PREDIKSI POLA TATA LETAK PRODUK UNTUK STRATEGI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Muhammad Al Amri, Nurwati Nurwati, Muthia Dewi

Abstract


Abstract: Data mining is a term used to describe the discovery of knowledge in databases. Data mining is a process that uses statistical techniques, mathematics, artificial intelligence, and maching learning to extract and identify useful information and related knowledge from large databases. One of the data mining methods is the association rule by analyzing a sales transaction at the 212 mart latsitarda Kisaran store. Sales transaction analysis aims to design a sales strategy. To design an effective sales or marketing strategy. In addition, the use of this analytical technique can also find changing patterns of products that are often purchased together or products that tend to appear together in a transaction from transaction data which are generally large in size. Store 212 mart latsitarda Kisaran can then use this pattern to place frequently purchased products into a contiguous area. Designing product displays in catalogs, designing product package sales, and so on using data mining concepts (a priori algorithm approach) so that they can analyze buyer behavior.

 

Keywords: Data Mining; Product Layout Pattern; Apriori Algorithm

 

 

Abstrak: Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk memguraikan penemuan pengetahuan didalam database. Data Mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, dan maching learning untuk mengestraksi dan mengindentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai database besar. Salah satu metode data mining adalah aturan asosiasi dengan melakukan analisis suatu transaksi penjualan pada toko 212 mart latsitarda Kisaran. Analisis transaksi penjualan bertujuan untuk merancang strategi penjualan. Untuk merancang strategi penjualan atau pemasaran yang efektif. Selain itu, penggunaaan teknik analisis ini juga dapat menemukan pola berubah produk-produk yang sering dibeli bersamaan atau produk yang cenderung muncul bersaama dalam sebuah transaksi dari data transaksi yang pada umumnya berukuran besar. Toko 212 mart latsitarda Kisaran lalu dapat menggunakan pola ini untuk menempatkan produk yang sering dibeli kedalam sebuah area yang berdekatan. Merancang tampilan produk di katalok, merancang penjualan paket produk, dan sebagainya dengan menggunakan konsep data mining (pendekatan algoritma apriori) sehingga dapat menganalisis prilaku pembeli.

 

Kata kunci: Data Mining; Pola Tata Letak Produk; Algoritma Apriori


Full Text:

PDF

References


N. Lestari, “Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan,” Edik Inform., vol. 3, no. 2, pp. 103–114, 2017, doi: 10.22202/ei.2017.v3i2.1540.

M. Badrul, “Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan,” None, vol. 12, no. 2, pp. 121–129, 2016.

N. A. Hasibuan et al., “Implementasi Data Mining Untuk Pengaturan Layout,” vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.41.

S. B. Efori Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ) Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),” J. Tek. Inform., vol. 4, no. August 2013, pp. 71–83, 2017.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i2.1168

Article Metrics

Abstract view : 525 times
PDF - 346 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.