PROJECT-BASED LEARNING ON CRYPTOGRAPHIC USING LMS

M Syaifuddin, Amrullah Amrullah, Rico Imanta Ginting, M Iswan, Juniar Hutagalung

Abstract


Abstract:” Cryptography is one of the important subjects to learn because the content of the discussion discusses data security. Data security has a very important role considering that most transaction activities are carried out on the internet. Many platforms offer virtual transactions, such as motorcycle taxis, online marketplaces, and banking. For transacting on the internet, reliable data security is needed to maintain the security of user data from internet crimes (cybercrime). For cryptography learning to produce students who understand cryptography in-depth, this learning is carried out independently. One of the lessons to improve independent skills is a project approach. With project-based learning, students will be actively involved in completing projects given by the lecturer. To facilitate interaction and monitor projects completed by students, an LMS (Learning Management System) was created. The lecturer will later upload the student projects through the LMS, and if the student wants to work on the project, they can download it from the LMS.

           

Keywords: Cryptography; LMS; Online transactions

 

 

Abstrak:” Kriptografi merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari karena isi bahasannya membahas tentang pengamanan data. Saat ini, keamanan data memiliki peran yang sangat penting, mengingat sebagian besar aktivitas transaksi dilakukan di internet. Banyak platform yang menawarkan transaksi virtual, seperti ojek online, pasar online dan perbankan. Dalam bertransaksi di internet dibutuhkan keamanan data yang handal untuk menjaga keamanan data pengguna dari kejahatan internet (cyber crime). Agar pembelajaran kriptografi menghasilkan mahasiswa yang memahami kriptografi secara mendalam, maka pembelajaran ini dilakukan secara mandiri. Salah satu pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mandiri adalah dengan pendekatan  project. Dengan pembelajaran berbasis project,  mahasiswa akan terlibat aktif menyelesaikan project yang diberikan dosen. Untuk memudahkan interaksi dan monitor project yang diselesaikan mahasiswa, maka dibuat LMS (Learning Manajement System). Setiap project mahasiswa nantinya akan di unggah oleh dosen melalui LMS dan mahasiswa bisa mengunguh project di LMS

Dengan menambahkan LMS dan pembelajaran yang berbasis project pada  pembelajaran kriptografi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil tinjauan dilangan dengan penyelesaian sebuah soal dan hasil ujian akhir mahasiswa.

 

Kata kunci: Kriptografi; LMS; Transaksi Online,


Full Text:

PDF

References


G. R. Adiarsi, Y. Stellarosa, and M. W. Silaban, “LITERASI MEDIA INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA,” vol. 6, no. 4, pp. 470–482, 2015.

A. Junaidi, “Internet Of Things, Sejarah, Teknologi Dan Penerapannya : Review,” J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 1, no. 3, pp. 62–66, 2015.

S. Palinggi and E. C. Limbongan, “Pengaruh Internet Terhadap Industri E-Commerce dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan di Indonesia,” Semin. Nas. Ris. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 225–232, 2020, doi: 10.30998/semnasristek.v4i1.2543.

M. Syaifuddin, “E-Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Kriptografi,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. VII, no. 2, pp. 117–126, 2021.

T. Hidayat, “ENCRYPTION SECURITY SHARING DATA CLOUD COMPUTING BY USING AES ALGORITHM : A SYSTEMATIC REVIEW,” vol. 2, no. 2, 2019.

J. Rahmadoni, “Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 34–43, Mar. 2018, doi: 10.31539/intecoms.v1i1.160.

M. Y. Maulana et al., “PERANCANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELARAN,” pp. 357–367.

A. Hallim, I. Uzzin Nadhori, M. Jurusan Teknologi Informasi, and D. Pembimbing, “PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK MEDIA PEMBELAJARAN KRIPTOGRAFI KLASIK,” 2010.

T. Arianti and B. Nadeak, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Algoritma GOST dengan Menggunakan Metode Computer Based Instruction,” vol. 1, pp. 40–46, 2019.

A. Adil, “APLIKASI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KRIPTOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA MESSAGE DIGEST 5 (MD5),” vol. 5, pp. 45–51, 1858.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,” vol. 2, no. 2, pp. 93–99, 2017.

A. R. Rojabi, “Blended Learning via Schoology as a Learning Management System in Reading Class: Benefits and Challenges,” J. Linguist. Trap., vol. 9, no. 2, p. 36, 2019, doi: 10.33795/jlt.v9i2.92.

M. N. Multazam, C. A. Korompot, and M. Munir, “Benefits and Difficulties in Using Learning Management System ( LMS ) in Paragraph Writing Class : A Study of a Lecturer ’ s and Her Students ’ Perception,” vol. 1, no. 1, 2022.

Y. Zheng, J. Wang, W. Doll, X. Deng, and M. Williams, “The impact of organisational support, technical support, and self-efficacy on faculty perceived benefits of using learning management system,” Behav. Inf. Technol., vol. 37, no. 4, pp. 311–319, 2018, doi: 10.1080/0144929X.2018.1436590.

R. Nahdliyati , M. Taufiq, and I. Artikel, “Unnes Science Education Journal EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL PROJECT BASED LEARNING TEMA EKOSISTEM UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP,” 2016.

Sri Haryati, “( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Pendidikan,” Academia, vol. 37, no. 1, p. 13, 2012.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v8i2.1381

Article Metrics

Abstract view : 480 times
PDF - 279 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Royal

Copyright © LPPM UNIVERSITAS ROYAL

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.