IMPLEMENTATION OF THE USE E-CRM IN IMPROVING OPERATIONAL EFFICIENCY AND PROFITABILITY AT GALLERYPARFUME WEB-BASED

Bella Syahillah, Novica Irawati, Muthia Dewi

Abstract


Abstract: Gallery Parfume Shop is a business engaged in cosmetics located on Jalan Merdeka, Simpang Empat, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara, North Sumatra. In the procedures and management of sales management at Gallery Parfume is still done manually, the reports are still recorded in notes the impact of this is that Gallery Parfume has difficulty in evaluating their sales performance, identifying market trends, and planning effective sales strategies and also difficulty building loyalty. Therefore, a system is needed, by implementing E-CRM at Gallery Parfume can get new customers, improve customer relationships, and retain customers, which will ultimately create customer loyalty and to measure the increase in profitability resulting from the use of E-CRM into a web-based application so that it will later facilitate increasing sales, customer loyalty, and saving operational costs. The method used to collect and analyze this research data is a qualitative method. It is expected that through this web application it can also build a database to make it easier for Gallery Parfume to search for data and reports.

Keywords: consumers; e-crm; stores

 

Abstrak: Toko Gallery Parfume merupakan usaha yang bergerak dibidang kosmetik yang berada dijalan Merdeka, Simpang Empat, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara. Dalam prosedur dan manajemen pengelolaan penjualan di Gallery Parfume masih dilakukan secara manual, laporan nya masih tercatat  di notes dampak dari hal tersebut gallery Parfume kesulitan dalam mengevaluasi kinerja penjualan mereka, mengidentifikasi tren pasar, dan merencanakan strategi penjualan yang efektif  juga kesulitan membangun loyalitas. Maka dengan hal itu diperlukan sebuah sistem, dengan menerapkan E-CRM di Gallery Parfume dapat memperoleh pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan, yang pada akhirnya akan terciptanya loyalitas pelanggan dan untuk mengukur peningkatan profitabilitas yang dihasilkan dari penggunaan E-CRM kedalam bentuk aplikasi berbasis web agar nantinya memudahkan dalam peningkatan penjualan, loyalitas pelanggan, dan penghematan biaya operasional. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data penelitian ini dengan metode kualitatif. Diharapankan melalui aplikasi web ini juga dapat membangun database guna memudahkan Gallery Parfume dalam mencari data dan laporan.

Kata Kunci: e-crm; konsumen; toko


Full Text:

PDF

References


A. Maulidia, Irianto, and F. Dristyan, “Implementasi E-CRMPada CSBeauty Studio Untuk Meningkatkan Loyalitas dan Menarik Pelanggan Baru,” jurnal.faaslibsmedia.com, 2024, [Online]. Available: https://ejurnal.faaslibsmedia.com/index.php/fusion/article/view/9/9

W. Mariatul Kifti, A. Muhazir, Rohminatin, and A. Fauzi, “Penerapan Layanan E-Crm Pada My Ponsel Kisaran,” jurnal.goretanpena.com, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/1174/897

A. Solechan and K. Haryo, “Strategi e-CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Sebuah Literatur Review,” journal.stiestekom.ac.id, 2022, [Online]. Available: https://journal.stiestekom.ac.id/index.php/dinamika/article/view/142/135

H. M. Fahri and H. Irawan, “Analisis Dan Perancangan Sistem E-Crm Dalam Pengelolaan Data Client Dan ProjectpadaPT. KIRA ASIA,”https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1168/638, 2024, [Online]. Available: https://senafti.budiluhur.ac.id/index.php/senafti/article/view/1168/638

D. P. Ramadhani, H. Syafwan, and C. Latiffani, “Penerapan Metode E – CRM Pada Toko Wati Collection,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/2839/1058

V. Hikmatillah, I. Kamil Siregar, and W. Mariatul Kifti, “E-CRM Berbasis Web Pada Sistem Informasi Penjualan Toko Kue,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/2365/1028

A. Fathi Farahat, A. Dewi Ambarwati, and A. Lestari, “Pengaruh E-Commerce, E-Crm, Dan Database Terhadap Sistem Informasi Penjualan (Literature Sistem Informasi Manajemen),” greenpub.org, 2022, [Online]. Available:https://greenpub.org/JIM/article/view/31/29

B. G. S. Ida, H. Anwar, D. Pasha, and Styawati, “Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-CRM (Studi Kasus : BP3TKI Lampung),” ejurnal.teknokrat.ac.id, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI/article/view/1026/574

D. Natasya, Risnawati, and Y. Apridonal M, “E-CRM Untuk Mendorong Loyalitas Pelanggan Di Toko Tuah Bunda,” jurnal.padangtekno.com, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.padangtekno.com/index.php/jocstec/article/view/69/38

M. H. Putri Lubis, H. Syafwan, and P. Putri, “Implementasi E-CRM dalam Mempertahankan Pelanggan Pada Toko Key Distro Kisaran,” urnal.padangtekno.com, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.padangtekno.com/index.php/jimnu/article/view/108/63

A. Hariyanto, N. Nugroho, and M. Fahrizal, “Rancang Bangun E-Crm Dengan Pendekatan Framework Of Dynamicberbasis Web,” portaldata.org, 2021, [Online]. Available:http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/25/24

Y. Septi Eirlangga and A. Eko Syaputra, “Implementasi E-CRMUntuk Pemesanan Tiket Travel pada PT. Nice Trans Group,” jsisfotek.org, 2023, [Online]. Available:https://jsisfotek.org/index.php/JSisfotek/article/view/219/161




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v11i1.3344

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.