DONGENG SEBAGAI STIMULAN AWAL PENINGKATAN MINAT BACA BAGI SISWA PAUD BUNDA HAJAR JATINANGOR

Vincentia Tri Handayani

Abstract


ABSTRACT

The decline in interest in reading among the younger generation is caused by, among other things, being distracted from the attention and leisure time of young people in social media activities. In addition, to get the information they need, they can get it only by using their smartphone. Seeing the situation that concerns this, the effort to stimulate literacy education must be instilled from the beginning of time. This PPM aims to increase reading interest of Bunda Hajar Dusun Sukanegla PAUD students, Desa Hegarmanah, Jatinangor, Sumedang. In order to be interesting, the delivery of counseling and educational activities is carried out using the storytelling method. The results obtained, children are more interested in listening, able to survive listening and can answer questions about fairy tales delivered.

Keywords: literacy education, fairy tales, early childhood education

ABSTRAK

Menurunnya minat membaca di kalangan generasi milenial disebabkan oleh antara lain teralihnya perhatian dan luang waktu anak muda pada kegiatan media sosial. Selain itu, untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan, mereka bisa mendapatkan secara instan hanya dengan melalui telepon genggam. Melihat keadaan yang memprihatikan ini, maka upaya menstimulasi edukasi literasi harus ditanamkan sejak usia dini. Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini bertujuan meningkatkan minat baca dengan sasaran siswa PAUD Bunda Hajar Dusun Sukanegla Desa Hegarmanah Jatinangor Kabupaten Sumedang. Agar menarik, penyampaian penyuluhan dan kegiatan edukasi dilaksanakan dengan menggunakan metode mendongeng. Hasil yang diperoleh, anak-anak lebih tertarik mendengarkan, mampu bertahan menyimak dan dapat menjawab pertanyaan seputar dongeng yang disampaikan.

Kata kunci: edukasi literasi, dongeng, pendidikan anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Causse, Rolande. (2005). Qui lit petit lit toute la vie. Paris : Albin Michel.

Harususilo, Yohanes Rnggar. (2018). 6 Manfaat Mendongeng untuk Anak. melalui https://edukasi.kompas.com/read/

Intan, Tania, dkk. (2015). Peningkatan Minat Baca Siswa PAUD Bunda Hajar melalui Keterampilan Menyimak, Membaca, Berbicara, dan Menulis. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jatinangor : Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran.

Danandjaja, James. (2002). Folklor Indonesia: Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain.

Jakarta: Grafiti.

Poslaniec, Christian & Houyel, Christine. (2000). Activités de lecture à partir de la littérature de jeunesse. Paris : Hachette.

Som, Witakania S. dkk. (2006). Sastra dan Minat Baca pada Siswa SMAN Tanjungsari. Laporan Penelitian DIPA PNBP. Jatinangor : Fakultas Sastra, Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i1.280

Article Metrics

Abstract view : 538 times
PDF - 653 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.