DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY IN UNDERSTANDING THE NETS AND RIBS OF SPATIAL BUILDINGS

Sondang Purnamasari Pakpahan, Andy Sapta, Uliya Khoirun Nisa

Abstract


Abstract: Technology-based learning media is currently widely developed in accordance with the 21st-century learning model. Many subject matters are better delivered when using technology-based media. One of the media that can be used is Augmented Reality. Based on this, the purpose of this study is to develop Augmented Reality in conveying the material of nets and ribs in Build Space. Augmented Reality is developed using 3D modeling, rigging, and animating methods, which are then combined using Unity. The results of the development of Augmented Reality applications in understanding the nets and ribs of this building space have been validated by experts and users. The validation results of this Augmented Reality application are rated Very Good.

Keywords: augmented reality; nets; ribs; spatial building. 

Abstrak: Media pembelajaran berbasis teknologi saat ini banyak dikembangkan sesuai dengan model pembelajaran abad 21. Banyak materi pelajaran yang lebih baik disampaikan bila menggunakan media berbasis teknologi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Augmented Reality. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Augmented Reality dalam menyampaikan materi jaring-jaring dan rusuk pada Bangun Ruang. Augmented Reality ini dikembangkan dengan menggunakan metode 3D modeling, rigging dan animating, yang selanjutnya digabungkan dengan menggunakan Unity. Hasil pengembangan aplikasi Augmented Reality dalam memahami jaring-jaring dan rusuk dari bangun ruang ini telah divalidasi oleh ahli dan user. Hasil validasi aplikasi Augmented Reality ini dinilai Sangat Baik.

Kata kunci: augmented reality; bangun ruang; jaring-jaring; rusuk


Full Text:

PDF

References


P. Manullang, A. Sapta, T. Limbong, and J. Simarmata, “Pa-rental Assistance in Improving Student Character,” 2020.

M. Shinta, M.and S.Q. Ain, S. Q. “Strategi Sekolah Dalam Mem-bentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 9, pp. 4045-4052, 2021.

F. Ahmad, and D. Mustika, “Prob-lematika guru dalam menerapkan media pada pembelajaran kelas rendah di sekolah dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 2008-2014, 2021.

F. Pebrianti, F. “Kemampuan guru dalam membuat media pembelaja-ran sederhana,” In Seminar Na-sional Pendidikan Bahasa dan Sastra, pp. 93-98, 2019.

P. Ekayani, P. (2017). "Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi bela-jar siswa," Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidi-kan Ganesha Singaraja, vol. 2 no. 1, pp. 1-11, 2017.

I. Magdalena, A. F. Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, and I. Susilawati, "Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN meruya selatan 06 pagi," vol. 3, no. 2, pp. 312-325, 2021.

Y. Febrita, and M. Ulfah, M. "Peranan media pembelajaran un-tuk meningkatkan motivasi bela-jar siswa," Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 5 no. 1, 2019.

S. R. D. Saragih, S. Sirait, A. Sap-ta, and N. Yusriani, "Analisis Ke-mampuan Penalaran Siswa Me-lalui Media Calculate Your Path." Jurnal Pena Edukasi, vol. 9, no. 1, pp. 41-46, 2021.

N. Isnaeni, and D. Hildayah, "Me-dia Pembelajaran Dalam Pemben-tukan Interaksi Belajar Siswa," Jurnal Syntax Transfor-mation, vol. 1, no. 5, pp. 148-156, 2020.

F. A. Zahwa, and I. Syafi’i, "Pem-ilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi," Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, vol. 19, no. 01, pp. 61-78, 2022.

I. P. P. Suryawan, and D. Permana, "Media Pembelajaran Online Ber-basis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Kon-sep Matematika," Prisma, vol. 9, no. 1, pp. 108-117, 2020.

F. Haikal, and H. Syofyan, "Pem-anfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi," Innovative: Jour-nal Of Social Science Research, vol. 1, no. 2, pp. 377-385, 2021.

U. H. Salsabila, H. P. Seviarica, and M. N. Hikmah. "Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar," INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidi-kan, vol. 25, no. 2, pp. 284-304, 2020.

S. Susanto, and A. Mahmudi, "Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geome-tri," Jurnal Riset Pendidikan Ma-tematika, vol. 8, no. 1, pp. 106-116, 2021.

F. Nursyahidah, B. A. Saputro, and I. U. Albab, "Desain pembela-jaran kerucut berkonteks tradisi Megono Gunungan," Jurnal Ele-men, vol. 7, no. 1, pp. 19-28, 2021.

M. N. Faiza, M. T. Yani, and A. Suprijono, "Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa," Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8686-8694, 2022.

V. R. Wibowo, K. E. Putri, and B. A. Mukmin, "Pengembangan Me-dia Pembelajaran Berbasis Aug-mented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar," PTK: Jurnal Tin-dakan Kelas, vol. 3, no. 1, 58-69, 2022.

R. F. Pringgar, and Bambang Sujatmiko, "Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pem-belajaran Siswa," IT-Edu: Jurnal Information Technology and Edu-cation, vol. 5, no. 01, pp. 317-329, 2020.

R. Fauzi, D. Sudiarti, and B. Afandy, "Pemanfaatan Media Augmented Reality Berbasis An-droid untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa," Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 7, no. 1, pp. 103-112, 2022.

Jun, Jia, Qi Yue, and Zuo Qing. "An extended marker-based track-ing system for augmented reality." In 2010 Second International Con-ference on Modeling, Simulation and Visualization Methods, pp. 94-97. IEEE, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v10i1.2972

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.