PENERAPAN METODE TREND MOMENT DALAM FORECASTING PENJUALAN PRODUK CV. RABBANI ASYISA

Icha Yulian, Dini Sri Anggraeni, Qurrotul Aini

Abstract


Abstract: Forecasting sales is one of the challenges in CV. Rabbani Asyisa. This company getting a buildup of product in inventory that makes the company need sales forecasting to avoid the excess of products. Forecasting needs to be followed by measurement of the forecast error rate to determine the accuracy of the prediction forecasting. In this study, the measurement of the forecasting error level in the trend moment method and season index. The study took the data sample from the period of August 2019 to November 2019. The results of error measurement using the trend moment method the value of Mean Absolute Percentage Error (MAPE) is 0.47% and measurements with the influence of the season index the value of Mean Value Absolute Percentage Error (MAPE) is 0.45%.

           
Keywords: Forecasting; Rabbani; Trend Moment

 

 

Abstrak: Melakukan peramalaan penjualan menjadi salah satu tantangan pada CV. Rabbani Asyisa. Perusahaan ini mengalami penumpukan barang pada inventory yang membuat perusahaan membutuhkan peramalan penjualan agar tidak terjadi kelebihan barang. Melakukan peramalan penjualan perlu diikuti dengan pengukuran tingkat kesalahan untuk mengetahui tingat akurasi prediksi dari peramalannya. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran tingkat kesalahan peramalan dalam metode trend moment dan indeks musim. Penelitian mengambil sampel data kerudung mulai dari periode Agustus 2019 sampai November 2019. Hasil pengukuran kesalahan dengan metode trend moment nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) adalah 0.47% dan pengukuran dengan pengaruh indeks musim nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) adalah 0.45%.

 

Kata kunci: Peramalan; Rabbani; Trend Moment,


Full Text:

PDF

References


Rahmawati Yayu Ningsih, “Rabbani Profesor Kerudung Indonesia Full,” 2018.

E. Purnomo, A. Najib, and Y. Nyura, “Penerapan Metode Trend Moment Untuk Forecast Penjualan Barang di Indomaret,” Pros. Semin. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 98–102, 2018.

I. Turmuzdi and A. C. Murti, “Implementation of Trend Moment Method for Goods Stock Control,” Transformtika, vol. 16, no. 2, pp. 182–189, 2019,

B. P. Candra, Kusrini, and H. A. Fatta, “Implementation of Trend Moment Method for Stock Prediction as Supporting Production,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1140, no. 1, pp. 1–8, 2018,

Jasasila, “Analisis Permalan (Forecast) Penjualan Sepeda Motor Honda Pada Dealer Cahaya Motor Indah Muara Tembesi,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 57–65, 2018,

R. E. S. Mhd. Ridwansyah, Fhery Agustin, “Aplikasi E-Commerce Produk Kecantikan Import Dilengkapi Dengan Sistem Informasi Sales Forecasting Menggunakan Metode Trend Moment Pada PT. Ouzen Anugerah Indonesia,” IT J., vol. 6, no. 1, pp. 36–45, 2018,

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, “Sistem Peramalan Jumlah Penjualan Menggunakan Metode Moving Average Pada Rumah Jilbab Zaky,” J. inovtek polbeng - seri Inform., vol. 2, no. 1, pp. 18–25, 2017,

A. Nasution, “Metode Weighted Moving Average Dalam M-Forecasting,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. V, no. 2, pp. 119–124, 2019,

Poernomo et al., “Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Produksi Air Minum Menggunakan Metode Trend Moment,” J. Simetris, vol. 6, no. 2, pp. 337–344, 2015,

W. Handoko, “Prediksi Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Metode Single Exponential Smoothing (Studi Kasus : Amik Royal Kisaran),” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. V, no. 2, pp. 125–132, 2019,

S. A. Paruntu and I. D. Palandeng, “Analisis Ramalan Penjualan Dan Persediaan Produk Sepeda Motor Suzuki Pada Pt Sinar Galesong Mandiri Malalayang,” J. EMBA, vol. 6, no. 4, pp. 2828–2837, 2018,:

I. Wahyudi, “Penerapan Metode Trend Moment Untuk Peramalan Penjualan Sepatu Dan Sandal Pada Toko Batt,” Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 4–13, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v6i2.443

Article Metrics

Abstract view : 5529 times
PDF - 6725 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.