PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN SAPU LIDI (STUDI KASUS UD. GAMBARO PUTRO AIR JOMAN)

Ahmad Muhazir, Yessica Siagian, Iga Amelia

Abstract


Abstract: Abstrak: UD. Gambaro Putro Air Joman, yang merupakan salah satu usaha dagang yang bergerak dibidang produksi dan penjualan produk sapu lidi. Saat ini UD. Gambaro Putro Air Joman tidak memiliki aktifitas atau strategi khusus untuk menangani pemasaran produknya. Pemasaran produk hasil olahannya dilakukan secara manual dengan cara pembeli memberikan informasi tentang tempat, keunggulan dan produk hasil olahannya ke pembeli. Serta pelanggan yang harus datang langsung untuk melakukan pembelian produk. Hal ini berdampak pada informasi yang didapat dari antar pelanggan terkait dengan produk pada UD. Gambaro Putro Air Joman menjadi tidak akurat dan tidak update dan juga waktu yang tidak efesien ketika pelanggan melakukan pembelian produk dengan cara langsung ke UD. Gambaro Putro Air Joman. E-commerce dapat mengatasi masalah tersebut dengan memasarkan produk hasil olahan secara online dengan penyampaian informasi yang akurat..

Kata kunci: E-Commerce, Sapu Lidi, Internet


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Candra dan Hermawan, Dadang. 2013. E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: ANDI.

Amalia Endang, Supriatna Yayat. Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Sebagai Pengembangan Egorvement. Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Maret 2017 e-ISSN 2540-7902 dan p-ISSN 2541-366X. Vol. 2, No. 1.

Arief, M Rudyanto. 2011. Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakata: ANDI.

Nugroho, Eko. 2010. Sistem Informasi Manajemen Konsep, Aplikasi, dan Perkembangannya. Yogyakarta. ANDI.

Pratama, I Putu Agus Eka Pratama. 2014. Sistem Informasi dan Implementasi. Bandung. INFORMATIKA.

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.

Sutabri, Tata. 2016. Sistem Informasi Manajement (Edisi Revisi). Yogyakarta: ANDI.

Tohari, Hamim. 2014. Astah-Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta. ANDI.

Anwar, Saipul, dkk. Perancangan Sistem Informasi Data Trip Lintasan Perhari Cabang Merak dan Laporan ASDP Berbasis Web Pada PT. Jemla Ferry. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 2016, 49-71.

Dyantina Ovi, dkk. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi pada system informasi pemasaran ditokoh Yen-Yen). Jurnal Sistem Informasi (JSI). Okotober 2012, Halaman 16-529. VOL. 4, NO. 2.

Iriandini Anggita Putri, dkk. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada Pelanggan. PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi.Yogyakarta: ANDI.

Madcoms. 2016. Sukses Membangun Toko Online dengan PHP & MySQL. Yogyakarta. ANDI

Maryama Siti. Penerapan Ecommerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha . Jurnal Liquidity. Januari-Juni 2013. Vol.2, No.1.

Maulana Shabur Miftah, dan Riyadi Heru Susilo. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Desember 2015. Vol.29 No.1.

Montana Sugiarto, dan Noor Muwasiq Mochamad. Pengembangan Customer Relationship Management Berbasis Sistem E-Ccommerce.

Rezeki Rara Artati, dkk. Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan Pada “Distro Smith” Berbasis Ecommerce. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. Juli 2011 : 150159. Volume 16, No.1.

Rosadi Dadi H, dan Lokayati Dewi. Sistem Informasi Aset Berorientasi Objek (Studi Kasus di STMIK Mardira Indonesia). Jurnal Computech & Bisnis. Desember 2007, 119-126. Vol. 1, No. 2.

Rumanta, Perancangan Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan Pada Oka Putra Motor Pacitan. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA 2013.

Widiastuti Indah. Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer. Bhirawa. Vol. 2. No. 2 edisi Desember 2015 ISSN 2337 - 523X 34.

Wirasta Wendi, Febriansyah Imam. Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Alat-Alat Pesta Berbasis Web DiNarda Pesta. Jurnal LPKIA, Oktober 2014. Vol.1 No.1.


Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF - 824 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.