PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY BERBANTUAN BULLETIN BOARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMK

  • Ni Putu Meina Ayuningsih

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Matematika Knisley berbantuan bulletin board lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Wira Harapan Tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik two stages cluster sampling. Data dalam penelitian ini adalah data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dikumpulkan dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif berdasarkan uji-t 1 ekor  untuk hipotesis 1.

 

Kata kunci: Matematika, siswa, knisley

 

 

Referensi

Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Biggs, John.1993. British Journal of Education Psychology. Great Britain: The British Psychological Society

Borg, W.R. dan Meredith D. G. 1989. Educational Research. London: Long man. (Halaman : 225-227)

Candiasa, I M. 2010. Statstika Multivariate Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Hamzah.2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta :BumiAksara

Huda, M. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar.

Zhao. 2010. The Study on Influencing Factors of Team Brainstorming. International Journal of Business and Management.Tersediahttp://www.ccsenet.org/ijbm [diakses 11-12-2014].

Diterbitkan
2018-09-23