IMPLEMENTATION OF THE WEB-BASED ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT APPLICATION IN THE SYMPLE STORE

Aqli Fatona, Havid Syafwan, Akmal Akmal

Abstract


Abstract: CRM (Customer Relationship Management) is a type of management regarding the management of the company with customers to improve relationships with customers. CRM can be adapted to E-CRM (Electronic Customer Relationship Management) which requires the role of information technology. Symple Store is a business that sells various t-shirts, apparel, and screen printing services. To see the product, customers must come directly to the store because there is no media to convey product information to customers. Symple Store does not have a way to place an order if the customer does not have the time to come to the store. The purpose of this research is to create a system using E-CRM so that Symple Store sales can be done online and the E-CRM feature is a medium used to maintain the relationship between the store and customers and can also increase customer loyalty. After implementing the E-CRM application on the Symple Store, it can make it easier for customers to place orders online and the E-CRM application becomes a medium for promoting Symple Store products and with E-CRM features such as product information, transactions, discounts, promos, vouchers, chats can maintain the relationship between the store and customers and can also increase customer loyalty.     

Keywords: e-crm; loyality; symple store.

  

Abstrak: CRM (Customer Relationship Management) merupakan jenis management mengenai pengelolaan perusahaan dengan pelanggan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan. CRM dapat diadaptasi dengan E-CRM (Electronic Customer Relation Management) yang mana membutuhkan peranan teknologi informasi. Symple Store merupakan usaha yang menjual berbagai barang kaos, pakaian jadi, dan jasa sablon. Untuk melihat produk tersebut pelanggan harus datang langsung ke Toko karena belum adanya media untuk menyampaikan informasi produk kepada pelanggan. Symple Store belum memiliki cara untuk melakukan proses pemesanan apabila pelanggan tidak memiliki waktu untuk datang ke Toko. Tujuan penelitian ini yaitu membuat sistem menggunakan E-CRM sehingga penjualan Symple Store dapat dilakukan secara online dan fitur E-CRM menjadi media yang digunakan untuk mempertahankan hubungan pihak toko dengan pelanggan dan juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Setelah menerapkan aplikasi E-CRM pada Toko Symple Store maka dapat mempermudah pelanggan melakukan pemesanan secara online dan aplikasi E-CRM menjadi media promosi produk Symple Store dan dengan adanya fitur E-CRM seperti informasi produk, transaksi, diskon, promo, voucher, chat dapat mempertahankan hubungan pihak toko dengan pelanggan dan juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: e-crm; loyalitas; symple store.


Full Text:

PDF

References


A. Rona, M. Sihombing, I. Kelana Jaya, I. S. Dumayanti, and H. Artikel, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Premium Kids Berbasis Web,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 52–58, 2023, [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/methosisfo

S. S. Lubis, F. S. Lubis, and B. Hendrik, “Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Doorsmeer Keluarga Nasution Menggunakan Metode Algoritma K-Means,” Jised J. Inf. Syst. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 33–40, 2023.

W. William and B. D. Andah, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Penjualan Pada PT. Cipta Aneka Buah,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1467.

P. R. Siregar, N. Irawati, and I. R. Harahap, “E - CRM Penjualan Keripik Kemuning Pada Usaha Kecil Menengah (UKM),” J-Com (Journal Comput., vol. 2, no. 3, pp. 195–204, 2022, doi: 10.33330/j-com.v2i3.1937.

I. A. Pangestu and G. T. Mardiani, “Sistem Informasi Rekomendasi Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di Cv. Xyz,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2022, doi: 10.34010/komputa.v10i2.6807.

D. Ngelyaratan, D. Soediantono, S. Staf, K. Tni, and A. Laut, “Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 3, no. 3, pp. 2722–8878, 2022, [Online]. Available: http://www.jiemar.org

N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.

F. Firmansyah and S. F. W. Herdin, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, p. 11, 2021.

D. Pertiwi, Y. Siagian, and A. K. Syahputra, “E-CRM Penjualan Produk Fashion Pada Butik Jannah Simpang Empat,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 4, pp. 929–937, 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.4.474.

M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT. FIF Group),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 78, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

D. P. Ramadhani, H. Syafwan, and C. Latiffani, “Penerapan Metode E-CRM Pada Toko Wati Collection,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 4, pp. 3503–3518, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i4.2839.

A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i3.3273

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.