KORELASI SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKSELERASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas akselerasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 16 siswa kelas XI akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Karena populasinya 16 siswa, maka digunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Sampel yang diambil adalah 16 siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data digunakan adalah kuesioner self-regulated learning dan hasil belajar siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh semester ganjil 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menunjukkan tidak terdapat korelasi yang signifikan self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa akselerasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut di beberapa sekolah lainnya. Kemudian peneliti menyarankan pengambilan sampel yang lebih banyak, serta menggunakan lebih dari satu instrumen peneletian cara belajar self-regulated learning yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian landasan teoritis di sub-bab instrumen self-regulated learning. Sehingga, diperoleh data tentang korelasi self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika yang lebih akurat dan memberikan alternatif pemecahan yang lebih efektif.
.
Kata Kunci: hasil belajar, self-regulated learning
Referensi
Akbar, Reni-Hawadi. 2010. Menguatkan Bakat Anak. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Alsa, Asmadi. 2007. “Keunggulan dan Kelemahan Program Akselerasi di SMA: Tinjauan Psikologi Pendidikanâ€. Makalah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 6 Juni.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Bahri, Syamsul dan Fakhry Zamzam. 2014. Model Penelitian Kuantitatif Berbasis
SEM-AMOS. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Chalil, Achjar dan Hudaya Latucinsina. 2008. Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Undang-undang Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003: Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Agama
Elvina, Amelia. Tanpa Tahun. Hubungan antara Self-Regulated Learning Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMUN 53 Di Jakarta Timur. Skripsi telah diterbitkan. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Irham, Muhammad, Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan
Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mukhid, Abd. 2008. Strategi Self-Regulated Learning (Perspektif Teoritik). Tadris, Vol.3, No.2: 223-239.
Nurlisawati, Diah. 2008. Perbedaaan Self-Regulated Learning Antara Siswa Akselerasi dengan Siswa Reguler di Bidang Matematika. Skripsi telah diterbitkan. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Schunk, Dale H, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece. 2008. Motivation in Eduacation: Theory, Research, and Application. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Indeks. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan
R&D. Bandung. Alfabeta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoretis. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 3 Ilmu Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.