TERNAKLOKA : A WEB-BASED MARKETPLACE FOR QURBAN AND AQIQAH

Sri Wahyuni, Dini Julia Sari, Hernawaty Hernawaty, Nur Afifah

Abstract


Abstract: This research was conducted with the aim of overcoming the problems faced by conventional breeders, especially breeders in Kota Pari Village, namely obstacles in carrying out promotions outside the area, both outside the village and outside the province. In the conventional buying and selling process, the role of middlemen is also influential, resulting in low livestock prices for breeders and very expensive for buyers. The condition of the livestock has also decreased due to stress and their food is not maintained when they are marketed in traditional livestock markets. The transportation process also becomes expensive if the cattle do not sell well in the livestock market. The web-based application for qurbani animals and aqikah mar-ketpalce overcomes all the problems of conventional sales. Applications built using the PHP programming language and MySQL database. The website-based application for qurbani and aqikah animal marketplaces connects goat and cattle breeders in Kota Pari village with buyers who can be reached from various regions and all corners of the world. The application also provides various types of qurban and aqikah, both purchasing qurban and aqikah animals as usual or the choice of qurban and aqikah packages that have been cooked by the seller. So that the application built makes it easier for sellers and buyers of qurban animals and aqikah

           
Keywords: application; aqiqah; marketplaces; sacrifice

 

                                                          

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para peternak konvensional khusunya peternak di Desa Kota Pari, yaitu kendala dalam melakukan promosi diluar daerah baik luar Desa maupun luar provinsi. Pada proses jual beli konvensional peran serta tengkulak juga berpengaruh, sehingga mengakibatkan harga ternak menjadi murah untuk peternak dan menjadi sangat mahal untuk pembeli. Kondisi ternak juga menjadi menurun dikarekan setres dan makannya tidak terjaga pada saat dipasarkan di pasar ternak tradisional. Proses pengangkutan juga menjadi mahal jika ternak tidak laku dipasar ternak. Aplikasi Marketpalce hewan qurban dan aqikah berbasis website mengatasi semua permasalahan penjualan konvensional. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemprogram PHP dan database MySQL. Apilkasi marketplace hewan qurban dan aqikah berbasis website menjadikan penghubung peternak kambing dan sapi di desa Kota Pari  dengan pembeli yang dapat dijangkau dari berbagai daerah dan seluruh penjuru dunia. Pada Aplikasi juga di sediakan berbagai jenis qurban dan aqikah, baik pembelian hewan qurban dan aqikah seperti biasa ataupun pilihan paket qurban dan aqikah yang sudha dimasak oleh penjual. Sehingga aplikasi yang dibangun memudahkan penjual dan pembeli hewan qurban dan aqikah.

 

Kata kunci: aplikasi; aqikah; marketplace; qurban


Full Text:

PDF

References


J. Parhusip and A. Kamilen, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENJUALAN TERNAK BUMDes Berbasis Website,” Teknol. Inf., vol. 15, no. 2, pp. 152–163, 2021.

Wulandari, I. Prayoga, B. H. Putro, and R. S. Wahyuni, “Rancangan Aplikasi Penjualan Hewan Qurban dan Aqiqah Pada Raisha Farm Guna Memperluas Area Penjualan,” vol. 4, pp. 215–222, 2021.

E. Kadahrulsalam, B. Praptono, and M. Rendra, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB (E-COMMERCE) PADA USAHA DOMBA BAROKAH FARM MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” in e Proceeding of Engineering, 2020, vol. 7, no. 1, pp. 1829–1837.

P. A. Zahra, A. Takwim, S. Nuraini, D. A. Dwiputra, and I. Fadilah, “Rancang bangun sistem jual beli hewan ternak berbasis web,” vol. 03, no. 02, pp. 48–52, 2021.

Mlisdiyanto, I. Aprilia, and R. W. Susanto, “Aplikasi Penjualan Hewan Ternak UMKM Bapak Janam di Probolinggo Berbasis Web,” J. Informatics Dev., vol. 1, pp. 26–32, 2022.

