PENERAPAN MODEL CTL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELANARAN MATEMATIKA

Andy Sapta

Abstract


Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan penalaran siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane Tahun Pelajaran 2016/2017 dinilai masih rendah. Dalam penelitian ini, masalah yang diupayakan untuk diatasi adalah kamampuan penalaran siswa. Berdasarkan kajian teori yang dikaji peneliti, kemampuan penalaran siswa dapat ditingkatkan melalui model CTL. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dengan penerapan model CTL pada materi Sistem persamaan dan pertidaksamaan di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil yang dicapai pada penelitian ini ternyata mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dengan nilai rata-rata ulangan 69,51 menjadi 78,15 dan ketuntasan klasikal 71,46% menjadi 86,85%. Kemudian dari hasil observasi aktivitas siswa, dihasilkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dari nilai rata-rata aktivitas siswa 2,2 dengan kategori cukup baik menjadi nilai rata- rata 3,1 kategori baik. Untuk itu, hasil penelitian dapat dikatakan berhasil karena telah menjawab menjawab dari indikator kinerja dengan ketuntasan minimal 85% dan kategori aktivitas siswa minimal baik.

Kata Kunci: contextual teaching learning, sistem persamaan dan pertidaksamaan


Full Text:

PDF

References


Panjaitan, D. J. (2018, April). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG MELALUI CTL. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN (Vol. 1, No. 1, pp. 212-216). Hasibuan, M. I. (2017). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 2(1), 73-84. Rahman, A. (2012). Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Sapta, A. (2018). Analisa Kinerja Algoritma C. 45 Dalam Memprediksi Hasil Belajar. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 1(1), 73-79.


Article Metrics

Abstract view : 1135 times
PDF - 976 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.