THE INFLUENCE OF STUDENST PERCEPTION OF DATA SECURITY AND PRIVACY ON TRANSACTION TRUST IN THE TOKOPEDIA APPLICATION
Abstract
Abstract: The current development of technology has successfully met various societal needs, one of which is the buying and selling activities. This development has led people to engage in online transactions, where buyers do not necessarily have to meet sellers in person. Tokopedia is one of the most popular e-commerce platforms used in Indonesia. Security issues arose when in 2020 Tokopedia experienced a breach, with data from around 91 million accounts being compromised by hackers. Consequently, Tokopedia needed to establish a Data Protection and Privacy Office (DPPO) to protect and safeguard user data privacy.This research addresses how perceptions of security and privacy can influence users' trust in transacting on Tokopedia. Using multiple linear regression analysis, the study evaluates the relationship between perceptions of data security and privacy with trust in transacting on Tokopedia. Based on the calculations of the multiple linear regression model using previously collected respondent data, it was found that perceptions of data security do not directly affect trust in transactions. However, perceptions of privacy are considered to have a significant influence and can increase trust in transactions among students in Pekanbaru.
Keywords: data security; e-commerce; tokopedia; transaction trust; user perceptions
Abstrak: Perkembangan teknologi saat ini telah sukses mencapai berbagai kebutuhan masayarakat salah satunya kegiatan jual beli, perkembangan ini membawa manusia untuk dapat melakukan jual beli secara online dimana tidak mengharuskan pembeli bertemu penjual secara langsung. Tokopedia menjadi salah satu platform e-commerce yang sangat popular digunkanan diindonesia. Masalah keamaan terjadi dimana pada tahun 2020 tokopedia mengalami peretasan dengan sekitar 91 juta akun berhasil diperoleh datanya oleh peretas, sehingga Tokopedia perlu membentuk data protection and privacy office (DPPO) guna melindungi dan menjaga privasi data pengguna Tokopedia.terkait hal tersebut penelitian ini mengangkat bagaimana persepsi keamanan dan privasi dapat mempengaruhi kepercayaan pengguna dalam bertransaksi ditokopedia. Dengan menggunakan metode regresi linear berganda, evaluasi dilakukan untuk menjelaskan hubungan antara persepi keamanan data dan privasi terhadap kepercayaan bertransaksi ditokopedia. Berdasarkan perhitungan model regresi linear berganda menggunakan data responden yang telah dilakukan sebelumnya didapat persepsi keamanan data terhadap kepercayaan bertransaksi tidak berpengaruh secara langsung. Namun pada persepsi privasi terhadap kepercayaan bertransaksi dinilai sangat berpengaruh dan dapat meningkatkan kepercayaan bertransaksi di kalangan mahasiswa di pekanbaru.
Kata kunci: e-commerce; keamanan data; kepercayaan transaksi; persepsi pengguna; tokopedia
References
E. Pebiyanti, A. Fauzi, T. Husniyyah, S. I. Tasia, Z. Sutendi, and A. E. Vitri, “Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online,†Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, vol. 4, no. 5, pp. 850–858, 2023, doi: 10.31933/jemsi.v4i5.
Alvi Rizki Hady Utami, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce,†Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), vol. 01, no. 06, pp. 79–93, 2020.
F. Nadia, Sudiadi, and E. Hartati, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Perspi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Tokopedia Berbasis Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptence Model (TAM),†JTSI, vol. 2, no. 1, pp. 126–136, 2021.
F. M. Rahma, U. Sumarwan, and P. Nurhayati, “Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Social Media Influencer Terhadap Loyalitas Merek Somethinc: Studi Pada Pengguna Produk Merek Somethinc,†Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Sep. 2023, doi: 10.17358/jabm.9.3.919.
S. Suryani and K. Koranti, “KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI SIKAP PENGGUNA E-COMMERCE,†Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 27, no. 2, pp. 183–198, 2022, doi: 10.35760/eb.2022.v27i2.5189.
