DECISION SUPPORT SYSTEM SOCIAL MEDIA SELECTION IN PURCHAS-ING DECISIONS IN KOTIM USING TOPSIS METHOD

Eka Prasetyaningrum, Amelia Wulan Sari Sapitri, Selviana Yunita

Abstract


Abstract: Based on the era of globalization people in East Kotawaringin almost all people have used social media, for example, as a personal post some use it to see the promotion of beauty products fashion, and others. The KOTIM community has many who use social media, especially the Young Generation Z who have often used to buy products on social media, for example, Instagram, TikTok, and Facebook. This study will be made using the TOPSIS method for ranking to know which social media is often used by consumers. The researcher also made a questionnaire with Google form that will be tested for the validity or not of the data obtained using SPSS. The object of research is made in East Kotawaringin. The purpose of this study was to determine which social media is often used by the public to purchase decisions in the Kotim Regency. The result of the calculation using the TOPSIS method the social media platform with the highest rating is considered the best choice for decision-making, in this case, TikTok with a rating value of 1. It can be concluded that the social media platform that is widely used by KOTIM residents to make decisions is TikTok.

           
Keywords: buying decision; social media; TOPSIS

 

 

Abstract: Berdasarkan era globalisasi bahwa masyarakat di Kotawaringin Timur hampir seluruh masyarakat telah menggunakan media sosial, contohnya sebagai postingan pribadi ada juga yang menggunakan sebagai melihat promosi produk kecantikan dan fasion dan lainnya. Karena masyarakat KOTIM sudah banyak yang menggunakan media sosial apalagi para anak muda generasi z yang sudah sering menggunakan untuk membeli produk pada media sosial contohnya media sosial instagram, TikTok, dan juga facebook. Pada penelitian ini akan dibuat menggunakan metode TOPSIS untuk perangkingan agar mengetahui media sosial mana yang sering digunakan oleh konsumen. Peneliti juga membuat kuisoner dengan google form yang akan diuji valid atau tidak nya data yang didapat dengan menggunakan SPSS. Objek penelitian yang dibuat berada di Kotawaringin Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial mana yang sering digunakan oleh masyarakat terhadap keputusan pemebelian pada wilayah kabupaten KOTIM. Hasil dari perhitungan menggunakan metode TOPSIS platform media sosial dengan peringkat tertinggi dianggap sebagai pilihan terbaik untuk pengambilan keputusan, dalam kasus ini adalah TikTok dengan peringkat nilai 1. Dapat disimpulkan bahwa platform media sosial yang banyak digunakan oleh penduduk KOTIM untuk mengambil keputusan adalah TikTok.

 

Keywords: keputusan pembelian; media sosial; TOPSIS


Full Text:

PDF

References


Soinbala & Bessie, “Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) melalui Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Oncu’s Fruit Dessert ),” GLORY J. Ekon. Ilmu Sos., vol. 1, no. 1, pp. 65–83, 2020.

M. M. Batee, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 2, no. 2, pp. 313–324, 2019, doi: 10.36778/jesya.v2i2.108.

I. Miati, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar),” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 71–83, 2020, doi: 10.31334/abiwara.v1i2.795.

N. Pratiwi, “Efektivitas Promosi Menggunakan Media Pembelian Di Layanan Belanja Online,” pp. 1–121, 2021.

E. Suryadi, “Penerapan Metode TOPSIS Pemilihan Sosial Media Marketing Untuk Penjualan Aksesoris Pariwisata Lombok,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 3, pp. 429–440, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i3.545.

R. Al Hakim, I. Mustika, and W. Yuliani, “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 263, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7249.

R. Ghaniy and A. P. Sudrajat, “Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Sains [238] Penerapan Metode TOPSIS Dalam Penentuan Wali Kelas,” vol. 12, no. 2, pp. 238–252, 2022.

A. Arsi, “Langkah-Langkah Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen dengan Menggunakan Spss,” Sekol. Tinggi Agama Islam Darul Dakwah Wal-Irsyad, pp. 1–8, 2021.

N. M. Janna and Herianto, “Artikel Statistik yang Benar,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.

L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang,” J. Mat. UNAND, vol. 8, no. 1, p. 179, 2019, doi: 10.25077/jmu.8.1.179-188.2019.

Y. E. Kiswati and L. M. C. W, “Pengambilan Keputusan Media Pemasaran Digital Terbaik Menggunakan Metode TOPSIS,” Pros. Semin. Nas. Ris. dan Teknol. Terap. 2021, no. 2020, pp. 1–6, 2021.

R. Adi Sofyan and A. Arfian, “a Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi Dan Promosi Dengan Menggunakan Metode Topsis,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 10, no. 1, pp. 56–62, 2023, doi: 10.30656/prosisko.v10i1.5577.

E. Susanti, R. Y. Ariyana, S. M. Wibowo, and D. R. Sya’bani, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Lokasi Wilayah Promosi Penjaringan Mahasiswa Baru Dengan Metode TOPSIS,” Techno.Com, vol. 21, no. 4, pp. 765–777, 2022, doi: 10.33633/tc.v21i4.6878.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i3.3036

Article Metrics

Abstract view : 3 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.