PENERAPAN E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DAN PEMASARAN PRODUK PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DALA PERSAINGAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI

  • afdhal Syafnur STMIK Royal
  • Khairil Anwar STMIK Royal

Abstract

Dengan pemanfaatan teknologi,industri rumah tangga yang kecil dapat berkembang ke dalam bentuk usaha yang lebih luas lagi seperti usaha kerupuk kulit ini. Kerupuk kulit merupakan usaha yang berkembang cukup baik di kabupaten asahan. Selain itu usaha kerupuk kulit di Asahan sangat beragam, tidak hanya berbahan dari hewan namun juga tumbuhan. Kualitas kerupuknya sangat baik sehingga kerupuk tersebut memiliki pemasaran yang bagus di daerah asahan dan sekitarnya. Oleh karena itu semakin hari permintaan akan kerupuk kulit semakin bertambah. Hal tersebut mengakibatkan rantai pasokan antara pemasok bahan baku terhadap produsen dan pasokan hasil produk pada konsumen menjadi tidak seimbang. Untuk mengatasi hal tersebut produsen kerupuk kulit, khususnya Usaha Kerupuk kulit bunda menggunakan sistem informasi dalam pengolahan rantai pasokan bahan baku danpemasaran produk kerupuk kulit. Salah satu cara yang digunakan adalah E-Supply Chain Manajemen, dimana rantai pasokan baku diatur dan di kontrol sedemikian rupa mulai dari pemasok bahan baku (supplier) ke produsen serta pemasaran produk jadi kepada konsumen.Sehingga dengan adanya E- Supply Chain Manajemen produktivitas hasil industri rumah tangga dapat di kontrol mulai dari pemasokan bahan baku sampai pada proses penjualan kepada konsumen

References

A.Widyarto. 2012. Peran Supply Chain Management dalam sistem produksi dan operasi perusahan.Jurnal Management dan bisnis, Vol. 16, No.2. http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/viewFile/1315/531. (Diakses pada tanggal 18 Juni 2017).

Ardoni.2005.Teknologi Informas kesiapan pustakawan memangaatkannya.Jurnal studi perpustakaan dan informasi,Vol.1, No.2. http://eprints.rclis.org/9347/1/Ardoni-Pustahades2005-05.pdf. (Diakses pada tanggal 17 Juni 2017).

Richardus,Djokopranoto. 2013. Konsep management suply chain . Diakses 17 Juni 2017, dari digilib.unila.ac.id/178/16/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf.

Syafnur, A., Nofitri, R., & Sulastri, W. (2014). E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT UNTUK MEMAJUKAN USAHA KECIL MENENGAH DALAM STRATEGI PERSAINGAN BISNIS. JURTEKSI Royal, 1.

Teddy dan Sarip. 2012.Implementasi sistem supply chian managenent (SCM) pada PT.Carrefour Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, Vol.5, No.1. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31471/1/Teddy%20Dwiyangt ri%20P%20dkk.pdf. (Diakses pada tanggal 17 Juni 2017).

Zainal A.Hasibuan. 2007.Metodologi penelitian pada bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Diakses 17 Juni 2017,dari://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/buku_metode_penelitian_pada_bidang_ikom_ti_(zainal_a_hasibuan).pdf

Published
2018-06-13
How to Cite
Syafnur, afdhal, & Anwar, K. (2018). PENERAPAN E-SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DAN PEMASARAN PRODUK PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DALA PERSAINGAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI. JURTEKSI (jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 4(2), 185 - 190. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v4i2.55
Section
Articles