R. D. K. Kurniawan and Richardus Eko Indrajit, “THE INFLUENCE OF DIGITAL MARKETING AND LIFESTYLE ON THE DECISIONS OF E-COMMERCE (SHOPEE) USERS IN INDUSTRY 4.0,†Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 3, no. 6, pp. 1699–1707, Dec. 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.6.468.
E. Hendrayani, I. Teknologi, D. Bisnis, H. Agus, and S. Bukittinggi, “PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EXPERIENCE DAN BRAND TRUS TERHADAP BRAND LOYALITY PENGGUNA SHOPEE.COM (Studi Kasus pada Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi),†Jurnal JEBAKU, vol. 1, no. 1, pp. 20–26, 2021.
E. Kesumahati and Y. Marbun, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Trust Dan Pengaruhnya Terhadap Willingness To Pay A Premıum Prıce Pada Layanan Premium Online Streaming,†Conference on Business, Social Sciences and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 322–333, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech
D. I. Utami, “PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER, KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER, KREATIVITAS IKLAN DAN KEMENARIKAN PESAN IKLAN TERHADAP NIAT BELI PENGGUNA E-COMMERCE,†Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 27, no. 3, pp. 391–402, 2022, doi: 10.35760/eb.2022.v27i3.5950.
R. Ramadhan and M. Nasir, “Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tik-Tokshop Di Soloraya,†2023. [Online]. Available: https://journal.alshobar.or.id/index.php/bridging
S. Brilianita and R. Sulistyowati, “Affiliate Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa di TikTok Shop,†JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, vol. 7, no. 2, pp. 157–167, 2023, doi: 10.26740/jpeka.v7n2.p157-167.
D. Prawira, R. Kurniawan, R. E. Indrajit, and E. Dazki, “Effect of E-Service Quality, Brand Image and E-Security Seals on TOKOPEDIA E-Customer Satisfaction (Case Study on Tokopedia Customers),†Jurnal Informasi dan Teknologi, pp. 153–164, Apr. 2023, doi: 10.37034/jidt.v5i1.276.
H. Hanum and G. Wiwoho, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online,†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 5, no. 4, pp. 465–480, 2023.
I. Prasetyani, T. H. Wahyuningsih, S. Tinggi, I. Manajemen, and Y. Yogyakarta, “PENGARUH SUMBER INFORMASI, KEAMANAN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE,†2019. [Online]. Available: www.cnnindonesia.com
R. Selli, N. Faradila, H. Soesanto, and J. Manajemen, “Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro),†2016. [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
D. Surya Hamdani, M. Jazman, M. Luthfi Hamzah, and A. Anofrizen, “THE THE EFFECT OF ABDURRAB UNIVERSITY LIBRARY WEBSITE QUALITY ON USER SATISFACTION USING MULTIPLE LINEAR REGRESSION AND IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS,†Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 3, no. 6, pp. 1675–1687, Dec. 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.6.454.
Y. Nur Pratiwi, S. Sri Wardiningsih, and P. Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta, “HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SITUS ONLINE STORE LAZADA (Survei pada Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta),†Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol. 19, no. 4, pp. 567–577, 2019.
B. Faradiba, “Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan serta Loyalitas Pengguna Belanja Online Selama Pandemi COVID-19,†Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 4, no. 1, pp. 21–28, 2021, [Online]. Available: http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya
S. M. Ardana, I. H. Hanifah, D. Chaliftah, and R. Okta Viana, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI PADA LIVE STREAMING MARKETING SHOPEE PADA AKUN JASMINE JILBAB (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI KOTA SURABAYA),†MUFAKAT: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 1, no. 2, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Y. Christian and E. Yanto, “ANALISIS PENGARUH TOKOPEDIA PLAY LIVE SHOPPING TERHADAP MINAT PEMBELIAN DI KOTA BATAM DENGAN PENDEKATAN TAM ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF TOKOPEDIA PLAY LIVE SHOPPING ON PURCHASE INTENTION IN BATAM CITY USING TAM,†Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 7, no. 1, 2024.