IMPLEMENTATION E-CRM FOR SELLING OF VIRGIN COCONUT OIL IN MAZZURY INDUSTRY

Siti Fadillah Khairani, Herman Saputra, Rohminatin Rohminatin

Abstract


Abstract: The development of information technology has experienced rapid growth, especially the internet. The internet has made significant contributions, particularly in the business sector. The intense business competition and the rapid advancement of information technology have facilitated greater accessibility for customers in choosing industries. The Mazzuri Batu Bara industry is a business that sells coconut oil products and handcrafted items made from coconut. However, Mazzuri Batu Bara has not yet implemented services that make it easier for customers to purchase products efficiently and still relies on manual processes. Sales reports are recorded in ledgers, making the process inefficient for maintaining organized records. Customers are required to visit the industry in person to learn about the products available, which means they are unaware of the latest discounts and products on offer. One of the strategies to improve service and operations is to implement a Customer Relationship Management (CRM) system. The objective of this research is to assess the operability of the system design that has been developed. With the CRM design, sales can be enhanced to better meet customer needs. This system is designed to facilitate Mazzuri Batu Bara in selling products, processing data digitally, and improving customer service loyalty by retaining existing customers and attracting new ones.

Keywords: coconut oil; e-crm; industry mazzuri batu bara.

  

Abstrak:  Perkembangan teknologi informasi telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat terutama internet. Internet memberikan kontribusi yang sangat membantu dalam bidang bisnis. Persaingan bisnis yang ketat dan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi memberikan kemudahan aksesbilitas pelanggan dalam memilih industri. Industri Mazzuri Batu Bara adalah usaha bisnis  yang menjual produk minyak kelapa dan kerajinan tangan dari kelapa. Industri Mazzuri Batu Bara belum menerapkan layanan yang memudahkan pelanggan untuk membeli barang dengan mudah dan masih menggunakan layanan secara manual, data laporan penjualan masih digunakan dalam buku besar sehingga tidak efisien untuk melakukan pencatatan yang tertata rapi, pelanggan harus datang langsung ke industri untuk mengetahui produk apa yang dijual maka pelanggan tidak mengetahui diskon terbaru dan produk yang dijual di industri. Salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan dan operasional adalah dengan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM). Tujuan pada penelitian ini adalah operabilitas hasil desain sistem yang telah dibuat. Dengan desain Customer Relationship Management (CRM), dapat meningkatkan penjualan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Sistem ini dibuat untuk memudahkan Industri Mazzuri Batu Bara dalam menjual produk, mengolah data secara komputerisasi dan dapat meningkatkan loyalitas pelayanan kepada pelanggan dalam mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru.

Kata kunci: e-crm; industri mazzuri batu bara; minyak kelapa.

Full Text:

PDF

References


A. S. Faqih and A. D. Wahyudi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2022.

I. B. Dan, “Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Indonesia – Literature Review Nabilah 1) , Luki Hernando 2), 1 2,” vol. 1, no. 1, pp. 13–19, 2023.

M. A. Mu’minin, V. Fibriyani, and H. Wahyuni, “Pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Mebel Bintang Jaya Pasuruan,” Musytari Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekon., vol. 8, no. 2, pp. 11–20, 2024.

Mutia Hannisyah Putri Lubis, Havid Syafwan, and Pristiyanilicia Putri, “Implementasi E-CRM dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Toko Key Distro Kisaran,” J. Ilm. Multidisiplin Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 51–57, 2023, doi: 10.59435/jimnu.v1i2.108.

P. T. Prasetyaningrum, A. R. Wicaksono, and H. Nurrofiq, “Transformasi Pelayanan Pelanggan: Implementasi E-Crm Pada Bisnis Teh Nusantara Berbasis Website,” Technol. J. Ilm., vol. 14, no. 4, p. 368, 2023, doi: 10.31602/tji.v14i4.12157.

S. A. Handayani and E. Asril, “Sistem Informasi Penerapan E-Crm Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan Di Family Box Pekanbaru,” J-Com (Journal Comput., vol. 3, no. 1, pp. 36–41, 2023, doi: 10.33330/j-com.v3i1.2171.

D. Anisah, N. Irawati, and I. A. Lubis, “Customer relationship management strategy to retain customers in wholesale muslim website based,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 351–358, 2022.

S. Onassis, T. Utama, and Sutarno, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Trends Econ. Account. Res., vol. 4, no. 3, pp. 647–653, 2024, doi: 10.47065/jtear.v4i3.1043.

N. Adlina, A. Afrisawati, and I. R. Harahap, “Implementation of E-Crm Up-Selling and Cross - Selling Strategy At Mitra Sejahtera Store,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 303–310, 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v9i2.2213.

Y. K. Panjaitan, N. Manurung, and T. Christy, “Application of Crm Methods for Sales Systems Shoes and Sandal Products At Koaki Store,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 279–284, 2022.

N. Ayu et al., “Penerapan Customer Relationship Management ( CRM ) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v11i1.3440

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.