PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MEDAN

Ria Lestari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran self-directed learning (SDL); (2) perbedaan hasil belajar matematika yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan penalaran rendah. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran group investigation (GI) lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran self-directed learning (SDI); (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan kemampuan penalaran tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan penalaran rendah.

 

Kata kunci: model pembelajaran, kemampuan penalaran, hasil belajar matematika


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Cornelius., (2009:253), pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi., (2009), Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (Sagara, Gugi). Jakarta: Erlangga.

Gullo,W., (2004:8), Strategi Belajar Mengajar, Bumi Aksara, jakarta.

Hake,2003: Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI.

Joice dan Weil (dalam Rusman, 2011:133), Model-Model Pembelajaran, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Peraturan dirjen Dikdamen No.506/C/PP/2004 (Wardhani, 2008), Tentang indikator-indikator yang menunjukkan penalaran.

Rusman., (2011), Model-Model Pembelajaran, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Siti Wulandari (1202030038) “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Belajara Matematika pada siswa SMP hang Tuah 1 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.”

Slametto., (2003:2), Belajar dan Faktor2-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 197 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.