Penyuluhan Metode Pembayaran Digital Menggunakan QRIS di Sekolah Al Ma'shum

Febby Madonna Yuma, Andrinata Andrinata, Iin Almeina Loebis, Asri Vivi Yanti Sinurat, Rizky Fauziah

Abstract


In today's digital era, information technology has influenced various aspects of life, including financial transaction methods. Digital payments are one practical solution to simplify transactions and reduce the use of cash. One of the increasingly popular digital payment methods in Indonesia is QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS is a QR code standard for digital payments that makes it easier for consumers and business actors to make transactions. However, there are still many Al Ma'shum High School teachers who do not fully understand and utilize this technology. Therefore, counseling is needed to improve the knowledge and skills of Al Ma'shum High School Teachers in using QRIS. The methods used in this activity are socialization, education and Q&A. Counseling on digital payment methods using QRIS is expected to increase the understanding and adoption of this technology for Al Ma'shum High School teachers. With this activity, it is hoped that Al Ma'shum High School teachers who have businesses can utilize QRIS optimally, so that financial transactions become more efficient and secure. Support from various parties is highly expected for the success of this activity.

Keywords: teachers; digital payments; QRIS

  

Abstrak: Dalam era digital saat ini, teknologi informasi telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk metode transaksi keuangan. Pembayaran digital menjadi salah satu solusi praktis untuk mempermudah transaksi dan mengurangi penggunaan uang tunai. Salah satu metode pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). QRIS merupakan standar QR code untuk pembayaran digital yang memudahkan konsumen dan pelaku usaha dalam melakukan transaksi. Namun, masih banyak guru-guru SMA Al Ma’shum yang belum sepenuhnya memahami dan memanfaatkan teknologi ini. Oleh karena itu, diperlukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Guru-Guru SMA Al Ma’shum dalam menggunakan QRIS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu sosialisasi, edukasi dan tanya jawab. Penyuluhan tentang metode pembayaran digital menggunakan QRIS diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan adopsi teknologi ini bagi guru-guru SMA Al Ma’shum. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan guru-guru SMA Al Ma’shum yang memiliki usaha dapat memanfaatkan QRIS secara maksimal, sehingga transaksi keuangan menjadi lebih efisien dan aman. Dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan untuk kesuksesan kegiatan ini.

Kata Kunci : guru- guru; pembayaran digital; QRIS


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Dewi, A. N., & Maulana, M. S. R. (2023). Optimalisasi Penerapan QRIS Pada UMKM Desa Kuta wargi. Konferensi Nasional Peneli tian Dan Pengabdian (KNPP) Ke-3 Universitas Buana Perjuangan Karawang, 850–855. https://journal. ubpkarawang.ac.id/index.php/ProsidingKNPP/article/download/4977/3608

Annisa, N. N., Irwanah, L., Rosa, N. I., Al Adawiyah, C. D., Ranggika, R., & Karimah, S. A. (2024). Implem entasi QRIS Metode Pembayaran Digital pada Kualitas Peningkatan UMKM di Masyarakat Desa Ranca bungur. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.749

Epin, M. N. W., & Richard, Y. F. (2022). Penyuluhan Metode Pembayaran Non Tunai Via Uang Elektronik Pada Pengusaha Kantin Di Unive rsitas Musamus Merauke. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyara kat, 3(2), 116–121. https://doi.org /10.38043/parta.v3i2.4188

Haholongan, R., Kananto, R., Fazreen, S., Rahma Putri, D., Dea Hapsari, A., & Septiana, N. (2024). Penyuluhan Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Kepada Pelaku Usaha Ikan Hias Jatinegara. Communnity Development Journal, 5(2), 3223–3227.

Lestari, D. T., Yanti Siburian, C. D., & Ndraha, E. (2023). Sosialisasi Penge nalan dan Implementasi Sistem Pembayaran Digital Menggunakan QRIS pada UMKM. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(2), 126. https://doi.org/10.33087/eksis .v14i2.403

Mustika, T. N., Setyowati, S. Y., & Ismiasih, N. (2023). Penyuluhan Metode Pembayaran QRIS / Scan QR code pada Pelaku UMKM di Desa Banjarwati, Kec. Paciran. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyrakat, 1, 56–61.

Purwinarti, T., Ella Nilla Chandra, Y., Safira Adhliana, B., Rena Yolanda, dan, Niaga, A., & Negeri Jakarta, P. (2022). Analisis Strategi Pengemban gan Usaha Dengan Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran Umkm Di Kota Depok. Social and Humanities, 8(2), 81–86. https://pro siding.pnj.ac.id/index.php/snrtb/article/view/222

Siskawati, E., & Zahara. (2023). Edukasi Penggunaan Qris Sebagai Alat Pembayaran Digital Pada Lembaga Sosial Rumah Tahfiz. Communnity Development Journal, 4(6), 13763–13768.

Ayu, I., Suprapti, P., Chaidir, T., Mar yam, S., Agustiani, E., Handayani, T., Pembangunan, E., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Mataram, U. (2024). Pendampingan Penggunaan QRIS Pada Pemilik Warung / Restauran Di Kawasan Wisata Tanjung Bias Kabupaten Lombok Barat. 126–130.

Chandra, B., & Sigalingging, C. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Memen garuhi Minat Umkm Di Jakarta Barat Dalam Penggunaan Qris Sebagai Metode Pembayaran. Mount Hope International Business Journal (MOBIJ), 1(1), 1–12.

Karisa Maslaka, A. E. (2024). Impleme ntasi Sistem Pembayaran Digital Bagi Umkm Pada Bazar Ragam Rasa Di Kota Lama Surabaya. 5(6), 12672–12676.

Martiyanti, D., Febrianti, H., Fadhilah, T. N., Huvat, N. C., Rosyadah, D., & Aisyah, R. A. N. (2023). Pendampin gan Aplikasi Sistem Pembayaran Digital (QRIS) Sebagai Upaya Penin gkatan Daya Saing pada UMKM Sektor Jasa di Samarinda. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(4), 782. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i4.9379




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i1.3694

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.