PENERAPAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN

  • Eka Lia Febrianti
  • Agus Suryadi

Abstrak

dipakai sebagai bahan analisa yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, menentukan strategi pemasaran dan lain sebagainya. Market basket analysis dengan Association Rules merupakan salah satu cara untuk mencari pola assosiasi berdasarkan pola belanja yang dilakukan konsumen, sehingga nantinya bisa diketahui item-item barang apa saja yang dibeli secara bersamaan, dan nantinya bisa dipakai sebagai bahan analisa dalam pengambilan keputusan, untuk meningkatkan keuntungan atau menentukan strategi pemasaran. Variable yang digunakan  ada dua yaitu support dan confidence.

 

Kata kunci:  Data Mining, Association Rule, Market Basket Analysis

Referensi

Prasetyo, Eka. 2012. Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi

Susanto, Sani dan Dedy Suryadi. 2010. Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data. Yogyakarta: Andi

Dennis, dkk. Belajar Data Mining dengan RapidMiner. Jakarta: Dennis Aprilla C

Meiwati Eni dan Metty Mustikasari. “Aplikasi Datamining Menggunakan Aturan Asosiasi Dengan metode Apriori Untuk Analisis Keranjang Pasar pada Dara Transaksi Penjualan Apotekâ€. Jurnal Universitas Gunadarma.

Tampubolon Kennedi, dik. 2013 “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatanâ€. Jurnal STMIK Budi Darman Medan

Veronika S. Moertini. 2002 “Data Mining Sebagai Solusi Bisnisâ€. Jurnal

Diterbitkan
2018-09-20
Bagian
Articles