Counseling and Training to Improve The Level of Dental and Oral Health in Junior High School Taman Siswa Belawan Medan

Cek Dara Manja, Rini Octavia Nasution, Dewi Kartika, Maria NH Sitanggang

Abstract


SMP Taman Siswa Belawan Medan, North Sumatra, faces significant dental and oral health issues, particularly among students who suffer from cavities and periodontal problems. Additionally, anxiety about dental visits and radiographic examinations further complicates efforts to improve oral health. This community service program aims to enhance knowledge and skills related to oral health through counseling, proper tooth-brushing training, and intra-oral radiographic examinations. The program was conducted in two phases: the first phase involved counseling and training, while the second phase focused on evaluation. The evaluation results indicated a significant increase in knowledge. In the pre-test, 28% of students had good knowledge, 56.67% had sufficient knowledge, and 15.33% had poor knowledge; following the intervention, 60% had good knowledge, 30.67% had sufficient knowledge, and 9.33% had poor knowledge. For teachers, the pre-test showed 52.94% with good knowledge, 47.06% with sufficient knowledge, and 0% with poor knowledge, which increased to 100% with good knowledge in the post-test. This program was effective in raising awareness and knowledge about oral hygiene, cavity prevention, and the importance of dental check-ups, which ultimately contributed to reducing the prevalence of dental problems among students and teachers, thereby improving overall oral health.

Keywords: Counseling, Dental and Oral Health, Training   

Abstrak: SMP Taman Siswa Belawan Medan, Sumatera Utara, menghadapi masalah kesehatan gigi dan mulut, terutama di kalangan siswa, yang banyak menderita gigi berlubang dan gangguan jaringan periodontal. Selain itu, kecemasan terhadap kunjungan ke dokter gigi dan pemeriksaan radiografi juga menjadi hambatan dalam upaya perbaikan kesehatan gigi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kesehatan gigi melalui penyuluhan, pelatihan cara menyikat gigi yang benar, serta pemeriksaan radiografi intra-oral. Program ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama berupa penyuluhan dan pelatihan, sedangkan tahap kedua adalah evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan. Pada pretest, 28% siswa memiliki pengetahuan yang baik, 56.67% cukup, dan 15.33% kurang; sedangkan pada post-test, 60% memiliki pengetahuan baik, 30.67% cukup, dan 9.33% kurang. Pada guru, hasil pretest menunjukkan 52.94% memiliki pengetahuan baik, 47.06% cukup, dan 0% kurang, yang meningkat menjadi 100% pada post-test. Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan tentang kebersihan gigi dan mulut, pencegahan gigi berlubang, serta pentingnya pemeriksaan gigi, yang pada akhirnya dapat menurunkan prevalensi masalah gigi di kalangan siswa dan guru serta meningkatkan kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.  

Kata kunci: Kesehatan Gigi dan Mulut, Penyuluhan, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G., & Dewi, N. K. E. P. (2019). Hubungan Perilaku Menyikat Gigi dan Karies Gigi Molar Pertama Permanen Pada Siswa Kelas V di SDN 4 Pendem Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Gigi (Dental Health Journal), 6(2), 5–8.

Anggraeni, A. N. D. F., Prasetyowati, S., & Mahirawatie, I. C. (2022). Tingkat Pengetahuan Menyikat Gigi Anak Sekolah Dasar Kelas 1-3 Di SDN 2 Sumberejo Kabupaten Trenggalek. Indonesian Journal of Health and Medical, 2(4), 523–533.

Aspinall, S. R., Parker, J. K., & Khutoryanskiy, V. V. (2021). Oral Care Product Formulations, Properties and Challenges. Colloids and Surfaces B: Biointerfaces, 200, 111567. https://doi.org/10.1016/j.colsurfb.2021.111567

Boel, T., Zulkarnain, M., Nasution, R. O., Nainggolan, L. I., & Kartika, D. (2021). Improving Oral and Dental Health Through Counseling, Video and Phantom Demonstration During The Covid-19 Pandemic to The Medan Belawan Community. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 74–80.

Bramantoro, T., Santoso, C. M. A., Hariyani, N., Setyowati, D., Zulfiana, A. A., Nor, N. A. M., Nagy, A., Pratamawari, D. N. P., & Irmalia, W. R. (2021). Effectiveness of the school-based oral health promotion programmes from preschool to high school: A systematic review. PLOS ONE, 16(8), e0256007. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0256007

Kurniawati, D., Ningsih, J. R., Kirom, F. F., & Haya, A. H. A. (2023). Impact of School Dental Health Education Programme on Elementary School Students in Kartasura, Indonesia. Journal of International Dental and Medical Research, 16(3), 1200–1205.

Putri, N. P. S. S., & Yunus, B. (2023). Penggunaan teknik radiografi konvensional dan digital pada perawatan endodontik (Tinjauan Pustaka). Cakradonya Dental Journal, 13(2), 97–105. https://doi.org/10.24815/cdj.v13i2.23531

Riskesdas. (2018). Data Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar.

Saputri, D. Y., Hadi, S., & Marjianto, A. (2022). Hubungan cara menyikat gigi dengan karies gigi pada siswa kelas xi sma widya darma surabaya. Indonesian Journal of Health and Medical, 2(3), 233–243.

Septiani, D., Sughesti, D., Susanti, D., Sihombing, M. T. P., & Novitasari, S. (2021). Pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut di era pandemi Covid’19, demi kelangsungan aktivitas usah. Dedikasi Pkm, 3(1), 56–66.

Wati, R., Said, F., & Sari, E. (2020). Perbedaan menyikat gigi metode fone’s dan metode bass terhadap skor debris pada murid kelas iii dan iv sekolah dasar negeri gambut 11. Jurnal Terapis Gigi Dan Mulut, 1(2), 40–45.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i2.3670

Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.