PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI TIPE IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LUBUK PAKAM

Marlina Uli Silaen, Masniari Fitriani Silalahi

Abstract


Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil penelitian lagu Nusantara Indonesia kelas VIII SMP N 4 Lubuk Pakam.Penelitian ini didasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside Outside Circle), model konvensional, hasil penelitian, nyanyian kepulauan Indonesia dan hipotesis penelitian. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental. Jenis penelitian adalah Desain eksperimental yang benar dengan "desain kelompok kontrol posttest-only". Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil secara random sampling, dengan mengambil dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 36 siswa dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes prestasi dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 25 item dan 20 item yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diuji di SMP Negeri 1 Gunung Meriah. Kedua kelas diberikan treathment yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif tipe IOC (dalam luar Lingkaran) dan kelas kontrol menggunakan pengajaran dan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pengajaran dan pembelajaran diberikan, posttest yang diperoleh dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78.056 dan kelas kontrol adalah 66,818. Hasil uji hipotesis menggunakan uji yang berbeda (Uji –t) diperoleh t_hitung> t_table sehingga H_a diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 16,81% model pembelajaran kooperatif IOC yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi lagu Nusantara Indonesia. pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Inside Outside Circle), konvensional


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsim. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dilihatya. 2014

http://dilihatya.com/2236/pengertian-pengaruh-menurut-para-ahli di akses pada tanggal 10 Maret 2016 pukul 14.00.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Reneka Cipta.

Forum komunikasi guru seni budaya SMP Kabupaten Cilacap

https://mgmpseni.wordpress.com/materi-belajar/seni-musik/semester-2/kelas-viii/musik-nusantara/ di akses pada tanggal 3 mei 2016 pukul 14.00.

Hamalik Oemar.2013. kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara

Mariana Lumbantobing. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus Di Kelas X SMA N.11 Medan T.A. 2013/2014. Medan, Sumatera Utara.

Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Mudjiono, Dimyanti. 2013. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.


Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.