CRM INNOVATION IN IMPROVING CONSUMER SERVICE AND MARKETING OPTIMIZATION

Nur Aini, Herman Saputra, Wan Mariatul Kifti

Abstract


Abstract: The growth of information technology continues to grow rapidly, especially in the business sector in Indonesia. Every year the growth of business shops increases to 3.98 million business units in 2022 from the real industry and trade sectors. So, this makes the Tanjung Shoe Store have serious challenges that affect sales levels which gives rise to problems of decreasing sales levels because there is no effective communication media, the shop is unable to analyze customer needs and market trends, customer disappointment often arises with the shop because it still applies conventional sales, and damage or loss of store operational data. To overcome this problem, a website-based system is needed by implementing a superior CRM (Customer Relationship Management) strategy in increasing customer retention with operational data management features, discounts, chat, online ordering, so that customers get updated information. The CRM concept used is operational, analytical, and collaborative. The application of CRM in this research aims to make it easier for users and improve customer service and optimize marketing at the Tanjung Shoe Store. So, this CRM strategy is an effective solution in facing modern business challenges in improving store performance and competitiveness.

Keywords: customer relationship management; customer service; optimize marketing

 

Abstrak: Pertumbuhan teknologi informasi terus berkembang pesat terutama pada bidang bisnis di Indonesia. Setiap tahunnya pertumbuhan toko usaha semakin meningkat hingga 3,98 juta unit usaha pada tahun 2022 dari sektor rill industri dan perdagangan. Sehingga hal ini membuat Toko Sepatu Tanjung memiliki tantangan serius yang mempengaruhi tingkat penjualan yang menimbulkan permasalahan penurunan tingkat penjualan karena tidak ada media komunikasi yang efektif, toko tidak mampu menganalisis kebutuhan pelanggan dan tren pasar, sering timbul kekecewaan pelanggan terhadap toko karena masih menerapkan penjualan konvensional, dan kerusakan atau kehilangan data operasional toko. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan sistem berbasis website dengan menerapkan strategi CRM (Customer Relationship Management) yang unggul dalam meningkatkan retensi pelanggan dengan fitur pengelolaan data operasional, diskon, chatting, pemesanan online, sehingga pelanggan mendapatkan informasi secara update. Konsep CRM yang digunakan operasional, analitis, dan kolaboratif. Penerapan CRM pada penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dan meningkatkan pelayanan pelanggan serta mengoptimalkan pemasaran pada Toko Sepatu Tanjung. Maka strategi CRM ini menjadi solusi yang efektif dalam menghadapi tantangan bisnis modern dalam meningkatkan kinerja dan daya saing toko.

Kata kunci: customer relationship management; optimalisasi pemasaran; pelayanan pelanggan


Full Text:

PDF

References


C. V. Andaryani and H. Alifahmi, “Penerapan Customer Relationship Management Dalam Sosial Media Untuk Mempertahankan Loyalitas Pelanggan,” J. Pustaka Komun., vol. 6, no. 2, pp. 404–417, 2023, doi: 10.32509/pustakom.v6i2.3171.

D. Anisah, N. Irawati, and I. A. Lubis, “Customer Relationship Management Strategy To Retain Customers in Wholesale Muslim Website Based,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 351–358, 2022, doi: 10.33330/jurteksi.v8i3.1736.

G. Maulidya Tahir, “Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Reservasi Salon N’N Berbasis Web,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komunikasi-2023, vol. 1, no. 1, pp. 461–472, 2023.

F. Febriansyah and R. Amalia, “Penerapan CRM Pada Sistem Informasi Toko Kopi Cap Kucing Berbasis Web Mobile,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 228–238, 2023, doi: 10.31849/zn.v5i2.11097.

L. Pratiwi Dalova, N. Elyta Faizah, and S. Bimo Syahputro, “Efektifitas Penerapan Customer Relationship Management Pada Usaha Jasa Desain Iklan Citra Karya Setia (Advertising & Digital Printing) Melalui Pemasaran Electronic Word of Mouth (E-Wom),” Neraca Manajemen, Akunt. Ekon., vol. 1, no. 3, 2023.

Rival Ridzky Faridz, “Customer Relationship Management Kopi Lawe Klaten dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen,” J. Audiens, vol. 4, no. 1, pp. 125–134, 2023, doi: 10.18196/jas.v4i1.11.

Y. K. Panjaitan, N. Manurung, and T. Christy, “Application of Crm Methods for Sales Systems Shoes and Sandal Products At Koaki Store,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 279–284, 2022, doi: 10.33330/jurteksi.v8i3.1645.

G. Hasan, F. Dionna, and S. P. Nadiva, “Analisis Manajemen Operasional , Hubungan Pelanggan dan Pemasaran Digital pada PT Astra Honda Motor,” FYUME J. Manag., vol. 6, no. 2, pp. 648–658, 2023.

Y. Siagian, H. D. E. Sinaga, and D. E. M Maryanti, “Penerapan E-CRM Penjualan Sapi di GapoktanBina Tani Kepenghuluan Sintong,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 5, no. 2, pp. 1113–1121, 2021.

C. L. Rithmaya, I. Kholid, and R. Tianto, “Customer Relationship Management melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Organisasi untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Bisnis Online,” J. Samudra Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 88–99, 2023, doi: 10.33059/jseb.v14i1.5384.

M. Waruwu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method),” J. Pendidik. Tambusai , vol. 7, no. 1, pp. 2896–2910, 2023.

M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions,” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, p. 22, 2021, doi: 10.32502/digital.v4i1.3163.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i3.3125

Article Metrics

Abstract view : 15 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.