PENERAPAN E-CRM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH JAMUR SILAU LAUT

Mugi Kasih Lestari, Bachtiar Efendi, Endra Saputra

Abstract


Abstract:Silau LautMushroom House is a medium-sized enterprise located in the Silau Laut sub- district. Engaged in sales, Silau LautMushroom House provides fresh oyster mushrooms in various packaging sizes. So far, Silau LautMushroom House still uses a manual system in managing sales and purchasing data. Buyers still have trouble knowing the available mushroom stocks. Along with the times, Silau LautMushroom House wants its business to grow and be able to beat its competitors by using one of the customer-oriented business strategies or what is known as CRM (Customer Relationship Management) so that it can introduce Silau LautMushroom House to all people in the community to expand its reach. marketing with the aim of increasing sales and providing maximum service to customers.

 

Keywords: CRM; Oyster Mushroom; Sublime Text 3; PHP and MySQL.

 

Abstrak:Rumah Jamur Silau Laut merupakan sebuah usaha menengah yang terletak di kecamatan Silau Laut. Bergerak di bidang penjualan, Rumah Jamur Silau Laut menyediakan jamur tiram segar dalam berbagai ukuran kemasan. Selama ini Rumah Jamur Silau Laut masih menggunakan sistem manual dalam mengelola data penjualan dan data pembelian. Pembeli masih kesulitan mengetahui stok jamur yang tersedia. Seiring perkembangan zaman Rumah Jamur Silau Laut ingin bisnisnya berkembang dan dapat mengalahkan pesaing-pesaingnya dengan menggunakan salah satu strategi bisnis yang berorientasi pada pelanggan atau disebut dengan istilah CRM (Customer Relationship Management) sehingga dapat memperkenalkan Rumah Jamur Silau Laut kepada semua kalangan masyarakat untuk memperluas jangkauan pemasaran dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan serta memberikan pelayanan kepada pelanggan secara maksimal.

 

Kata kunci : CRM; Jamur Tiram; Sublime Text 3; PHP dan MySQL

 


Full Text:

PDF

References


I. A. K. MARINI, I. A. NOPIARI, and I. B. EKA ARTIKA, “Analisis Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Pada Usaha Dagang Kenanga Di Kecamatan Ampenan Kota Mataram,” Ganec Swara, vol. 13, no. 2, p. 375, 2019, doi: 10.35327/gara.v13i2.105.

U. Modul, K. Dan, K. Kerja, C. Pada, P. Low, and B. Pain, “Desain Sistem Informasi,” vol. 2008, no. Snati, pp. 67–73, 2008.

Y. O. Rahmawati, A. Kusniawati, and I. Setiawan, “Customer reationship managemet dan,” vol. 1, pp. 102–115, 2019.

A. Dwikanthi and H. Irawan, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Guna Meningkatkan Loyalitas Pasien Rumah Sakit,” J. Komputasi, vol. 7, no. 2, pp. 88–105, 2019, doi: 10.23960/komputasi.v7i2.2428.

I. P. A. E. Pratama, No Title. bandung: informatika, 2019.

P. Soepomo, “Membangun Aplikasi Autogenerate Script ke Flowchart untuk Mendukung Business Process Reengineering,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 448–456, 2013, doi: 10.12928/jstie.v1i2.2555.




DOI: https://doi.org/10.33330/jutsi.v1i1.1028

Article Metrics

Abstract view : 635 times
PDF - 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 


Copyright © LPPM STMIK ROYAL

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.