OPTIMIZING THE SELECTION OF THE BEST EDUCATIONAL TEACHING AIDS SUPPLIER IN DECISION-MAKING USING THE MOORA METHOD
Abstract
Abstract: In the business world, supplier selection plays a crucial role in ensuring smooth company operations. Suppliers are responsible for providing raw materials with consistent quality, timely delivery, and competitive prices. The supplier selection process requires evaluation based on various criteria such as product quality, availability, packaging, price, and warranty. Currently, SNM Store places orders by contacting suppliers one by one via telephone to inquire about item availability. This method is time-consuming and may lead to delays in fulfilling item requirements. To address this issue, a Decision Support System (DSS) is needed to assist in efficiently determining the best supplier. One method that can be used in this system is MOORA (Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis). MOORA is known to be effective in handling multi-criteria decision-making by simultaneously optimizing multiple objectives. This method also reduces subjectivity by assigning weights to each criterion and uses simple and fast calculations to evaluate the available alternatives. The objectives of this research are to identify the key criteria in supplier selection, apply the MOORA method in an efficient and user-friendly evaluation and selection process, and improve the operational efficiency of SNM Store in procurement so that item availability can be ensured in a timely manner.
Keywords: decision support system ; MOORA; supplier
Abstrak: Dalam dunia bisnis, pemilihan supplier memegang peranan penting dalam memastikan kelancaran operasional perusahaan. Supplier bertanggung jawab menyediakan bahan baku dengan kualitas konsisten, pengiriman tepat waktu, dan harga kompetitif. Proses seleksi supplier memerlukan evaluasi terhadap berbagai kriteria seperti kualitas produk, ketersediaan, pengemasan, harga, dan garansi. Toko SNM saat ini melakukan pemesanan dengan menghubungi supplier satu per satu melalui telepon untuk menanyakan ketersediaan barang. Metode ini memakan waktu dan dapat menyebabkan keterlambatan dalam pemenuhan kebutuhan barang. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sistem pendukung keputusan (Decision Support System) yang dapat membantu dalam menentukan supplier terbaik secara efisien. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam sistem ini adalah MOORA (Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis). MOORA dikenal efektif dalam menangani keputusan multi-kriteria dengan mengoptimalkan berbagai tujuan secara bersamaan. Metode ini juga mengurangi subjektivitas melalui pemberian bobot pada tiap kriteria dan menggunakan perhitungan yang sederhana serta cepat dalam mengevaluasi alternatif yang tersedia. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria-kriteria penting dalam pemilihan supplier, menerapkan metode MOORA dalam proses evaluasi dan seleksi yang efisien dan mudah digunakan, serta meningkatkan efisiensi operasional Toko SNM dalam hal pengadaan barang agar ketersediaan barang dapat terjamin tepat waktu.
Kata kunci: MOORA; sistem penunjang keputusan; supplier;
References
A. Shunhaji and N. Fadiyah, “Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Akhmad,†vol. 2507, no. February, pp. 1–9, 2020.
S. Suwandana et al., “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Supplier Barang Dengan Menggunakan Metode Moora Di Cv. Cxy Computer Berbasis Web,†J. Sist. Inf. dan Manaj., vol. 8, no. 2, 202AD, [Online]. Available: https://ejournal.stmikgici.ac.id/
V. No, A. W. Arta, V. Atina, and N. A. Sudibyo, “Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Batu Alam Dengan Algoritma Moora Pendahuluan menjadi kerajinan siap jual atau diaplikasikan . Perusahaan ini terletak di Dusun Ngentak , Kelurahan Candirejo , Kecamatan CV . Karisma Alam merupakan sa,†vol. 6, no. 2, 2023.
M. K. Dasril Aldo, S.Kom., M.Kom., Nursaka Putra, S.Kom., SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) (Kupas Tuntas Metode Multifaktor Evaluation Process), 1st ed. SINT Publishing, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=iP1vEAAAQBAJ&dq=spk&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
N. Agustina and E. Sutinah, “Penerapan Metode MOORA pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Aplikasi Dompet Digital,†InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 6, no. 2, pp. 299–304, 2022, [Online]. Available: http://bit.ly/InfoTekJar
M. M. Fajar, A. A. Salsabila, M. D. Ariani, and M. A. Yaqin, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Supplier Menggunakan Metode MOORA,†Ilk. J. Comput. Sci. Appl. Informatics, vol. 4, no. 3, pp. 351–364, 2022, [Online]. Available: https://journal.unublitar.ac.id/ilkomnika/index.php/ilkomnika/article/view/367
M. Rani et al., “Application of simple additive weighting method in selecting accessory suppliers at al-fazza cosmetic store,†vol. XI, no. 1, pp. 93–100, 2024.
Sriwahyuni Hutagalung, Dinda Saputri Gea, Dwina Pri Indini, and Mesran, “Penerapan Metode MOORA Dalam Pemilihan Bimbingan Belajar Terbaik,†J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.47065/jimat.v3i1.226.
T. Christy et al., “Penerapan metode moora dalam pemilihan siswa berprestasi,†vol. 4307, no. August, 2024.
A. Rizka, R. E. Putri, Y. Yusman, and M. Fajar, “Monograf Metode Multi-Objective Optimization Based on Ratio Analysis (Moora) Dalam Rekomendasi Jurusan,†Penerbit Tahta Media, 2023.