/jtiik.201852555.

F. K. Putri, A. L. Tumbel, and W. Djemly, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT . MATAHARI DEPARTMENT STORE DI MANTOS 2 EFFECT OF SERVICE QUALITY AND CUSTOMER SATISFACTION ON CUSTOMER LOYALTY AT PT . MATAHARI DEPARTMENT STORE IN MANTOS 2 Jurnal EMBA Vol . 9 No . 1 Januari 2021 , Hal . 1428-1438,†vol. 9, no. 1, pp. 1428–1438, 2021.

Maulana, “No Judul Tren penelitian reproduksi citra spasial jenis citra 3D,†Nhk Giken,vol. 151, no. 2, pp. 10–17, 2015.

A. H. Albana and F. F. Coastera, “SISTEM INFORMASI MONITORING USER MANAGER DAN VOUCHER PAYMENT MIKROTIK ROUTER BERBASIS WEB MOBILE ( Studi Kasus : Ruko Queenkostel Kota Bengkulu ),†vol. 8, no. 2, pp. 163–175, 2020.

J. N. Informatika, vol. 13, pp. 11–18, 2019.

M. Hariadi, W. Bagye, and M. T. Asri Zaen, “Membangun Server Hotspot Berbasis Mikrotik Di Sman 1 Praya Tengah,†J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 1, p. 70, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i1.92.

I. I. Journal, “IJIS Indonesian Journal on Information System e- ISSN 2548-6438 p-ISSN 2614-7173,†vol. 6, no. September 2021, pp. 156–168.

Diterbitkan
2022-10-07
Bagian
Articles