UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RAGAM HIAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Sri Juita Br Ginting, Elys Rismawati Hutabarat

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ragam hias di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-9 dengan jumlah 37 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan, yaitu pada pre tes  yang diperoleh sebesar 37,83% yang tuntas dengan jumlah siswa 13 orang dan nilai rata-rata 74,13 dengan siwa yang belum tuntas sebayak 24 siswa yakni 62,16%. Mengalami peningkatan pada Siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 76,12 dengan siswa yang tuntas belajar  sebanyak 20  siswa atau 54,05 %,  dan 17 siswa yang belum tuntas yakni 45,94%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan mencapai 83,11, siswa yang mengalami tuntas belajar sebanyak 35 siswa atau 94,59%, serta siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa yakni 5,40%. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 28,38%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual  Teaching  and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ragam hias siswa di kelas VII-9 SMP Negeri 2 Lubuk Pakam.

 

Kata Kunci: hasil belajar, contextual teaching and learning


Full Text:

PDF

References


Afriani, Sri Sinaga. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar dalam Jurnal Seni Rupa FBS UMINED: Vol.7 N0.1 UNIMED: Medan.

A.M, Sardiman. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

B.Uno, Hamzah dan Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Cut, Karamil. (2007). Pendidikan Seni Rupa/Kerajinan Tangan. Universitas Terbuka: Jakarta.

Fitz Maurice Mills, John. (1977). Painting for Pleasure. Hamlyn: London.

Gautam, Sonia. (2008). Dictionary of Education. Alfa Publications: New Delhi.

Gie, The Liang. (1996). Filsafat Keindahan. Pusat Belajar Ilmu Berguna (PUBIB): Yogyakarta.

Halimah, Siti. (2008). Strategi Pembelajaran. Ciptapustaka Media Perintis: Bandung.

H, Martinis, Yamin. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada Press: Jakarta.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. PT Rajagrafido Persada: Jakarta.

Pamadhi, Hadjar. (2008). Pendidikan Seni di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group: Bandung.

Sembiring, Dermawan dkk. (2008). Buku Ajar Wawasan Seni. Jurusan Seni Rupa FBS UNIMED: Medan.

Sudarman, Yos. (2006). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbantuan Media Terhadap Hasil Belajar Musik dalam Jurnal Bahasa dan Seni UNP: Vol.7 No.2 UNP: Padang.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Sugito. (2010). Hakikat dan Karakteristik Media Pembelajaran dalam Jurnal Seni Rupa FBS UNIMED: Vol.7. No.1. UNIMED: Medan.

Suharso dan Ana Retnoningsih. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia “Edisi Lux”. CV Widya Karya: Semarang W.Kerlinger, Fred. (2002). Asas-Asas Penelitian Behavioral. UGM Press: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.