Pelatihan Foto Produk Hasil Karya Anggota Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK) Guna Mendukung Pemasaran Digital

Dahlan Susilo, Arif Yulianto, Diyah Ruswanti, Christian Roy Purnama, Muhammad Fadhlan Ravi Ashsidiq

Abstract


Members of the Klaten Persons with Disabilities Association (PPDK) produce various items but lack experience in product photography for social media marketing. To address this, the training conducted to improve their skills. The product photo training methods were lectures, interactive discussions, hands-on practice, and follow-up mentoring. As a result, participants' scores improved by 13.1%, from an average of 80.75 to 91.33, with the best photo scoring 95.00 using only a mobile phone. This training helps PPDK members create better-quality product photos suitable for digital marketing.

Keywords: digital marketing; disability; product photography  


Abstrak: Para anggota Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK) memiliki berbagai produk yang sudah dipasarkan di lingkungan sekitar PPDK, namun dalam pemasaran digital melalui media sosial mereka mengalami kendala dalam pengambilan foto produk ala kadarnya. Para pengrajin belum memiliki keterampilan teknik pengambilan foto produk yang memadai. Pelatihan foto produk ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk anggota PPDK menjadi solusi yang tepat untuk membekali mereka dengan keterampilan foto produk yang mumpuni. Metode pelatihan foto produk yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi interaktif, dan praktik langsung, serta pendampingan pasca pelatihan. Hasil dari pelatihan foto produk terjadi peningkatan 13,1% dari nilai rata-rata 80,75 menjadi rata-rata 91,33. Peserta pelatihan mendapatkan skill pengambilan foto produk yang bagus. Hasil foto produk terbaik mencapai nilai 95,00 dengan teknik pemotretan yang bagus hanya menggunakan kamera handphone sudah layak digunakan sebagai konten digital marketing.

Kata kunci: disabilitas; foto produk; pemasaran digital


Full Text:

PDF

References


Agency, S. D. (2021, June 23). Social Media Marketing - Pengertian, Manfaat dan Strategi di Media Sosial. Https://Www.Sws.Co.Id/Social-Media-Marketing/.

Arsyah, U. I., Pratiwi, M., & Arsyah, R. H. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Kopi Pada Bumnag Nagari Lasi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i2.1451

Diamond, S. (2022). Digital marketing all-in-one for dummies. John Wiley & Sons.

Faradilla A. (2022, September 13). Apa Itu Digital Marketing? Definisi, Manfaat, dan Strateginya. Https://Www.Hostinger.Co.Id/Tutorial/Apa-Itu-Digital-Marketing.

Jamaludin, J., Trenggana, A. F. M., Girsang, R. M., Harto, B., Pramudhita, P., Jatinegara, K., Yasa, N. N. K., Kamarudin, A. P., Jamira, A., Razak, M., Abdurohim, A., Saragih, L., Sherly, S., Rane, M. K. D., Irmal, I., & Rosharita, R. (2022). Pemasaran Era Kini: Pendekatan Berbasis Digital (A. Sudirman, Ed.). Media Sains Indonesia.

Marpaung, N., Rahayu, E., Efendi, Z., Febbrian, A., & Utama, G. N. (2024). Teknologi Informasi Digital Marketing Pada Urban Farming Pemasaran Sayur Hidroponik Di Kabupaten Asahan. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(4), 659–667. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i4.3488

Moedasir, A. (2022, July 30). Membuat Foto Produk: Jenis, Cara, Tips, dan Fungsi. Https://Majoo.Id/Solusi/Detail/Foto-Produk.

Natalia. (2021, August 31). Foto Produk: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tips Foto Produk Terbaik. Https://Accurate.Id/Bisnis-Ukm/Foto-Produk/.

Nathania, R. (2024, April 19). 16 Strategi Pemasaran Terbaik yang Dapat Dimanfaatkan oleh Marketer. Https://Glints.Com/Id/Lowongan/Strategi-Pemasaran-Untuk-Bisnis-Perusahaan/.

Tjiang, H. (2022, November 28). Cara Membuat Foto Produk Paling Cepat Cuma Pakai HP Doang. Https://Jsp.Co.Id/Cara-Membuat-Foto-Produk-Paling-Cepat-Cuma-Pakai-Hp-Doang/.

Weller, J. (2020, May 11). Why an Organic Digital Marketing Strategy Is Key Right Now. Https://Www.Glofox.Com/Blog/Organic-Digital-Marketing-Strategy/#:~:Text=An%20excellent%20example%20of%20a,Generated%20content%20on%20social%20media.

Widyaningtyas, D., Budi Setiawan, N., & Retnaningdiah, D. (2024). Pelatihan Digital Tools Untuk Pemetaan Trend Menu Konsumen. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 7(3), 344–351. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i3.3291

Yuliana, Y., Siahaan, S. V., & Kontesta, R. P. (2023). Pelatihan Digital Marketing Pada Bumdes Guna Peningkatan Usaha Bisnis Kreatif Berbasis Digitalisasi. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(1), 135–140. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v6i1.1964

Zulianto, M., & Apriyanto, B. (2022). Pelatihan Rebranding Produk Untuk Perluasan Pasar Sangkar Burung Di Kabupaten Jember. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(2), 171–178. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i2.1457




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v8i2.3624

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.