Pelatihan Akuntansi Biaya dan HPP pada UMKM Desa Wisata Ponggok

Aryani Intan Endah Rahmawati, Suyatmin Waskito Adi

Abstract


Abstract: training in cost accounting and calculating the cost of goods sold (CoGS) for micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Ponggok Tourism Village was carried out to provide understanding and training in calculating CoGS. Based on the initial survey conducted by the community service team, information was obtained that seller in Ponggok Village did not calculate CoGS properly because they based their selling price on market prices. This is because MSMEs have a similar business, namely a culinary business. This unsuitable selling price determination will result in suboptimal profit achievement because each business has a different total cost. For this reason, this service carries out four training sessions to guide MSME players in deermining the appropriate selling price. The four sessions covered the delivery of concepts and materials, discussions, training in calculating CoGS, and evaluation. This community service is expected to increase understanding and skills in calculating CoGS so that optimal profit can be achieved.

Keywords: cost accounting;cost of good sold; Ponggok Village

 

Abstrak: pelatihan akuntansi biaya dan penghitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) pada pelaku UMKM di Desa Wisata Ponggok dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan penghitungan HPP.  Berdasarkan survei awal yang dilakukan tim pengabdian, didapatkan informasi bahwa para pelaku UMKM di Desa Ponggok tidak melakukan penghitungan HPP karena mendasarkan harga jualnya sesuai harga pasar. Hal ini dikarenakan para pelaku UMKM memiliki usaha yang sejenis, yaitu usaha kuliner. Penentuan harga jual yang tidak sesuai ini akan menyebabkan pencapaian laba yang tidak optimal karena setiap usaha memiliki berbagai total biaya yang berbeda. Untuk itu, pengabdian ini melaksanakan empat sesi pelatihan untuk memandu para pelaku UMKM menentukan harga jual yang sesuai. Keempat sesi tersebut meliputi penyampaian konsep dan materi, diskusi, pelatihan penghitungan HPP, dan evaluasi. Pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat menambah pemahaman dan ketrampilan menghitung HPP sehingga laba yang optimal dapat tercapai.

Kata kunci: akuntansi biaya, harga pokok penjualan, Desa Ponggok


Full Text:

PDF

References


BRI. (2020, 26 Juni). Menyelamatkan UMKM, Menyelamatkan Ekonomi Indonesia [Halaman Web]. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200626123545-297-517786/menyelamatkan-umkm-menyelamatkan-ekonomi-indonesia.

Christy, F.E. (2021, 23 Februari). Jumlah UMKM di Indonesia [Halaman Web]. Diakses dari https://data.tempo.co/data/1111/jumlah-umkm-di-indonesia.

Dunia, Firdaus A dan Wasilah Abdullah. 2009. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Ismail, T. (2021, 19 Februari). Bappenas: Besarnya Jumlah UMKM Belum Seimbang dengan Kontribusi pada PDB [Halaman Web]. Diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/19/bappenas-besarnya-jumlah-umkm-belum-seimbang-dengan-kontribusi-pada-pdb

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Sutisna, Entis; Khidir Akbar Ghofar; Agung Sunawarman; Millah Kamilah Muslimat; dan Acep Rohendi. 2018. "Pendampingan dalam Penghitungan Harga Pokok Produksi untuk Menentukan Harga Jual Kue Kering Choco Pink di JNC Cookies". JURNAL ABDIMAS BSI, Vol. 1 No.3.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurdimas.v5i1.1102

Article Metrics

Abstract view : 473 times
PDF - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.