THE DEVELOPMENT OF A MOBILE APPLICATION FOR FRUIT GARDEN TOURISM INFORMATION SYSTEM IN SIDOARJO USING FLUTTER

Mohammad Fadli Zaka, Ade Eviyanti, Yulian Findawati

Abstract


Abstract: This research highlights the significance of information technology in producing relevant, accurate, and timely information as the foundation for strategic knowledge in decision-making. Applications, as software, play a vital role in presenting information tailored to user needs, based on provided input data. Flutter, serving as an SDK for mobile app development, brings superior capabilities in cross-platform application development. The development of a mobile application for Fruit Garden Tourism Information System in Sidoarjo using Flutter aims to facilitate the search for fruit garden tourism spots based on user preferences and provide detailed information about those locations. The objective is to assist the community in discovering and enjoying fruit garden tourism in Sidoarjo. In the testing process, the black-box method is utilized to identify system weaknesses, validate the congruence of executed data with inputs, and prevent potential deficiencies and errors in the application before user deployment. In the testing process, the application has successfully passed tests for its interface and all provided features with success.

 

Keywords: application; flutter; fruit garden tourism; information technology.

 

Abstrak: Penelitian ini menggambarkan pentingnya teknologi informasi dalam menghasilkan informasi yang relevan, akurat, dan waktu tepat sebagai dasar pengetahuan strategis untuk pengambilan keputusan. Aplikasi, sebagai perangkat lunak, memiliki peran vital dalam menyajikan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, berlandaskan pada data masukan yang diberikan. Flutter, sebagai SDK untuk pembuatan aplikasi mobile, menghadirkan kemampuan unggul dalam pengembangan aplikasi lintas platform. Pengembangan aplikasi mobile untuk Sistem Informasi Wisata Kebun Buah di Sidoarjo menggunakan Flutter bertujuan memudahkan pencarian tempat wisata kebun buah sesuai preferensi pengguna dan menyediakan informasi yang terperinci tentang lokasi tersebut. Tujuannya adalah memfasilitasi masyarakat dalam menemukan dan menikmati wisata kebun buah di Sidoarjo. Dalam proses pengujian, metode black box digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan sistem, memvalidasi kesesuaian data yang dieksekusi dengan yang dimasukkan, serta mencegah potensi kekurangan dan kesalahan dalam aplikasi sebelum digunakan oleh pengguna. Pada proses pengujian, aplikasi telah berhasil melewati pengujian untuk aspek tampilan dan seluruh fitur yang disediakan dengan sukses.

 

Kata kunci: aplikasi; flutter; teknologi informasi; wisata kebun buah.


Full Text:

PDF

References


N. Ashshidiqy and H. Ali, “PENYELARASAN TEKNOLOGI INFORMASIDENGAN STRATEGI BISNIS,” vol. 1, 2019, doi: 10.31933/JEMSI.

C. A. Cholik, “DALAM BERBAGAI BIDANG,” 2021.

A. Soraya and A. D. Wahyudi, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN DIMSUM BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KEDAI DIMSUM SORAYA),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 4, pp. 43–48, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

R. Bangun et al., “PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA-UNIVERSITAS PGRI MADIUN | 71.”

F. Enggar Krisnada and R. Tanone, “Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis Mobile menggunakan Flutter,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 5, no. 3, Jan. 2020, doi: 10.28932/jutisi.v5i3.1865.

I. Sunaria, I. Rosyadi, and H. Handayani, “SISTEM INFORMASI WISATA RELIGI ISLAM KABUPATEN PEKALONGAN BERBASIS ANDROID,” SURYA INFORMATIKA, vol. 9, no. 1, 2020.

S. Saniati, M. A. Assuja, N. Neneng, A. S. Puspaningrum, and D. R. Sari, “Implementasi E-Tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata,” International Journal of Community Service Learning, vol. 6, no. 2, pp. 203–212, Jul. 2022, doi: 10.23887/ijcsl.v6i2.45559.

H. Tryadi, I. Kuantan Singingi, I. K. Jl Gatot Subroto, K. Nenas, D. Jake, and K. Kuantan Singingi, “PERANCANGAN PENGEMBANGAN SISTEM PARIWISTA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI BERBASIS ANDROID,” 2020.

S. Utarki, E. Argarini Pratama, and C. M. Hellyana, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Pada Taman Nasional Gunung Ciremai Jawa Barat,” IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 6, no. 1, pp. 19–32, 2020.

C. M. Lengkong, R. Sengkey, and A. Sugiarso, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web di Kabupaten Minahasa,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 14, no. 1, 2019.

A. Suheri, S. Widaningsih, and H. Refiyana, “Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Website Studi Kasus Sindangbarang Cianjur Selatan,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 17, no. 4, pp. 175–184, Jan. 2023, doi: 10.35969/interkom.v17i4.278.

“2200-6256-1-PB”.

R. Bangun et al., “Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi,” vol. 2, no. 2, pp. 2654–4229, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI59

“17.-abdillah-lailla-rakhmawati-sudah”.

B. Irawan and P. Rosyani, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur Berbasis Android,” TIN: Terapan Informatika Nusantara, vol. 2, no. 8, pp. 521–526, Jan. 2022, doi: 10.47065/tin.v2i8.1187.

“[47-55]13645-34023-2-PB”.

R. A. Sitepu, Y. Laia, A. B. Silalahi, and T. D. Sibarani, “RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI PARIWISATA KABUPATEN TANAH KARO DENGAN API GOOGLE MAPS BERBASIS ANDROID,” JUSIKOM PRIMA, vol. 3, no. 1, 2019.

A. Nurseptaji, “IMPLEMENTASI METODE WATERFALL PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 1, no. 2, pp. 49–57, May 2021, doi: 10.24176/detika.v1i2.6101.

A. Setiawan, A. Tri Prastowo, D. Darwis, J. Z. Pagar Alam No, L. Ratu, and B. Lampung, “SISTEM MONITORING KEBERADAAN POSISI MOBIL BERBASIS GPS DAN PENYADAP SUARA MENGGUNKAN SMARTPHONE,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer (JTIKOM, vol. 3, no. 1, p. 2022.

W. Buana and B. Nurina Sari, “Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course,” vol. 5, no. 2, pp. 91–97, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

R. Pramudita, R. W. Arifin, A. Nurul Alfian, and N. Safitri, “PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA,” Shilka Dina Anwariya, vol. 3, no. 1, 2021, [Online]. Available: www.youtube.com,

A. Damuri, U. Riyanto, H. Rusdianto, and M. Aminudin, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, p. 219, Dec. 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3655.

J. Shadiq, A. Safei, R. Wahyudin Ratu Loly, C. sitasi, L. Rwr, and P. Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing, “INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Pengujian Aplikasi Peminjaman Kendaraan Operasional Kantor Menggunakan BlackBox Testing,” Information Management for Educators and Professionals, vol. 5, no. 2, pp. 97–110, 2021.

A. Arbain, M. A. Muhammad, T. Septiana, and H. D. Septama, “LEARNING HOAX NEWS PADA LOCAL DAN CLOUD COMPUTING DEPLOYMENT MENGGUNAKAN GOOGLE APP ENGINE,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 10, no. 3, Aug. 2022, doi: 10.23960/jitet.v10i3.2646.

N. Made, D. Febriyanti, A. A. Kompiang, O. Sudana, and N. Piarsa, “Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen,” 2021.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i2.2983

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.