PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Hermidayani Hermidayani, Khoirun Nikmah

Abstract


Abstrak : : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning dan minat belajar pada hasil pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental. Populasi terdiri dari 155 siswa kelas X IPS di SMAN 6 Padangsidimpuan. Sampel terdiri dari 63 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar Ekonomi dan angket minat belajar. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar Ekonomi dari domain kognitif. Data dianalisis menggunakan teknik Two-Way ANOVA (analisis varians). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan antara hasil belajar Ekonomi siswa yang diajarkan menggunakan model blended learning dengan model pembelajaran langsung, (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan minat rendah learning, (3) Ada interaksi yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci : Blended Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar Ekonomi


Full Text:

PDF

References


Arends, R I. 2012. Learning to Teach ninth edition. New York : McGraw-Hill.

Boelens, Ruth dan Wever, Bram. 2017. Four key challenges to the design of blended learning. International Journal of Research in Education Studies. https://biblio.ugent.be

Istina’ah. Arina (2017) The Effect of Blended Learning to the Students’ Achievement in Grammar Class. IJEE (Indonesian Journal of English Education). Vol.4. No.1. http://dx.doi.org/ijee

Syah Muhibbin, 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuomainen. S. 2016, A Blended Learning Approach to Academic Writing and Presentation Skills. International Journal Publishe. https://doi.org


Article Metrics

Abstract view : 389 times
PDF - 638 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.