IMPLEMENTATION SERVICE QUALITY METHOD IN MEASURING LEVEL SATISFACTION BPJS PATIENT

Rara Irfyrza, Nurwati Nurwati, Ari Dermawan

Abstract


Abstract: BPJS patient satisfaction is the BPJS patient's assessment of the services they enjoy and want, BPJS patient satisfaction can be considered by the clinic as a service provider to determine the success of the Kesuma Bangsa clinic service program. At the Kesuma Bangsa clinic, no system can help the Kesuma Bangsa clinic measure the level of satisfaction of BPJS patients with Kesuma Bangsa clinic services, Therefore, we need a system that can measure the level of satisfaction of BPJS patients with clinical services as a tool in the decision-making process to improve service quality and implement service quality improvements. Based on these problems, a decision support system will be designed using the PHP programming language and the database used is MySQL. The method used to measure the level of satisfaction of BPJS patients with Kesuma Bangsa clinical services is Service Quality. The results of the study used the Service Quality method, namely collecting 25 service attributes. With a system to measure the level of satisfaction of BPJS patients with Kesuma Bangsa clinic services, it can help the clinic in making decisions and implementing service quality improvements.

 

Keywords: BPJS patients; measuring level satisfaction; Service Quality

 

Abstrak: Kepuasan pasien BPJS ialah penilaian pesien BPJS terhadap pelayanan yang dinikmati serta diinginkan, kepuasan pasien BPJS dapat menjadi pertimbangan pihak klinik sebagai pemberi layanan untuk mengetahui keberhasilan program pelayanan klinik kesuma bangsa. Pada klinik kesuma bangsa belum tersedia sistem yang dapat membantu Klinik Kesuma Bangsa untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan klinik kesuma bangsa, oleh sebab itu dibutuhkan sistem yang dapat mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan klinik sebagai media pada proses pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas layanan dan melaksanakan perbaikan kualitas  layanan. Berdasarkan permasalah tersebut maka akan dirancang sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan yaitu MySQL. Metode yang dipergunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan klinik kesuma bangsa yaitu Service Quality. Hasil penelitian menggunakan metode Service Quality yaitu mendapatkan 25 atribut pelayanan. Dengan adanya sistem untuk mengukur tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan klinik kesuma bangsa dapat membantu pihak klinik dalam pengambilan keputusan dan melaksanakan perbaikan kualitas layanan.

 

Kata kunci: Mengukur Tingkat Kepuasan; Pasien BPJS; Service Quality

 


Full Text:

PDF

References


S. Kesehatan, “Analisis Layanan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Analisis Layanan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Malang ( Studi Service Quality pada Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ),” no. November 2020, 2021.

Yayang Eluis Bali Mawartika, “Pengukuran Kepuasan Pelayanan Menggunakan Metode Servqual,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 1, no. 2, pp. 73–79, 2019, doi: 10.52303/jb.v1i2.20.

H. Hermansyah, A. Darmana, and N. Nur’aini, “Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur Tahun 2018,” Heal. Care J. Kesehat., vol. 8, no. 1, pp. 58–69, 2019, doi: 10.36763/healthcare.v8i1.32.

J. Ekonomi, “Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA) Volume 21 Nomor 03 Tahun 2019,” vol. 21, 2019.

F. Ariani, E. Trisnasari, Y. Aprilinda, and F. N. Affandi, “Aplikasi Berbasis Web Metode Servqual Untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Laboratorium Komputer,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 8, no. 2, 2018, doi: 10.36448/jmsit.v8i2.1112.

V. Nurcahyawati, “Analisis Kepuasan Pengguna Layanan dengan Metode Service Quality Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2018.

Z. Rahmiati, I. G. P. S. Wijaya, and B. Irmawati, “Sistem Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar pada PSTI Unram dengan Menggunakan Metode Service Quality,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 1, no. 1, pp. 31–40, 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i1.17.

L. K. Berutu and M. A. E. Nst, “Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Belawan Menggunakan Metode Service Quality Berbasis Web,” InfoSys J., vol. 4, no. 2, pp. 158–168, 2020.

S. Yakub, P. S. Ramadhan, S. Zahara, and J. Halim, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kualitas Pelayanan Pada Hotel Grandhika Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 19, no. 2, p. 85, 2021, doi: 10.53513/jis.v19i2.2619.

R. Apriani and G. W. Nurcahyo, “Tingkat Kepuasan Pasien RSIA Siti Hawa dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL),” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 3, pp. 150–155, 2021, doi: 10.37034/jsisfotek.v3i3.59.

H. Wahju, I. Fipiana, and V. Lusia, “Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Umum di Klinik Cipinang Jakarta dengan Metode Servqual,” vol. 9, no. 2, pp. 102–111, 2021.

D. Vanesa, F. Firman, and H. A. Mesta, “Analisis Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien Menggunakan Metode SERVQUAL dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Kaji. Manaj. dan Wirausaha, vol. 2, no. 1, p. 28, 2020, doi: 10.24036/jkmw0284900.

S. Harpiani, C. E. Puspitasari, G. A. . S. Erwinayati, and B. S. Annisa, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUDProvinsi NTBPeriode Maret-April 2019,” Sasambo J. Pharm., vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.29303/sjp.v1i1.9.

B. Irawan, E. D. Sitanggang, and S. Achmady, “Sistem pendukung keputusan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit berdasarkan metode servqual,” vol. 6, no. 1, 2021.

B. Irawan, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT BERDASARKAN METODE SERVICE QUALITY ( SERVQUAL ),” no. November, 2020, doi: 10.35451/jkf.v3i1.522.

Widiyanto, Wahyu Wijaya, and Sri Wulandari. "AUDIT SYSTEM INFORMATION ELECTRONIC MEDICAL RECORD AS STUDENT ONLINE LEARNING." JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) 8.1 (2021): 49-58.

Melani, Yayuk Ike, and Mahmud Mahmud. "PENILAIAN RESIKO PADA SISTEM MONITORING KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI SWASTA." JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) 7.1 (2020): 23-32.

Meri, Mufrida, and Vera Dila. "PENENTUAN PRIORITAS KPI UNTUK PERFORMANCE MEASUREMENT PEMELIHARAAN PLTA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCY PROCESS (AHP)." JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) 5.1 (2018): 81-88.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v8i2.1562

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 286 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STMIK ROYAL 

Copyright © LPPM STMIK ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.