THE BORDA METHOD FOR SCORING PARKING OFFICER PERFORMANCE AT DEPARTEMENT OF TRANSPORTATION ASAHAN
Abstract
Abstract: Determination of the best performance of parking attendants at the Asahan District Transportation Service aims to increase responsibility and high loyalty to get satisfactory performance results and award parking attendants with the best performance. The assessment of the best performance of parking officers was carried out by 3 assessors namely traffic engineering management, parking section, parking administration staff. The problem in assessing the best performance of parking attendants is that there is no structured system so that the assessment time is quite long, around 2-3 weeks. In addition, the assessment still tends to be subjective, for example the parking attendant's assessment is based on closeness and kinship, causing jealousy. Overcoming this requires a computer system that helps decision making, namely a decision support system for determining the best performance of parking attendants at the Asahan District Transportation Service in this study using the BORDA method. The borda method is used to combine the results of the decision assessment of each appraiser so that the final result is the best performance of the parking attendant. The purpose of this research is to create a computerized system that will later assist in determining the best performance appraisal of parking attendants every year. Based on the research results of the system for determining the best performance of parking attendants in the form of ranking the final score of each parking attendant. The highest value is used as the best performance suggestion for parking attendants.
Keywords: borda method; decision support system; parking attendant performance
Abstrak: Penentuan kinerja terbaik petugas parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan bertujuan untuk perlu meningkatkan tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi mendapatkan hasil kinerja yang memuaskan dan pemberian perhargaan bagi petugas parkir memiliki kinerja terbaik. Penilaian kinerja terbaik petugas parkir dilakukan oleh 3 penilai yaitu manajemen rekayasa lalu lintas, seksi parkir, staff administrasi parkir. Permasalahan dalam penilaian kinerja terbaik petugas parkir adalah belum ada sistem yang terstruktur sehingga waktu penilaian cukup lama sekitar kurang lebih 2-3 minggu. Selain itu penilaian masih cenderung subjektif misalnya penilaian petugas parkir berdasarkan kedekatan dan kekeluargaan sehingga menyebabkan kecemburuan. Mengatasi hal tersebut diperlukan suatu sistem komputer yang membantu pengambilan keputusan yaitu sistem pendukung keputusan penentuan kinerja terbaik petugas parkir pada Dinas Perhubungan Kabupaten Asahan dalam penelitian ini menggunakan metode BORDA. Metode borda digunakan untuk menggabungkan hasil penilaian keputusan dari tiap penilai sehingga dapat memperoleh hasil akhir berupa kinerja terbaik petugas parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat suatu sistem komputerisasi yang nantinya akan membantu dalam menentukan penilaian kinerja terbaik petugas parkir disetiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian dari sistem penentuan kinerja terbaik petugas parkir berupa perangkingan dari nilai akhir setiap petugas parkir. Nilai tertinggi dijadikan sebagai saran kinerja terbaik petugas parkir.
Kata kunci: metode borda; sistem pendukung keputusan; kinerja petugas parkir
References
M. I. Suri and A. S. Puspaningrum, “Sistem Informasi Manajemen Berita Berbasis Web,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
M. T. D. Winarko and A. Y. Kartini, “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Petugas Parkir Dinas Perhubungan Bojonegoro Menggunakan Regresi Logistik Ordinal Meskipun telah dilakukan sosialisasi dan Bojonegoro , dari beberapa tukang parkir yang yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro di,†J. Stat. dan Komputasi, vol. 1, no. 1, pp. 31–41, 2022.
B. ASAHAN and P. S. UTARA, “PENGELOLAAN DAN PENETAPAN LOKASI OBJEK RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM DALAM DAERAH KABUPATEN ASAHAN,†in Kaos GL Dergisi, vol. 8, no. 75, 2020, pp. 147–154.
K. P. Handayani, “Penerapan Metode Borda Dalam Pemilihan Tim Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terbaik di Kota Medan,†vol. 1, no. 4, pp. 269–275, 2020.
Marahot, N. L. Agusta, and B. A. D. Hery, “Sosialisasi Motivasi Kinerja Juru Parkir Di Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan,†J. NAULI, vol. 1, no. 1, pp. 1–23, 2021.
A. A. Imran, “Implementasi kebijakan pengelolaan parkir di tepi Jalan Umum Gajah Mada oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda,†Adm. Negara, vol. 4, no. 2, pp. 2809–2822, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/05/An_Ejurnal_Imran (05-18-16-09-07-27).pdf
T. J. Tambunan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemenang Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Dengan Menerapkan Metode Borda,†Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 5, pp. 204–209, 2021.
P. Sugiartawan and P. I. Prakoso, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Promosi Jabatan dengan Metode AHP dan BORDA,†J. Sist. Inf. dan Komput. Terap. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 185–194, 2019, doi: 10.33173/jsikti.40.
M. R. Anugerah and N. Oktaviani, “PERANGKAT LUNAK MOBILE PEMILIHAN KETUA RT MENGGUNAKAN METODE BORDA BERBASIS ANDROID,†Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 2 No 4, pp. 315–324, 2020.
N. Wahyu and Kusrini, “ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN KELOMPOK DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN BORDA,†METIK J., vol. 1, no. 2, pp. 74–78, 2017.
D. A. Mawarni and A. A. Soebroto, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok untuk Penilaian Kinerja Unit Perusahaan Menggunakan Metode PROMETHEE II dan Borda ( Studi Kasus : Perum Jasa Tirta 1 Malang ),†vol. 2, no. 12, pp. 7338–7347, 2018.
M. Mentari, R. Kartika Dewi, and V. Navalino, “Pemilihan Kanal Youtube Pembelajaran Android Terbaik Menggunakan Metode MOORA Dan BORDA,†vol. 12, pp. 2085–2347, 2020.