IMPLEMENTASI CRM UNTUK MEMAJUKAN USAHA PERCETAKAN FOTO PADA HD PHOTO

Muhammad Hasbi, Adi Prijuna Lubis, Sudarmin Sudarmin

Abstract


Abstract: Rapid technological developments require humans to always interact with information technology such as the internet and play an important role in business operations. Customer satisfaction is crucial in a competitive industry with significant differences in customer loyalty. CRM is used as a means to establish ongoing relationships between companies and customers, enabling companies to understand customer needs and preferences throughout the marketing, sales and post-sales service processes. This research focuses on implementing Customer Relationship Management (CRM) through a website to increase customer satisfaction at HD PHOTO, a photo printing business in Tanjungbalai, North Sumatra. Even though HD PHOTO tries to increase customer loyalty and attract new customers, the company faces obstacles in its business processes. Manual transaction recording and sales made manually cause sales reporting errors. Customers who are far from the company location face inefficiencies in time and in promotion and marketing due to the absence of a company website for product information. This research aims to implement CRM to evaluate its impact on customer satisfaction at HD PHOTO. The proposed solution involves building a website using PHP and MySQL programming languages to increase sales and overall customer satisfaction at HD PHOTO.

           
Keywords: CRM, HD Photo, PHP

 

Abstrak: Perkembangan teknologi yang pesat menuntut manusia untuk selalu berinteraksi dengan Keberadaan teknologi informasi  seperti internet dan memainkan peran penting dalam operasional bisnis. Kepuasan pelanggan menjadi krusial dalam industri yang kompetitif dengan perbedaan signifikan dalam loyalitas pelanggan. CRM digunakan sebagai sarana untuk menjalin hubungan berkelanjutan antara perusahaan dan pelanggan, memungkinkan perusahaan memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan sepanjang proses pemasaran, penjualan, dan layanan pasca penjualan.  Penelitian ini fokus pada implementasi Customer Relationship Management (CRM) melalui sebuah website untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di HD PHOTO, sebuah usaha percetakan foto di Tanjungbalai, Sumatra Utara. Meskipun HD PHOTO berusaha meningkatkan loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru, perusahaan menghadapi kendala dalam proses bisnisnya. Pencatatan transaksi manual dan penjualan yang dilakukan secara manual menyebabkan kesalahan pelaporan penjualan. Pelanggan yang berada jauh dari lokasi perusahaan menghadapi ketidakefisienan waktu dan dalam promosi dan pemasaran karena ketiadaan website perusahaan untuk informasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan CRM guna mengevaluasi dampaknya terhadap kepuasan pelanggan di HD PHOTO. Solusi yang diusulkan melibatkan pembangunan website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan di HD PHOTO.

 

Kata kunci: CRM, HD Photo,PHP


Full Text:

PDF

References


Y. Irawan, “Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019, doi: 10.31539/intecoms.v2i1.629..

N. Ningsih, S. Suharyono, and E. Yulianto, “Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan PT Astra Internasional, Tbk-TSO AUTO2000 Cabang Denpasar),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 30, no. 1, pp. 171–177, 2018.

A. A. Rahman, A. Supaidi, I. Aslamiah, and A. Ibrahim, “Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pelayanan Pelanggan (Corporate) Divisi Bges Pada Pt Telkom Witel Sumsel,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 1, pp. 72–78, 2018, doi: 10.21009/jrmsi.009.1.05..

Y. A. Mandolang, F. Daicy Lengkong, and S. Dengo, “Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan,” J. Adm. Publik, vol. 5, no. 79, pp. 1–8, 2019

S. A. Erfariani and E. D. Susanti, “Penerapan Strategi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi kasus Pada Nissi Furniture Surabaya),” J. Revolusi Idonesia, vol. 1, no. 5, pp. 411–429, 2021, [Online]. Available: www.journal.uta45jakarta.ac.id

F. O. Nugraha and W. Witanti, “PEMBANGUNAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PT.CENTRAL GEORGETTE NUSANTARA,” Polsri, pp. 153–160, 2017




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v2i3.3052

Article Metrics

Abstract view : 111 times
PDF - 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.