ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MASA PERKULIAHAN ONLINE MENGGUNAKAN ROUGT SET

Tika Purnamasari, Marnis Nasution, Gomal Juni Yaris

Abstract


Abstract: The spread of the covid-19 virus that has occurred since the beginning of 2020 has prevented people from gathering. One of the impacts on the world of education is the enforcement of online lectures. By using several e-learning applications, including Classroom and Google Meet, resulted in changes in student interest in learning. Online lectures that have been running for two semesters and produce students score data can provide knowledge of student learning interests with the help of data mining rough sets and the Rosetta application which produce Rule that can be seen from the patterns of student interest in learning during online lectures, where student interest in learning becomes better for subjects that have subject matter for counting.

 

Keywords: data mining; interest in learning; online lectures; rough set; rough set

 

 

Abstrak: Menyebarnya virus covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 mengakibatkan pelarangan berkumpul/berkerumun, salah satu dampak pada dunia pendidikan adalah diberlakukannya perkuliahan online/e-learning. Beberapa aplikasi e-learning yang di gunakan adalah classroom dan googlemeet, hal ini tentu mengakibatkan perubahan minat belajar terhadap mahasiswa. Perubahan tersebut terekam dalam nilai dari perkuliahan online yang telah berjalan selama dua semester yang mana dapat diekstrak menjadi pengetahuan dengan bantuan data mining rough set dan aplikasi rosetta. Dengan membaca rule yang di hasilkan oleh rough set maka dapat dilihat pola dari minat belajar mahasiswa selama perkuliahan online, yang mana minat belajar mahasiswa terbagi menjadi lebih baik untuk matakuliah yang memiliki materi hitungan dan sebaliknya untuk matakuliah dengan materi teori.

 

Kata kunci: data mining; minat belajar; perkuliahan online; rosseta; rough set;


Full Text:

PDF

References


K. Meyer, D. Harefa, D. L. S, and C. R. Wanggai, “Penerapan Media Pembelajaran ( E - Learning ) Sebagai Penunjang Proses Belajar yang Efektif,” vol. 3, no. 2, pp. 37–43, 2018.

F. Firman and S. Rahayu, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 81–89, 2020, doi: 10.31605/ijes.v2i2.659.

A. Kusnayat, N. Sumarni, A. S. Mansyur, Q. Y. Zaqiah, and U. T. Bandung, “Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 153–165, 2020.

P. Studi and T. Informatika, “Analisis Pola Pemilihan Konsentrasi Ilmu Jurusan Sistem Informasi Di STMIK TIME,” J. TIMES, vol. VI, no. 2, pp. 37–43, 2017.

M. Jamaris, “Implementasi Metode Rough Set Untuk Menentukan Kelayakan Bantuan Dana Hibah Fasilitas Rumah Ibadah,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 2, no. 2, p. 161, 2017, doi: 10.35314/isi.v2i2.203.

R. Sistem, E. Sutoyo, and A. Almaarif, “JURNAL RESTI Educational Data Mining untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritme Naïve Bayes Classifier,” vol. 1, no. 10, pp. 95–101, 2021.

R. Daeli, “Analisa Pola Pegadaian Bpkb Sepeda Motor Dengan Menggunakan Metode Rough Set ( Studi Kasus : PT . GPS Finance Medan ),” vol. 7, no. 3, pp. 279–286, 2020.

S. Informasi and S. Royal, “INTEGRASI SOFTWARE ROSETTA DALAM MENGANALISA Keuntunga n,” vol. 9986, no. September, pp. 3–6, 2018.

J. Monica and D. Fitriawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19,” J. Communio J. Jur. Ilmu Komun., vol. 9, no. 2, pp. 1630–1640, 2020, doi: 10.35508/jikom.v9i2.2416.

N. K. Suni Astini, “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 241–255, 2020, doi: 10.37329/cetta.v3i2.452.

D. Sawitri, “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” Prioritas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 01, pp. 13–21, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.




DOI: https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i3.1062

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.