E-LEARNING DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KRIPTOGRAFI

M Syaifuddin, Juniar Hutagalung, Ganefri Ganefri

Abstract


Abstract: Cryptography is an important subject to study because it contains data security. In this course, there are algorithms where each algorithm has a different level of calculation process from one another. Testing has been done several times in the form of training on students and some of them still make mistakes in getting the results of the encryption and decryption process. These errors are caused by a lack of understanding of algorithms and calculations in cryptography. In cryptography, the accuracy of the calculation results is a top priority, because if one does the calculation which is called the encryption and decryption process it will result in an incorrect message/information. To anticipate these errors, this cryptography learning is assisted by a tool called crypTool. This tool is a companion in carrying out the encryption and decryption process to avoid errors in the calculation process.

           
Keywords: Cryptography; E-Learning

 

 

Abstrak: Kriptografi merupakan salah satu matakuliah yang penting untuk dipelajari, karena didalamnya memuat materi pengamanan data. Dalam matakuliah tersebut terdapat algoritma- algoritma dimana setiap algortima memiliki tingkat proses perhitungan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Telah dilakukan beberapa kali pengujian dalam bentuk latihan terhadap mahasiswa dan dari sebagian dari mereka masih melakukan kesalahan dalam mendapatkan hasil proses enkripsi dan dekripsi. Kesalahan tersebut diakibatkan oleh kuranganya memahami algoritma dan perhitungan dalam kriptografi. Dalam kriptografi keakuratan hasil perhitungan menjadi prioritas utama, karena apabila salah dalam melakukan perhitungan yang disebut dengan proses enkripsi dan dekripsi maka akan menghasilkan sebuah pesan/informasi yang salah. Guna mengantisipasi kesalahan tersebut maka pembelajaran kriptografi ini dibantu dengan sebuah tools yang bernama cryptool. Tool ini bersifat pendamping dalam melakukan proses enkripsi dan dekripsi dengan maksud menghindari kesalahan didalam melakukan proses perhitungannya.

 

Kata kunci: E-Learning; Kriptografi


Full Text:

PDF

References


H. Ibda, “Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0,” J. Res. Thought Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–21, 2018, doi: 10.24260/jrtie.v1i1.1064.

Y. Kristanti, S. Subiki, and R. Handayani, “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Di SMA,” J. Pembelajaran Fis. Univ. Jember, vol. 5, no. 2, p. 116319, 2016.

M. A. Kurniawan, A. Miftahillah, and N. M. Nasihah, “Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 1–11, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i1.

I. wayan Santyasa, “Student centered learning : Alternatif pembelajaran inovatif abad 21 untuk menyiapkan guru profesional,” Pros. Semin. Nas. Quantum, vol. 25, pp. xix–xxxii, 2018.

I. Emaliana, “Teacher-centered or Student-centered Learning Approach to Promote Learning ?,” J. Sos. Hum., vol. 10, pp. 59–70, 2017

R. D. Prayogi and R. Estetika, “Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan,” J. Manaj. Pendidik., vol. 14, no. 2, pp. 144–151, 2019,

R. Akbar, Z. Arifin, ) Dyna, and M. Khairina, “Rancang Bangun Multifile Locker Application Menggunakan Metode Data Encryption Standard,” J. Inform. Mulawarman, vol. 9, no. 2, 2014.

U. M. K. Abdullah and A. Azis, “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam,” J. Penelit. Pendidik. Islam, vol. 7, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.36667/jppi.v7i1.355.

“pembelajaran efektif 2,” KONSEP DAN Indik. PEMBELAJARAN Ef., vol. 1, p. 2, 2018,

P. Sonang Siregar, L. Wardani, R. Genesa Hatika, S. Rokania, and U. Pasir Pengaraian, “PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 010 RAMBAH,” J. Pemikir. dan Pengemb. SD, vol. 5, no. 2, 2017.

M. S. M. Rahmi, M. A. Budiman, and A. Widyaningrum, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 2, p. 178, 2019,

S. R. Nurhalimah, S. Suhartono, and U. Cahyana, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,” JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017

L. Choirun Nisa, “PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH STATISTICS MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FAKULTAS TARBIYAH IAIN WALISONGO,” 2012.

O. Dakhi, M. Masril, R. Novalinda, J. Jufrinaldi, and A. Ambiyar, “Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Cipher,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 1, pp. 27–36, 2020

Y. Efrand, Asnawati, “Aplikasi Kriptografi Pesan Menggunakan Algoritma Vigenere Cipher,” J. Media Infotama, vol. 10, no. 2, pp. 120–128, 2014.

S. T. C. Kurniawan, D. Dedih, and S. Supriyadi, “Implementasi Kriptografi Algoritma Rivest Shamir Adleman dengan Playfair Cipher pada Pesan Teks Berbasis Android,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 102, 2018

A. Halimatusadiah, U. Sunan, and G. Djati Bandung, “IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI METODE CAESAR CHIPER PADA CHATING.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i2.914

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.