H. Andrianof, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PROMOSI dan Penjualan Pada Toko Ruminansia berbasis Web,” vol. 5, no. 1, pp. 11–19, 2018.

F. Zai et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pakan Ternak Berbasis Mobile,” vol. 9, no. 1, pp. 90–99, 2021.

A. Achmad, “Pengaruh Pengguna E-commerce terhadap Transaksi Online Menggunakan Konfirmasi faktor Analisis,” Fakt. Exacta, vol. 11, no. 1, p. 7, 2018.

S. Mumtahana, Hani Atun, Nita and A. W. Tito, “khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Pemanfaat. Web E-Commerce untuk Meningkat. Strateg. Pemasar., vol. 3, no. 1, pp. 6–15, 2017.

S. Syaharuddin and M. Ibrahim, “Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 1, no. 1, p. 60, 2017.

D. A. Luta, “AKIBAT APLIKASI KOMPOS DAN PUPUK ORGANIK CAIR INCREASING THE GROWTH AND PRODUCTION OF TOMATO PLANTS DUE TO THE APPLICATION OF COMPOST AND LIQUID ORGANIC FERTILIZER ON POLYBAG MEDIA,” vol. 23, no. 1, pp. 1–4, 2020.

S. N. Millah and A. S. Fitrani, “Web-Based Digital Marketing Application for Sales of Sacrificial Animals in Kandang Qurban Ganggang Panjang Village , Sidoarjo Aplikasi Digital Marketing Penjualan Hewan Qurban Berbasis Web Pada Kandang Qurban di Desa Ganggang Panjang Sidoarjo,” vol. 2, no. 2, 2022.

M. Ali, N. Hidayat, M. Tonggiroh, and M. T. Jufri, “Sistem Informasi Penjualan Hewan Ternak pada Distrik Skanto Kabupaten Keerom Information System For The sale of Livestock in Skanto District Kerom Regency,” vol. 1, pp. 33–39, 2022.

F. M. Firnanda and D. Kusumah, “RANCANGAN MARKETPLACE HEWAN TERNAK APPLICATION,” vol. 4, no. 2, pp. 126–133, 2020.

G. B. Sulistyo and L. Saputri, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Petenakan Sapi Berbasis Online,” vol. 9, no. 1, pp. 34–38, 2020.

I. Y. Suja, E. Kurniawan, and D. Riyanto, “RANCANG BANGUN SISTEM PENCAMPUR DAN PENGADUK PAKAN TERNAK SAPI OTOMATIS,” pp. 11–19, 2020.

D. J. S. Siregar, S. Setyaningrum, and Warisman, “Optimalisasi Teknologi Pakan Lokal Dengan Pengolahan Jerami Jagung Di Desa Klambir Lima Kebun,” Jurdimas (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat) R., vol. 5, no. 2, pp. 198–204, 2022.

A. Surahman, B. Aditama, and M. Bakri, “SISTEM PAKAN AYAM OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS,” vol. 02, no. 01, pp. 13–20, 2021.

R. Waluyo, Z. Karini, and K. A. Purnomo, “Perancang Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Informasi dan Penjualan Kambing,” vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2018.

E. Hariyanto and S. Wahyuni, “Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Internet Sehat Bagi Anggota Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Mozaik Desa Pematang Serai,” J. ABDIMAS BSI, vol. 3, no. 2, pp. 253–259, 2020.

Z. Efendi, “Application Of The Weighted Product (WP) Method In Doctor Performance Assessment,” Jurteksi, vol. IX, no. 1, pp. 117–124, 2022.

S. Wahyuni, B. Mesra, A. Lubis, and S. Batubara, “Penjualan Online Ikan Asin Sebagai Salah Satu Usaha Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan Bagan Deli,” Ethos J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 89–94, 2019.

S. Wahyuni et al., “OPTIMALISASI APLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG PENDAHULUAN Desa Petang Serai adalah salah satu Desa yang terdapat di Tanjung Pura . Mayoritas mata pencarian penduduknya adalah bertani , peternak ikan lele , jangkrik . Desa Pematang Serai memiliki Bumd,” vol. 3, no. 2, pp. 129–134, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v9i2.1662

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.