PENERAPAN METODE MULTI ATTRIBUTE UTILITY THEORY PADA PEMILIHAN METODE PENGAJARAN TERBAIK

  • Futri Handayani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran
  • Putri Indah Sari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran
  • Mardiah Mardiah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran
  • Rahmadani Rahmadani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal Kisaran

Abstract

Abstract: Choosing the best teaching method for Kindergarten (TK) is crucial to achieving optimal educational goals. The main findings of the study affirm that role-playing is the best choice for teaching in Kindergarten based on relevant evaluation criteria. The research employed the Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) to assess various teaching methods. Role-playing was rated with the highest MAUT score of 0.8, considered effective, efficient, enjoyable, and supportive of optimal student development at this educational level. Recommendations are given to TK teachers to use role-playing as the primary approach in their teaching practices.   

Keywords: Best teaching method; Decision Support System; Multi-Attribute Utility Theory method

Abstrak: Memilih metode pengajaran Taman Kanak-Kanak (TK) yang terbaik sangatlah penting untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Hasil utama penelitian menegaskan bahwa metode bermain peran merupakan pilihan terbaik untuk pengajaran di Taman Kanak-Kanak berdasarkan evaluasi kriteria yang relevan. Penelitian menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) untuk menilai berbagai metode pengajaran. Metode bermain peran dinilai memiliki nilai MAUT tertinggi dengan skor 0,8. Karena dianggap efektif, efisien, menyenangkan, dan mendukung perkembangan siswa secara optimal di tingkat pendidikan ini. Rekomendasi diberikan kepada guru-guru TK untuk menggunakan metode bermain peran sebagai pendekatan utama dalam pengajaran mereka.

Kata kunci: Metode pengajaran terbaik; Sistem Pendukung Keputusan; Metode Maut

References

B. Nafiza, N. N. Hasibuan, M. Salsabila, M. T. Efendi, and A. F. Daulai, “Kerjasama Antara Keluarga Dengan Sekolah Dalam Pendidikan Anak Di Tkq Al-Ihsan,†Khazanah Pendidik., vol. 18, no. 1, p. 81, 2024, doi: 10.30595/jkp.v18i1.20531.

W. A. Pratiwi, I. Prasetyo, and M. N. Shabrina, “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak,†J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1741–1753, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.970.

M. M. Jannah and H. Rasyid, “Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini,†J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 197–210, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3800.

R. F. Yani and S. Hartati, “Tantangan Guru Dan Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah ( BDR ) Pada Masa Pandemi Di Taman Kanak-Kanak Ruhama ’ Kelurahan Cupak Tangah,†vol. 6, no. 01, pp. 231–239, 2022.

B. Zaman, M. Pd, and H. C. Eliyawati, “Media Pembelajaran Anak Usia Dini,†Media Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, p. 34, 2010, [Online]. Available: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

M. Debora Sinambela, P. Studi Sistem Informasi, and S. A. Tunas Bangsa Pematangsiantar Jln Jendral Sudirman Blok No, “Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory Pada Peserta Didik Penerimaan Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini,†no. September, pp. 564–572, 2019.

G. Ikram Albari and I. Zulkarnain, “Pemilihan Waiter Yang Layak Diangkat Menjadi Captain Waiter Dengan Metode MAUT STMIK Triguna Dharma **Program Studi Sistem Komputer, STMIK Triguna Dharma ***Program Studi Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma,†J. CyberTech, vol. 3, no. 4, pp. 692–704, 2020, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

W. Saputra, S. A. Wardana, H. Wahyuda, and D. A. Megawaty, “Penerapan Kombinasi Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) dan Rank Sum Dalam Pemilihan Siswa Terbaik,†J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci. (ITSECS, vol. 2, no. 1, pp. 12–21, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.58602/itsecs.v2i1.89

L. Lamalewa and L. Sumaryanti, “Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) dalam Memberikan Rekomendasi Pemenang Lomba MTQ,†JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 32–41, 2021, doi: 10.19109/jusifo.v7i1.8450.

A. I. Abdurrahman, B. Yuwono, and Y. Fauziah, “Penerapan Metode Multi Attribute Utility Theory (Maut) Dalam Pemetaan Tingkat Dampak Bencana Banjir Di Kabupaten Bantul,†Telematika, vol. 17, no. 1, p. 26, 2020, doi: 10.31315/telematika.v17i1.3402.

Anggraeni, D., Rizaldi, R., Nasution, A., & Kholiq, A. (2024, April). Implementation of data mining to predict student graduation using C4. 5 algorithm method. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3024, No. 1). AIP Publishing.

Published
2024-06-29
Section
Articles