Rancang bangun Aplikasi Education Module Menggunakan Macromedia Flash Sebagai Alat Bantu Ajar materi Fantasy Untuk Anak Playgroup Berbasis Local Aren Network

  • Agus Suryadi STMIK Royal

Abstract

Abstract: Introduce computer technology as a medium of learning the child wisely early on the potential to improve learning ability in children and child develop self-confidence about the future. The reality of child loved the games and television entertainment programs not only viewed negatively, but rather as learning modalities. Provide educational type programs that can be done with a computer as a device supporting a new power of learning media. Children not only learn computer skills, but also utilize the computer as a means or medium for learning. To get optimum benefit Teachers can integrate the use of computers as a medium in the learning process and focus on high-order thingking skill. Fantasy Drafting module aims to develop the potential and effectiveness of learning in early childhood or playgroup, where the module is designed as an education module to read and write the material fauna and flora, coloring and coloring as well. Module proram also implemented into the Local Area Network networking technology to be applied easily and efficiently.

 

Keywords: education module application, tool, fantasy

 

 

Abstrak: Mengenalkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran kepada anak sejak dini secara bijaksana berpotensi untuk meningkatkan kemampuan belajar pada anak dan mengembangkan rasa percaya diri anak akan masa depannya. Realitas anak sangat menyukai games dan program-program hiburan televisi tidak seharusya hanya dipandang negatif, namun lebih sebagai modalitas belajar. Menyediakan program sejenis yang edukatif  bisa dilakukan dengan komputer sebagai perangkat pendukungnya menjadi kekuatan baru media pembelajaran. Anak bukan saja belajar ketrampilan komputer, namun juga memanfaatkan komputer sebagai sarana atau media untuk belajar. Guna mendapatkan manfaat optimal Guru bisa mengintegrasikan penggunaan komputer sebagai media di dalam proses pembelajaran dan fokus kepada high order thingking skill. Perancangan modul fantasy bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keefektifan cara belajar pada anak usia dini atau playgroup, dimana modul dirancang sebagai education module dengan materi baca dan tulis fauna serta flora, mewarnai dan juga mewarnai. Modul proram diimplementasikan pula ke dalam teknologi jaringan Local Area Network agar dapat di aplikasikan dengan mudah dan efisien.

 

Kata Kunci : aplikasi education module, alat bantu, fantasy

References

Danar, K. 2010. Pintar Baca Tulis 1. Yogyakarta: Andi

Hasanudin & Noviyanto, F. 2002. Pemrograman Action Script dengan Flash 5 dan Aplikasinya. Yogyakarta: Andi

Madiun, M. 2011. Aplikasi Web Databases dengan Dreamweaver dan Php-Mysql. Yogyakarta: Andi.

Setiawan, S. 2007. Membuat Aplikasi Flash secara Optimal. Yogyakarta: Andi

Wijanarto, J., Anthoinette, C., Rulli, K..2011. Mengenal Huruf ABC. Banten: Happy Holy Kids

Zainal F.A., Maulana, S.A. 2009. Membuat Mini Games dengan Flash. Yogyakarta: Andi

Published
2017-12-04