WATERFALL MODEL IMPLEMENTATION IN INFORMATION SYSTEMS WEB BASED GOODS DELIVERY SERVICE
Abstract
Abstract: This study discusses the delivery information system for the minimarket 212 Mart. Minimarket 212 Mart is a modern retail business. The purpose of this research is to simplify and shorten the process of computerized goods distribution services to prevent data input errors, reduce disappointment due to customer service errors, expedite, and simplify service procedures between operational goods owners, and make it easier for the owner to receive a summary of shipping information. The research method used is the waterfall model. The problem with ordering goods is that customers are still using Whatsapp and those who order are still in the local area, not far from the mini market, thereby reducing sales. In addition, standard writing instruments are still used to record the delivery and receipt of goods. When delivering goods, customers buy directly from the convenience store, and it is difficult for customers to track the location of the goods ordered. Therefore, it must be built and designed with a software system that facilitates transportation registration, the processing of sales invoices, and the preparation of reports. Program design modeling applies to data flow diagrams and entity relationship diagrams. The software used is the PHP programming language and the MySQL database. The research artificial achieved are a web-based goods delivery service system that must overcome the problems that exist in goods delivery services at 212 Mart Serang-Banten Minimarket.
Keywords: Information System, Delivery Service, Waterfall, Web
Abstrak: Penelitian ini membahas sistem informasi pengiriman barang minimarket 212 Mart. Minimarket 212 Mart merupakan salah satu usaha ritel modern. Maksud dari riset ini adalah untuk mempermudah dan mempersingkat proses pelayanan pendistribusian barang secara terkomputerisasi untuk mencegah terjadinya kesalahan input data, mengurangi kekecewaan akibat kekeliruan pelayanan atas pelanggan dan melancarkan serta mempermudah prosedur servis antar operasional pemilik barang serta memudahkan owner menerima ringkasan informasi pengiriman. Metode riset yang dipakai adalah model waterfall. Kendala pemesanan barang masih menggunakan Whatsapp, pelanggan yang memesan masih berada di area lokal yang tidak jauh dari mini market, sehingga mengurangi penjualan. Selain itu, alat tulis standar masih digunakan untuk mencatat pengiriman dan penerimaan barang. Saat mengirimkan barang, pelanggan membeli langsung dari minimarket, dan sulit bagi pelanggan untuk melacak lokasi barang yang dipesan. Oleh sebab itu, harus dibangun dan merancang sistem perangkat lunak yang memudahkan pendaftaran pengangkutan, pengerjaan faktur penjualan, dan penyusunan laporan. Pemodelan desain program menerapkan Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram. Perangkat lunak yang dipergunakan adalah bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Artifisial penelitian yang dicapai merupakan sistem layanan pengiriman barang berbasis web yang harus melampaui permasalahan yang ada pada layanan pengiriman barang di minimarket 212 Mart Serang-Banten.
Kata kunci: Sistem Informasi, Delivery Service, Waterfall, Web
References
S. Susafa’ati, “Pelayanan Cargo Udara Berbasis Online Pada Jasa Pengiriman Barang (Studi Kasus Pada Pt. Lancar Semesta Dirgantara),†None, vol. 13, no. 2, pp. 33–43, 2016.
M. Nur and I. Hasang, “Pengaruh Minimarket Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Parepare,†J. Manag. Bus., vol. 2, no. 2, pp. 263–279, 2019, [Online]. Available: journal.stieamkop.ac.id/seiko%0Ahttps://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/665/378
F. K. Bhakti, I. Ahmad, Q. J. Adrian, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS : KOTA BANDAR LAMPUNG ),†vol. 3, no. 2, pp. 45–54, 2022.
Y. D. Setiyawati, R. R. Isnanto, and K. T. Martono, “Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 4, no. 1, p. 150, 2016, doi: 10.14710/jtsiskom.4.1.2016.150-158.
H. Dhika, L. Lukman, and A. Fitriansyah, “Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Berbasis Web,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 1, p. 51, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i1.487.
E. Yulianti and G. P. Destriana, “Sistem Informasi Pengiriman Barang Pada PT . Vira Surya Utama Palembang,†vol. 09, no. 01, pp. 7–13, 2018.
M. F. Rumagit et al., “KOTA MANADO THE INFLUENCE OF EASE OF USE , SERVICE QUALITY , AND PROMOTION ON PURCHASE DECISIONS USING GO-FOOD SERVICES IN MANADO CITY Oleh : Jurnal EMBA Vol . 10 No . 4 Oktober 2022 , Hal . 2176-2185 mereka . Pilihan pembelian adalah impian utama yang ha,†vol. 10, no. 4, pp. 2176–2185, 2022.
S. Sudewi and K. Khodijah, “Analisis Sistem Informasi Delivery Berbasis Web Mobile Pada Warung Makan Setia Kawan Pringsewu Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan,†J. Aktual, vol. 16, no. 2, p. 127, 2019, doi: 10.47232/aktual.v16i2.35.
P. N. H. Wiramartha and N. L. Karmini, “Analisis Faktor - Faktor Pengaruh Minimarket Terhadap Pendapatan Warung Tradisional Di Kecamatan Petang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia,†pp. 389–419, 2015.
A. F. O. Pasaribu, D. Darwis, A. Irawan, and A. Surahman, “Geographic Information System for Searching Car Workshop Locations in Bandar Lampung City Area,†J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 2, p. 1, 2019.
I. Dwi Lestari, S. Samsugi, and Z. Abidin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pekerjaan Part Time Berbasis Mobile Di Wilayah Bandar Lampung,†TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 18–21, 2020, doi: 10.33365/tft.v1i1.649.
Rosa A.S dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. 2016.
H. A. Septilia and Styawati, “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Ahp,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 34–41, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/369
S. D. Riskiono, P. Prasetyawan, and M. Iqbal, “Positif : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi DESAIN IOT UNTUK SMART KUMBUNG DENGAN THINKSPEAK DAN NODEMCU,†Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2020.