PEMAHAMAN GURU-GURU SMA NEGERI 2 RAMBAH HILIR TERHADAP PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENGAJAR
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru dalam perancangan RPP dan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model Quantum Teaching dalam mengajar.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap perancangan RPP dan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model Quantum Teaching sangat baik, hal ini dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengajar.Pada tahap awal perancangan RPP ditemukan rumusan indikator dalam RPP masih kurang rinci dan sebagian indikator RPP menyalin apa adanya dari kompetensi dasar sehingga menimbulkan penafsiran ganda dan kurang menggambarkan tahapan dalam pencapaian kompetensi. Setelah penerapan model Quantum Teaching maka guru sudah mampu merumuskan indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, merancang langkah-langkah pembelajaran disesuaikan dengan indikator, dan melakukan penilaian pembelajaran.. Penerapan Model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran bisa meningkatkan pemahaman guru dalam mengelola kelas, keaktifan bertanya kepada siswa, mengadakan variasi model pembelajaran, penyesuaian antara RPP yang telah dirancang dengan pelaksanaan pembelajaran, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Guru menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam mengajar karena penerapan model yang mampu menciptakan kelas kondusif, meriah, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru, mutu dan hasil pembelajaran di SMA Negeri 2 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu.Kata Kunci: Pemahaman, guru, Quantum, Teaching
Referensi
Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya
Muslich, M. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. (2014). Model – Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2013).Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA
Yatim Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana
Diterbitkan
2018-09-25
Bagian
Articles