Penguatan Pembelajaran Berwawasan Kebangsaan Melalui Metode Insersi Untuk Guru PAUD Di Kabupaten Wonogiri

Ardhana Januar Mahardhani, Betty Yulia Wulansari, Rudi Ruhardi

Abstract


Abstract: The existence of the Covid-19 pandemic makes the learning process in early childhood ineffective, including in the delivery of national insight material. The use of online platforms apparently cannot be done in the learning process in Purwantoro District, Wonogiri Regency because many parents do not understand about the operation of online learning, parents who work full time, and geographical conditions that do not support it so that signaling is difficult. This community service activity is carried out in collaboration by the University of Muhammadiyah Ponorogo and the Institute of Kebangsaanic Studies Muhammadiyah Pacitan in collaboration with HIMPAUD, Purwantoro District, Wonogiri Regency. This activity aims to assist teachers in increasing students' understanding of national insight through the insertion method in learning materials. Activities are carried out online with the implementation stages being pre-activity, activity implementation, activity evaluation, and follow-up activities. From the results that have been carried out, it can be concluded that 94% of participants have understood the use of the insertion method in the implementation of learning so that students can understand the national insight in every material presented by the teacher

Keywords: insertion; PAUD; national insights

Abstrak: Adanya pandemi Covid-19 menjadikan proses pembelajaran pada anak usia dini tidak efektif, termasuk dalam penyampaian materi wawasan kebangsaan. Penggunaan platform online ternyata tidak bisa dilakukan pada proses pembelajaran di kecamatan Purwantoro kabupaten Wonogiri karena banyak orang tua yang belum paham tentang pengoperasionalan pembelajaran online, orang tua yang bekerja secara fulltime, serta kondisi geografis yang tidak mendukung sehingga sulitnya sinyal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara kolaborasi oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Institut Kebangsaan Studies Muhammadiyah Pacitan bekerjasama dengan HIMPAUD kecamatan Purwantoro kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang wawasan  kebangsaan melalui metode insersi dalam materi pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan melalui dalam jaringan (online) dengan tahap pelaksanaan adalah pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi kegiatan, dan tindak lanjut kegiatan. Dari hasil yang telah dilaksanakan diperoleh         hasil bahwa 94% peserta  telah paham tentang penggunaan metode insersi dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga siswa dapat memahami tentang wawasan kebangsaan dalam setiap materi yang disampaikan oleh guru.

Kata kunci: insersi; PAUD; wawasan kebangsaan 


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ariyastana, I. W. (2017). Insersi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Materi Dan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11985

Hardimansyah, T. (2019, August). Rasa Nasionalisme Sudah Mulai Luntur? .

Irfani, A. (2016). Nasionalisme Bangsa dan Melunturnya Semangat Bela Negara. Al Hikmah, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.613

Laras, T. S. (2016, May). Turunnya Rasa Nasionalisme di Kalangan Masyarakat Zaman Sekarang .

Mahardhani, A. J. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76

Marpaung, Z. S., Widodo, S., Semil, N., & Mardianto, M. (2021). Upaya Mendorong Pembelajaran Efektif Masa Pandemi Melalui Pelatihan Inovasi Belajar Berbasis Digital. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.33330/JURDIMAS.V4I2.976

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667–1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Setyaningrum, S. R., Triyanti, & Indrawati, Y. M. (2014). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Kognitif pada Anak. Kesmas (Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional), 8(6). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v0i0.375

Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2021). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. In Tarbiatuna: Journal of Kebangsaanic Education Studies (Vol. 1).

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Susanti, I. D. (2019). Memudarnya Nasionalisme Di Kalangan Masyarakat Indonesia. Universitas Negeri Malang.

Yatini, Y., & Triwoelandari, R. (2018). Pengaruh Metode Insersi pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Terhadap Karakter Religius Siswa Kelas 5 SD Al Azhar Syifa Budi Cibinong. Jurnal Akrab Juara, 3(3), 75-84.

Yuliasari, U., & Permata, R. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Kiddy Learning Binder Bagi Guru Paud. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.33330/JURDIMAS.V4I1.915




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1208

Article Metrics

Abstract view : 311 times
PDF - 172 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.