APPLICATION OF WEBQUAL AND END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) IN ANALYZING INFORMATION CONTENT MEASUREMENT

Agus Suryadi, Eka Lia Febrianti, Alex Sandri Sikumbang

Abstract


Abstract: Information content that meets user needs is an important aspect of a website. Quality testing, especially for sites that have never been tested, is necessary to ensure effectiveness. This research uses observation techniques, questionnaires, and literature studies related to the Webqual method and the End-User Computing Satisfaction (EUCS) variable. The variables used include Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, User Satisfaction, and Content. The Webqual model is applied in this research through a questionnaire, which produces various data from respondents. The data is then processed and analyzed to produce accurate statistical data. From this research, the results of the questionnaire show that Service Interaction Quality has a low percentage, namely 72.72% (X3.2), where the full percentage is 100%. Apart from that, User Satisfaction also has a low percentage, namely 70.90% (Y.1). This shows that the Quality of Service Interaction has less than a positive effect on User Satisfaction. Therefore, improvements are needed in the Quality of Service Interaction section on the PT Yudo Indonesia website so that User Satisfaction also increases, especially in the aspects of security and meeting user needs.

 

Keywords: EUCS; website quality; webqual

 

Abstrak: Konten informasi yang memenuhi kebutuhan pengguna adalah aspek penting dari sebuah situs web. Uji kualitas, terutama untuk situs yang belum pernah diuji, diperlukan untuk memastikan efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner, dan studi literatur terkait metode Webqual dan variabel End-User Computing Satisfaction (EUCS). Variabel yang digunakan antara lain Usability (Kualitas Kegunaan), Information Quality (Kualitas Informasi), Service Interaction Quality (Kualitas Interaksi Layanan), User Satisfaction (Kepuasan Pengguna), dan Content (Konten). Model Webqual diterapkan dalam penelitian ini melalui kuesioner, yang menghasilkan berbagai data dari responden. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis untuk menghasilkan data statistik yang akurat. Dari penelitian ini, hasil kuesioner menunjukkan bahwa Service Interaction Quality (Kualitas Interaksi Layanan) memiliki persentase yang rendah, yaitu 72,72% (X3.2), di mana persentase penuhnya adalah 100%. Selain itu, User Satisfaction (Kepuasan Pengguna) juga memiliki persentase rendah, yaitu 70,90% (Y.1). Hal ini menunjukkan bahwa Kualitas Interaksi Layanan kurang berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pada bagian Kualitas Interaksi Layanan di situs web PT Yudo Indonesia agar Kepuasan Pengguna juga meningkat, terutama pada aspek keamanan dan pemenuhan kebutuhan pengguna.

 

Kata kunci: EUCS; kualitas website; webqual

 


Full Text:

PDF

References


N. Dalimunthe, A. Adawiyah, and T. Karina, “Analisa Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0, J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 184, 2019.

P. Palipi, E. Rajaguguk, M. Aritonang, M. Yohanna, and Y. Y. Rumapea, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Dengan Metode Webqual” Methosisfo J. Ilm. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 60–70, 2022.

M. Fauzi and U. L. Yuhana, “Hybrid Analysis of Marriage Information System Using Webqual 4.0, EUCS, and Importance-Performance Matrix Method,” IPTEK J. Technol. Sci., vol. 33, no. 3, p. 140, 2022.

A. Prasetya and D. A. Efrilianda, “Analysis and Quality Measurement of SITEDI Sub-System Against User Satisfaction Using WebQual 4 . 0 and EUCS Methods,” vol. 5, no. October, pp. 153–167, 2023.

W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, pp. 139–146, 2018.

I. Sanjaya, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Ministry of Communication and Information Website Quality Measurement Based on Webqual 4.0 Method,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012.

M. Permata Putri, Herawati, and I. Permata Sari, “Analisis Kualitas Website Gtass Menggunakan Metode Webqual 4.0Modifikasi,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, pp. 99–108, 2019.

R. Sistem, M. System, U. Scale, and W. Method, “JURNAL RESTI Analysis of the SaintekMu Website Quality on User Satisfaction Using the,” vol. 5, no. 158, pp. 1319–1331, 2023.

S. Nawangsari, R. K. Harahap, N. Herlina, and E. Ekowati, “Testing and Analysis User Satisfaction of Salute Bidan Application Using End-User Computing Satisfaction,” J. Syst. Manag. Sci., vol. 13, no. 5, pp. 457–469, 2023.

A. Jefri, B. Purnama, and H. Mulyono, “Analisis Kualitas Layanan Website SMA Terhadap Kepuasan Siswa Menggunakan Metode Webqual 4.0,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 4, no. 9, pp. 596–606, 2024.

A. E. Prasetiyanto, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Penugasan Berbasis E-Learning Moodle Menggunakan Metode WebQual 4.0 Dan EUCS Di SMKN 1 Ngasem,” Semin. Nas. Inov. Teknol., vol. 5, pp. 047–052, 2021.

A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2019.

T. Husain and A. Budiyantara, “Analisis EUCS dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 164–176, 2018.

L. Darwati, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi WETV Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Ilm. Komputasi, vol. 21, no. 4, pp. 34–42, 2022.

rezki dwy putra, “analisis kepuasan pengguna aplikasi flip.id menggunakan metode TAM dan EUCS,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 2, no. 4, p. 4, 2021.

F. Gusni, R. Gunawan, L. Setiyani, and Y. Rostiani, “Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” Pros. Semin. Nas. Inov. dan Adopsi Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 60–71, 2023.

A. G. Zakinah, A. E. Prasetiyanto, F. Khairani, A. Mahendra Wijaya, D. Ariatmanto, and T. Informatika, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Dapodik Menggunakan Metode Webqual dan EUCS,” Semin. Nas. Inov. Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021.d S. R. Nurdin, “Analisis Kualitas Sistem Informasi MELISA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode WebQual 4 . 0 dan EUCS ( End-User Computing Satisfaction ),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 04, no. 02, pp. 70–76, 2023.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i3.3256

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.