Pelatihan Canva Dan Capcut Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Kreativitas Guru Dan Peserta Didik Sekolah Dasar

Zaid Romegar Mair, Dewi Sartika, Rudi Heriasyah, Gasim Gasim, Indah Permatasari, Evi Purnamasari

Abstract


Abstract: One of the prioritized areas of knowledge is mastery of information technology on computers as a sustainable generation prepares to welcome Golden Indonesia in 2045. Canva and capcut training are part of efforts to develop 21st-century skills. This training is carried out to prepare teachers and students to become people who have innovative ideas for carrying out learning. SD Negeri 150, located at Jl. TP Demsi Husin Darmajaya Gandus, Pulo Kerto, Gandus District, Palembang City, served as the venue for this activity. The results of the observations made showed that the level of enthusiasm, communication skills, and creativity of teachers and students increased significantly, as evidenced by the publication of projects carried out during the training, which were shared via social media and teacher and principal communication groups.

Keywords: canva dan capcut; innovation; teacher

Abstrak: Salah satu bidang ilmu pengetahuan yang diprioritaskan adalah penguasaan teknologi informasi pada komputer, sebagai generasi keberlanjutan dalam menyiapkan tokoh berikutnya untuk menyambut Indonesia Emas 2045. Tuntutan abad ke-21 merujuk pada keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dianggap penting untuk sukses dalam era globalisasi dan teknologi yang berkembang pesat. Pelatihan Canva dan capcut merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan keterampilan abad 21. Pelatihan ini dilaksanakan  untuk mempersiapkan para guru dan peserta didik menjadi orang yang memiliki ide inovasi dalam melaksanakan pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 150, yang beralamatkan di Jl. TP Demsi Husin Darmajaya Gandus, Pulo Kerto, Kecamatan Gandus, Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup pengumpulan data dari bahan pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil pengamatan yang dilakukan, bahwa tingkat antusias, keterampilan berkomunikasi, kreativitas guru, dan peserta didik meningkat secara signifikan, dibuktikan dengan publikasi projek yang dikerjakan selama pelatihan yang dibagikan melalui medsos, dan grup komunikasi guru dan Kepala Sekolah.

Kata kunci: canva dan capcut; inovasi; guru


Full Text:

PDF

References


Canva dan capcut,. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksha, 12(2), 317–327. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179.

Wijaya, I.G.N.S., Ciptahadi, K.G.O.C., Ayuningsih, N.P.M., Yasa, I.G.D., & Adnyani, N.K.E.P. (2021). Pelatihan Media Pembela-jaran Canva Bagi Guru SDN Tu-langampiang Denpasar di Masa Pandemi Covid-19. Integritas: Jurnal Pengabdian, 5(2), 248–257. DOI: ttps://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1143.

Mair, Z.R. (2022). "Strategi Pendekatan Konsep Pemrograman Dasar Komputer Dengan Game Dan Storytelling," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tabikpun, vol. 3, no. 3, pp. 229-236, Nov. 2022. DOI: 10.23960/jpkmt.v3i3.99.

Destriana, R. Suwanda, A. Oktarino, Mair, Z. R, Z. Niqotaini, F. M. H. Tjiptabudi, F. Mario, N. O. Idris, A. Firdaus, Kurniabudi, N. Miran-tika, Prabaswari, F. Asrin, Putra, S. Assegaff. (2024). Strategi Sis-tem Informasi, 1st ed. Yogyakar-ta, Indonesia: PT Penerbit Penamuda Media, pp. xii + 220.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A.T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim,L., and M. Islamiyah, (2021) "Pem-anfaatan Canva dan capcut untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Ma-hardika Karangploso Malang di Masa Pandemi," Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 75-82, DOI: 10.32528/mujtama'.v1i2.5050.

Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi.

Prasetyo,D., Mair, Z. R., Kurniah, R. Agung, R. B. , Ernawati, T. ., Anggreini, N. L., Iskandar, R., Yulianti,E., A. Y. Nadhiroh, S. Tresnawati, A. Nuraminah, A. Sopandi, D. S. Ramdan, Mana-jemen Proyek Perangkat Lunak, 1st ed. Yogyakarta, Indonesia: PT Penamuda Media, pp. xii + 199.

Wulancahayani, E., Royani, A., Ang-graeni, A., Wakfiyah, K., Gola, N., Rahmadanty, F., ... & Mu-nasir, M. (2023). Pelatihan Canva untuk Melatihkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Bagi Peserta Didik dan Guru SMP. Dedikasi: Journal of Com-munity Engagement and Empow-erment, 1(2), 42-49.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v7i3.3331

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.