PENCARIAN AGEN HNI-HPAI TERDEKAT WILAYAH KISARAN MENGGUNAKAN METODE HAVERSINE

Bagus Lesmana, Havid Syafwan, Afdhal Syafnur

Abstract


Abstract: HNI-HPAI is a network of halal-based companies in Indonesia that sell herbal products. HPAI has a variety of products, such as herbal medicine products for health, household products, and others. On the other hand, HPAI also has a certificate issued by the National Syari'ah Council- MUI which has complied with sharia principles in meeting the needs of the community, which currently pays attention not only top quality but also to its halalness. This study discusses the search for HNI-HPAI agents in Kisaran City who have difficulty finding the location of these agents, especially for people outside the Kisaran Area and buyers who do not know the location and the closest route for existing HNI-HPAI agents. in the Range Region. The results of this study are a web-based Geographic Information System for searching the nearest HNI-HPAI agent in the Kisaran area using the haversine method.

 

Keywords: Geographical Information System; HNI-HPAI; Nearest Route Search; Haversine Method

 

 

Abstrak: HNI-HPAI merupakan jaringan perusahaan berbasis halal di Indonesia yang menjual produk-produk herbal. HPAI mempunyai berbagai macam produk, seperti produk obat-obatan herbal untuk kesehatan, produk kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain. Disisi lain HPAI juga sudah memiliki sertifikat yang dikeluarkan Dewan Syari’ah Nasional-MUI dimana sudah memenuhi prinsip syari’ah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang saat ini tidak hanya memperhatikan kualitasnya saja, tetapi juga kehalalannya. Penelitian ini membahas mengenai pencarian agen-agen HNI-HPAI yang ada di Kota Kisaran yang memiliki masalah sulitnya dalam menemukan lokasi agen-agen tersebut khususnya bagi masyarakat yang ada di luar Wilayah Kisaran serta pembeli tidak tahu lokasi serta rute terdekat agen HNI-HPAI yang ada di Wilayah Kisaran. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Geografis pencarian agen HNI-HPAI terdekat Wilayah Kisaran berbasis web menggunakan metode haversine.

 

Kata kunci: Sistem Informasi Geografis; HNI-HPAI; Pencarian Rute Terdekat; Metode Haversine


Full Text:

PDF

References


B. Saragih, MM., “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Manaj. Bisnis Krisnadwipayana, vol. 6, no. 3, 2018, doi: 10.35137/jmbk.v6i3.220.

W. Ambarwati and Y. Johan, “Sejarah Dan Perkembangan Ilmu Pemetaan,” J. Enggano, vol. 1, no. 2, pp. 80–82, 2016, doi: 10.31186/jenggano.1.2.80-82.

S. Bagian, J. Kejahatan, and K. B. Android, “Kriminalitas Pada Ditreskrimum Polda.”

Y. Yulianto, R. Ramadiani, and A. H. Kridalaksana, “Penerapan Formula Haversine Pada Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Terdekat Lokasi Lapangan Futsal,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 14, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i1.1027.

S. N. Anwar, I. Nugroho, and E. Supriyanto, “Model Rute dan Peta Interaktif Posyandu di Kota Semarang Menggunakan Geolocation dan Haversine Berbasis Mobile Android,” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. UNISBANK, vol. 20, no. 1, pp. 978–979, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i2.1162

Article Metrics

Abstract view : 1315 times
PDF - 343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.