ANALISIS TINGKAT OBJEKTIFITAS PENGISIAN EDOM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DOSEN

Susi Erlinda, M. Khairul Anam, Torkis Nasution, Ambiyar Ambiyar, Dedy Irfan

Abstract


Abstract: Student objectivity in filling out E-EDOM is very necessary, the results of data analysis become the basis for the leadership in making decisions for learning strategies. Previous research has proven that the E-EDOM filling done by students is not objective. Efforts should be made so that students can fill it in seriously. This study aims to determine strategies that can be applied so that students can fill out the E-EDOM very objectively. Starting with analyzing and collecting data through a questionnaire. The Delon and Mclean model is used as a basis for creating questions in the questionnaire and processing the questionnaire data. The data collection technique used a simple random sampling method, with a population of 121 students from Amik Riau STMIK who were active in the 2019-2020 school year. Before processing, the data is tested for validity and reliability. After testing the validity and reliability, then testing the hypothesis to determine the relationship between variables in the Delon and Mc Lean success model. The results showed that each variable showed the effect of a positive relationship that was fully accepted with a value of 0.000. This means that all the variables used in this study are related to one another. Even so, it is necessary to implement several strategies that must be done in an effort to fill out E-EDOM which is very objective by students.

 

Keywords: e-edom, delon and mclean models, objectivity, students.

 

Abstrak: Objektifitas mahasiswa dalam mengisi E-EDOM sangat diperlukan, karena hasilnya akan dijadikan dasar oleh pimpinan dalam mengambil keputusan untuk masalah pembelajaran. Berdasarkan penelitian sebelumnya pengisian E-EDOM yang dilakukan mahasiswa masih banyak yang belum mengisinya dengan sangat objektif. Perlu dilakukan upaya agar mahasiswa dapat mengisinya dengan sunggun-sungguh.  Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi yang dapat diterapkan supaya mahasiswa dapat mengisi E-EDOM dengan sangat objektif. Diawali dengan melakukan analisa dan pengumpulan data melalui kuisioner. Model Delon and Mclean digunakan sebagai dasar untuk membuat pertanyaan dalam kuisioner dan melakukan pengolahan data kuesioner tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan metoda sampling simple random, dengan populasi mahasiswa STMIK Amik Riau yang  aktif pada tahun ajaran 2019-2020 sejumlah 121 orang mahasiswa. Sebelum dilakukan pengolahan, terlebih dahulu data-data tersebut dilakukan uji validitas dan reability. Setelah dilakukan uji validitas dan reability, selanjutnya melakukan uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antar variable yang ada pada model Delon and Mc Lean success. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap variable menunjukkan pengaruh hubungan positif dapat diterima seluruhnya dengan nilai 0.000. Artinya semua variable yang digunakan pada penelitian ini memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya. Walaupun demikian perlu diterapkan beberapa strategi yang harus dilakukan dalam upaya pengisian E-EDOM yang sangat objektif oleh mahasiswa.

 

Kata kunci: e-edom, delon and mclean model, mahasiswa, objektifitas.


Full Text:

PDF

References


A. Fitriana, “Pengaruh Kualitas Pembelajaran Dosen Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa,” Ensains J., vol. 1, no. 2, pp. 112–117, 2018.

T. W. Sukiyaningsih, “Studi Dimensi Pengetahuan Dan Kualitas Sistem : Pendekatan D & M Is Success Model ( Studi Penggunaan e-SPT Orang Pribadi Pada KPP Kebon Jeruk Satu Jakarta Barat ),” J. Ekon. Vokasi, vol. 3, no. 1, 2020.

P. H. Saputro, D. Budiyanto, and J. Santoso, “Model Delone and Mclean Untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan,” Sci. J. Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2016.

J. M. Hudin and D. Riana, “Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone & Mclean Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Accurate Di Kota Sukabumi,” J. Sist. Inf., vol. 12, no. 1, p. 1, 2016.

F. R. Rumambi, S. Robo, and C. Amalia, “Identifikasi Dampak Penggunaan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Hot-Fit Model 2006,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 216, 2020.

D. Megawati, “Analisis perbandingan persepsi penggunaan E-EDOM antara dosen dan mahasiswa,” STMIK Amik Riau, 2016.

I. Ernawati and T. Sukardiyono, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, p. 204, 2017.

adminspssstatistik, “cara membaca dan mencari r tabel product moment,” http://www.spssstatistik.com/, 2016. [Online]. Available: http://www.spssstatistik.com/cara-membaca-dan-mencari-r-tabel-product-moment/. [Accessed: 07-Jul-2020].

C. V. Bertan, A. K. T. Dundu, and R. J. M. Mandagi, “Pengaruh Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Tenaga kerja) Terhadap Hasil Pekerjaan (Studi Kasus Perumahan Taman Mapanget Raya (Tamara),” Sipil Statik, vol. 4, no. 1, pp. 13–20, 2016.

S. Raharjo, “Cara Melakukan Uji t Parsial dalam Analisis Regresi dengan SPSS,” https://www.spssindonesia.com/, 2014. [Online]. Available: https://www.spssindonesia.com/2014/02/cara-mudah-melakukan-uji-t-dengan-spss.html. [Accessed: 17-Aug-2020].




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i1.881

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.